Mengawali semester kedua tahun ini dengan baik, Standard Chartered Bank Indonesia baru saja dianugerahi empat penghargaan Triple A Treasury Awards 2024 dari Majalah The Asset. Adapun keempat penghargaan ini diraih dalam kategori Best Liquidity and Investments Solution, Best Payments and Collections Solution, Best in Treasury and Working Capital for Limited Liability Company, dan Best Service Provider for Liquidity Management.
“Penghargaan ini merupakan cerminan dedikasi dan komitmen kami yang kuat untuk terus berkembang seiring dengan perkembangan industri keuangan guna memenuhi kebutuhan para klien kami yang terus berubah. Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada klien-klien kami yang telah mempercayakan kami untuk mendukung bisnis mereka,” ujar Jenny Tantono, Head of Transaction Banking, Standard Chartered Bank Indonesia.
Standard Charetered Bank Indonesia berhasil meraih penghargaan di kategori Best Liquidity and Investment Solution berkat solusi keuangan terotomatisasi yang memudahkan kliennya bp yang beroperasi di tingkat domestik maupun lintas batas, meskipun melibatkan sejumlah bank lainnya.
Solusi ini tidak hanya meminimalisasi risiko bagi bp, tapi juga menyediakan likuiditas yang cukup untuk memenuhi kewajiban keuangannya, meningkatkan imbal hasil bunga pada saldo kredit dengan Standard Chartered, mendorong standardisasi dan otomatisasi uang tunai dan perbankan. Solusi ini juga dapat ditawarkan kepada perusahaan-perusahaan lainnya atau di negara lainnya di mana terdapat kebutuhan untuk menggunakan bank pihak ketiga.
Mengomentari penghargaan ini, Foong Ling Kit, Head of Cash & Banking, bp, berujar, “Penerapan solusi manajemen likuiditas untuk bisnis gas kami di Indonesia merupakan solusi manajemen likuiditas bp pertama yang melibatkan sejumlah bank, mata uang, hingga struktur lintas negara. Hal tersebut dilakukan dengan mitra perbankan strategis kami, Standard Chartered Bank (SCB) di sebuah negara yang memiliki peraturan ketat. Proses integrasi, yang merupakan elemen penting dalam keberhasilan kami, menuntut kerja sama yang baik antar bank yang terlibat.”
Ia menambahkan, proses tersebut lantas menghasilkan tingkat otomatisasi proses dalam solusi manajemen likuiditas kami yang mencapai 98 persen. “Pencapaian ini tidak hanya merupakan bagian dari upaya transformasi kami, namun juga mencerminkan semangat kolaboratif dan kemitraan yang sangat efektif. Dampaknya tidak hanya pada efisiensi operasional, namun juga terciptanya nilai lebih bagi fungsi treasury dan juga kegiatan operasional kami.”
Sementara itu, penghargaan di kategori Best Payments and Collections Solution diberikan atas integrasi Standard Chartered dalam ekosistem BI-Fast, yang kemudian memampukan kliennya yang merupakan sebuah perusahaan fintech, untuk melakukan transfer dana secara lancar dan cepat kepada para nasabah mereka.
Solusi ini memungkinkan klien dalam memproses pencairan kredit kepada peminjam secara instan dan juga mengurangi proses administrasi, sehingga bisa mendukung pertumbuhan volume kredit secara signifikan. Selain itu, mengeliminasi proses kerja manual untuk proses internal sekaligus meningkatkan kepuasan konsumen terkait penyediaan layanan. Solusi ini juga menunjukkan kemajuan teknologi Standard Chartered dalam hal konektivitas perbankan untuk mendukung perkembangan pasar digital di Indonesia.
Kategori lainnya yang dimenangkan oleh Standard Chartered Bank Indonesia adalah Best Liquidity Management Bank. Standard Chartered terus berinvestasi dalam meningkatkan kemampuan pemberian layanannya, pengalaman klien, serta inovasi. Bank meluncurkan manajemen likuiditas baru yang memberikan pengalaman digital interaktif secara seamless untuk transfer dana otomatis (sweeping) dan manajemen kas terpusat (pooling).
Klien kini memiliki platform terpadu untuk melihat dan memeriksa struktur manajemen likuiditas, melakukan layanan mandiri, dan menjalankan simulasi untuk struktur sweeping dan pooling secara global. Lebih jauh lagi, inovasi produk kami memungkinkan dilakukannya penyisiran lintas batas di akhir hari secara otomatis antara Singapura dan Indonesia untuk penyeimbangan pool harian. Hal ini juga memfasilitasi penyapuan multibank dari rekening bank pihak ketiga lokal di Indonesia ke Standard Chartered Jakarta untuk kebutuhan pendanaan dalam negeri.
Standard Chartered saat ini merupakan satu-satunya bank internasional yang beroperasi di 10 negara ASEAN. Standard Chartered menawarkan layanan manajemen likuiditas di kawasan ASEAN, dengan memanfaatkan pengalaman selama lebih dari 20 tahun dalam memfasilitasi arus manajemen likuiditas di Asia, Afrika, dan Timur Tengah. Bank menawarkan rangkaian produk manajemen likuiditas yang lengkap, termasuk sweeping di tingkat domestik dan lintas negara dengan lebih dari 20 fitur dan metodologi untuk efisiensi pendanaan dan peningkatan imbal hasil.
Di awal tahun ini, tim Transaction Banking dari Standard Chartered Indonesia juga terpilih sebagai pemenang Penghargaan Best Trade Finance Provider 2024 dari Globe Asia.