Bersilaturahim di kampung halaman telah menjadi tradisi di negara ini dalam menyambut Idul Fitri. Calon pemudik pun telah jauh-jauh hari mempersiapkan segala sesuatunya agar di perjalanan, juga di kampung halaman, berjalan nyaman dan berkesan. Bagi pengguna kendaraan pribadi, tak masalah jika harus menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan demi berjumpa dengan sanak saudara di kampung.

Namun, sebelum berangkat mudik, mereka tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari stamina tubuh hingga kondisi kendaraan. Ini sebagai antisipasi terjadinya hal-hal tidak diinginkan, mulai dari kemacetan parah, mobil mogok, hingga rasa letih yang mendera.

Untuk itu, kendaraan harus dalam kondisi prima, di antaranya dengan memastikan ban, pelumas, sistem pengereman, dan komponen lainnya dalam keadaan baik. Selain nyaman, dengan kendaraan yang baik dan didukung gaya berkendara yang tepat, perjalanan akan semakin aman dan mengesankan.

Menambah keamanan dan kenyamanan tersebut, grup otomotif Astra kembali mengadakan acara Astra Holiday Campaign 2017 untuk menemani pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Dalam acara yang berlangsung pada 22 Juni–1 Juli 2017, Astra menyiapkan 10 pos siaga dan pos rehat, serta 103 bengkel siaga di sepanjang jalur mudik Jawa hingga Bali.

CEO AstraWorld Bambang Gunawan berharap, layanan tersebut dapat meningkatkan kenyamanan konsumen saat melakukan perjalanan ke kampung halaman. “Sudah menjadi komitmen Astra untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, termasuk saat mereka melakukan perjalanan mudik Lebaran. Kami berharap, pelanggan kami merasa aman dan nyaman dengan kehadiran layanan mudik Astra.”

Bambang menambahkan, perbaikan terus dilakukan demi memenuhi kebutuhan pelanggan dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Aplikasi ponsel pintar Anavigo yang dirilis tahun lalu juga dapat dijadikan teman perjalanan mudik yang lebih informatif. Aplikasi berbasis iOS dan Android ini menampilkan lokasi dan nomor telepon rumah sakit di sekitar pengguna. Selain itu, tersedia lokasi pos siaga dan bengkel siaga Astra dalam fitur Find Places.

Pemeriksaan

Di Pos Siaga Astra, para pemudik dapat singgah untuk melakukan pemeriksaan kendaraan. Layanan yang diberikan di pos tersebut berupa servis ringan untuk kendaraan. Sambil menunggu kendaraan diperiksa dan diperbaiki oleh mekanik Astra, para pemudik dapat beristirahat sejenak sambil menikmati makanan ringan serta fasilitas yang tersedia di pos rehat, seperti cek kesehatan (gula darah) secara cuma-cuma.

Apabila pemudik mengalami situasi darurat di tengah perjalanan dan membutuhkan bantuan, Astra juga menyiapkan armada yang siap membantu. Tersedia 33 unit Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld dan 27 unit Garda Siaga ERA yang akan membantu selama 24 jam nonstop.

Demi mempermudah pemudik yang membutuhkan bantuan darurat tersebut, Astra menyediakan nomor yang dapat dihubungi dan beroperasi 24 jam nonstop 7 hari seminggu, yakni Call AstraWorld 1500-898, Call Garda Akses 1500-112, dan Honda Customer Care Center 1500-989.

Selain ketiga nomor contact center tersebut, pengguna dapat menggunakan aplikasi Anavigo dan memanfaatkan fitur Car Emergency untuk meminta layanan darurat Astra. Siap mudik menggunakan kendaraan Anda? [IKLAN/*/BYU]

Foto dokumen Astra dan Shutterstock.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 20 Juni 2017