Setiap mimpi besar dimulai dari satu langkah kecil, penuh keberanian dan keyakinan. Dunia wirausaha adalah panggung saat keberanian bertemu dengan peluang, dan menghasilkan perjalanan penuh pembelajaran dan keberhasilan. Di balik setiap keputusan untuk memulai, ada potensi untuk menciptakan dampak yang meluas, baik untuk diri sendiri maupun masyarakat.
Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) bersama Neo Expo Promosindo kembali menghadirkan Pameran Info Franchise and Business Concept (IFBC) 2025, pada 14-16 Februari 2025 di Hall 1, ICE BSD, Tangerang. Mengusung tema “Energizing Entrepreneurship” IFBC menghadirkan ratusan peluang bisnis yang menawarkan kemitraan, mulai dari franchise, peluang usaha, bisnis, distributor, dan keagenan.
IFBC 2025 ICE BSD ke-170 ini menjadi sarana untuk para pelaku usaha tumbuh dan mengembangkan bisnis melalui kemitraan. Pameran bisnis terbesar dan terlengkap ini dimeriahkan lebih dari 200 merek bisnis dengan nilai investasi yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari Rp 9 juta hingga Rp 1,5 miliar. Pameran ini juga disponsori oleh Bale By BTN sebagai solusi keuangan berwirausaha.
Pameran IFBC 2025 dibuka oleh Menteri Perdagangan Budi Santoso serta Ketua Kehormatan Asosiasi Franchise Indonesia Anang Sukandar. Pameran ini juga menghadirkan Indonesia Business Outlook 2025 bersama Kompas dengan pemaparan proyeksi kondisi ekonomi yang perlu diketahui pengusaha di tahun ini.
Pameran IFBC hadir dengan visi menciptakan ruang bagi pengunjung yang ingin mengeksplorasi peluang bisnis dan menjalin kemitraan, dengan menjadi wirausaha. Pameran IFBC 2025 juga didukung penuh oleh berbagai pihak seperti Kementerian Perdagangan, Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum, Asiawide, ASPERAPI, TDA Tangerang Raya, DiAntara Intermedia, The Entrepreneurs Society, Sahabat UMKM, Rumah BUMN Jakarta, Majalah Gontor, FORBIS Gontor, Binus University, Multimedia Nusantara Polytechnic, TOCO, Sprout, DK Consulting, CEO Business Forum, FT Consulting, Ben Warg Consulting, dan TFBO 2025.
Energizing entrepreneurship: ratusan bisnis siap dorong kewirausahaan
Pameran IFBC 2025 di ICE BSD menawarkan beragam peluang bisnis komprehensif, mulai dari franchise, kemitraan, hingga pendukung bisnis, dengan nilai investasi terendah dari Rp 9 juta hingga Rp 1,5 miliar. Pameran ini menjadi wadah inspirasi dan referensi bagi pengunjung untuk menemukan model bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, modal, dan minat mereka.
Pada segmentasi minuman kekinian mulai dari coffee shop, ice cream hingga minuman segar lainnya hadir memberikan referensi bisnis kepada pengunjung, seperti Arah Coffee, Sekian Kopi, Kopi Sejuta Jiwa, Atme Coffee, Smartfolks Coffee, Tentang Kopi, Kopi dari Hati, Tempat Bercakap, Kopi Sewindu, Kopi Menteng, Kopi Haley, Teman Nongkrong, Warkop Agam Medan, Makashiya, dan Natsu Japanese Ice Cream & Coffee.
Ada juga Shots Coffee, Kopte, Makanya Coffee, Bingxue, Tianlala, Sour Sally, Sour Sally Yogulato, Temen Ice Cream & Tea, Happy Ice Indonesia, Smart Bot, Misnow, Froyou, Dum-Dum Thai Tea, Domo-Domo, Es Teler Kapten, Cendol Pandan, Teh Kotjok, Pertehmina, Joomba, K-Juice Booster, Gulu Jus, Seger Bener, DAAN, Holly Tea, Cinta Sjatea, Honey Bunny, dan Minum Jus.
Pada segmentasi kuliner hadir peluang usaha yang dapat dijajaki oleh para pengunjung, yaitu Nasi Goreng Lidah Mertua, Si Kriuk, Bakso Kampungu, Bakso Aj, Albait Fried Chicken, More Chicken, El Tajir Chicken, Me Gacorin, Tahu Jeletot Taisi, Pabrik Dimsam Dimsum, Tahu Go!, Burger Bangor, Remas Rames, Special Soto Boyolali HJ Hesti, Karunia Warteg Bahari, Selera Bahari, dan Selera Sambal.
Hadir pula You Love Mee, Minang Sepakat, Sambal Bakar Foodbank, You Need Me, Kharisma Bahari, Subsidi Bahari, Warteg Putri Bahari, Bebek Sambal Nusantara, Sate Nusantara, Mie Good Cuan, Nasi Kulit Malam Minggu, Nasimura, Mimura, Warteg Sinar Bahari, Bakso Tungku, Bakso Cirawang Geulis, dan Bakso Teras Kelapa.
Selain itu terdapat peluang usaha kuliner asing yang dapat ditemui, yaitu Western Meat & Steak, Roku Ramen, Pide Turkish Pizza, Istanbul Kebab, Kebab Turki Baba Rafi, Container Kebab, Aladdin Kebab, Oppa Kimbab, Dear Dairy, Tokio Street, Tokio Go, Oto Bento, Bakmi Woy!, Bakmi Sultan Express, Bakmie Booster, Dimsum Booster, Yung Mak, Takoyaki Booster, Sate Taichan Nyot-Nyot, Tentang Pasta, Steak Khas Menteng, Aku Steak, Balkan Shawarma, Boome Burger & Mo Juice, Beken Mirae, dan Ndou Sushi & Fried Chicken.
Bisnis soft cookies, bakery dan cemilan kekinian juga hadir dan dapat ditemui di pameran IFBC 2025 ICE BSD, antara lain Baker Old, Rich Roti, Floofy Coin, Yummy Coin, Mamma Roti, Lucky Cheese, Montato, Charlies Macaroni, Gemoy Coin, Donatsu, Rotinya Rakyat, Cireng Cipok, dan Gocok. Pengunjung yang tertarik berbisnis makanan balita dapat mengunjungi stan Minko By Aiko.
Para pengunjung yang tertarik memiliki bisnis pendidikan dapat mendatangi stan Smartkidz, Ucmas Indoneisa, Leit, Ohayo Drawing School, Mopi Baca Tulis, Double Decker English & Public Speaking, Xile Mandarin, Gakko Digital Art & Animation, Sugaku Sempoa & Math, Rhino The Creator, Coding & Architecture For Kids, Jos Clay & Sunny Glow Montessori, Milkway Modern Motessori, Ohayo Hub, Yogi Yoga, Akitekucha, Sempoa Sip, Sip English, Baca Tulis, dan SBK Center.
Beranjak ke segmentasi laundry, para pengunjung dapat menemui Netto Laundromat, Laundry Mandiri, Maxpress Laundromat, Pusat Mesin Laundry, Got Fresh Laundry, Laundryklin, Kato Laundry, dan Fresh Helmet. Pada segmen ritel hadir pula peluang usaha seperti Depo Air Minum Biru, Clean Matic, dan Vapesmart.
IFBC 2025 ICE BSD juga memberikan pilihan bisnis pada segmen otomotif, mulai dari perawatan coating hingga layanan cuci kendaraan, dengan partisipasi brand, yaitu Scuto Indonesia, Scuto Moto Detailing, Scuto Pain, Glozcar, Washmart, Otopia, Rocket Carwash, Garage Auto Studio, Gas Paint Protection Film, dan Scudetto.
Dalam kategori jasa kesehatan, kecantikan, fesyen, dan barbershop, berkumpul berbagai merek terkemuka yang membuka peluang kemitraan, antara lain Sofine Dental Care, Kimaya Experience, Apotek Farma Kita, Lelap Family Reflexology, Jakarta Dermalogy Center, Fukuo Japanese, Mash Moshem Indonesia, Zae Glow, Aldama, Gloria, Glorious In Aroma, VLRE, Shoesmart, Migen, The Ajudan, Barbersmart, Barberpedia, dan Serious Cut Barbershop. Peluang usaha petshop dari Pitpet Klinik Hewan juga hadir pada pameran IFBC 2025 ICE BSD.
Pengunjung yang tertarik memiliki bisnis properti dan furniture dapat mengunjungi stan Leetower, Avasa Hotel Management, Terarika Design & Build, dan Alba Unggul Metal. Pruventure Prudential juga hadir menawarkan program asuransi untuk para pengunjung yang ingin mendapatkan pendampingan kewirausahaan.
Pameran IFBC 2025 ICE BSD juga memberikan referensi pendukung bisnis maju, mulai dari transportasi guna dukung keberlangsungan bisnis yang disediakan oleh Selis, serta pendukung bisnis alat masak dari Verona. Pendukung bisnis NCS Cargo juga hadir menawarkan jasa ekspedisi. Pendukung bisnis digitalisasi ritel cloud base dari PT Digital Mediatama Maxima Tbk.
Hadir pula pendukung bisnis seperti Franchise One dan Ide Usaha Kuliner yang memberikan wadah untuk pelaku usaha memulai bisnis mereka. Pameran IFBC ICE BSD ini juga menggandeng Indibiz by Telkom Indonesia sebagai digital business partner.
Eksplorasi ragam peluang di IFBC ICE BSD
Sebagai bentuk komitmen dalam mendorong minat kewirausahaan, pameran IFBC 2025 ICE BSD menghadirkan seminar dan talkshow inspiratif yang dapat diikuti oleh pengunjung secara gratis. Pada opening ceremony diselenggarakan Indonesia Business Outlook 2025 bersama Kompas. Dilanjut dengan pembahasan “Langkah Cerdas Memilih Franchise” bersama Djoko Kurniawan, Senior Franchise Consultant DK Consulting. Pembahasan yang tidak kalah menarik juga dibawakan oleh Franchise One dengan judul “All In One Enabler Ecosystem.”
Pengunjung yang ingin melakukan kolaborasi dan memperluas jangkauan bisnis guna meningkatkan profitabilitas dapat mengikuti inspira talk “Kolaborasi Bisnis: Kunci UMKM Bertumbuh dan Berjaya di Era Digital” bersama Rumah BUMN. Ingin memiliki bisnis yang sustainable dan relevan di era sekarang, simak pembahasan “Digital Marketing: Kunci Sukses Bisnis di Era Modern” bersama Indotrading. Tertarik memiliki bisnis kue kekinian simak pembahasan “Foodpreneur Talk with Baker Old” bersama Teuku Wisnu.
Di era digital, data pelanggan menjadi aset berharga yang dapat membantu bisnis memahami kebutuhan pasar dan membangun loyalitas simak pembahasan lebih lengkap bersama TDA Tangerang Raya “Strategi Mengelola Data Pelanggan.”
Dalam membangun keberlangsungan bisnis F&B para pelaku usaha perlu mengetahui langkah apa saja yang harus disiapkan, simak pembahasan lengkap bersama JOOMBA “Membangun Sustainability di Industri F&B.” Pengunjung yang tertarik memiliki bisnis kopi gerobakan dapat mengikuti talkshow “Mari Bahas Kopi Keliling” bersama Janji Jiwa. Hadir pula pembahasan Foodpreneur Talks with Gemoy Coin bersama Nita Vior.
Masa purnabakti adalah masa yang penuh persiapan, penting bagi kita untuk mengetahui usaha apa yang cocok dan strategi apa yang bisa diterapkan simak pembahasan lebih lanjut “Memilih usaha untuk Pensiunan” bersama Bale by BTN dan FT Consulting. Tertarik memiliki bisnis laundry yang sustainable, simak pembahasan “Transformasi Digital dan Kemitraan Laundry 2025” bersama LG Commercial Laundry.
Dalam berbisnis memiliki citra positif adalah hal yang harus dikambangkan, pelaku usaha harus mengetahui strategi dalam mempertahankan citra brand, simak pembahasan lebih lengkap bersama The Entrepreneurs Society “Strategi Menjadi Brand yang Dicintai di 2025.” Pengunjung yang tertarik mengupgrade bisnis melalui transformasi digital dapat menyimak pembahasan TOCO-Sprout “Upgrade Bisnis Kamu dengan Transformasi Digital.”
Saatnya mengambil langkah besar dan berani menjadi entrepreneur! IFBC 2025 menghadirkan pameran bisnis terlengkap untuk waralaba, kemitraan, dan peluang usaha. Hanya 3 hari 14-16 Februari 2025 di Hall 1 ICE BSD, Jl. BSD Grand Boulevard No.1, Tangerang, Banten, jam buka pukul 10.00-20.00 WIB. Temukan bisnis impian Anda dan wujudkan mimpi jadi pengusaha!