Berbelanja kini bukan lagi sekadar memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mendekam di rumah selama 2 tahun karena pandemi Covid-19 membuat acara berbelanja menjadi bagian dari proses healing. Terlebih jika supermarket yang dituju menawarkan aneka produk berkualitas premium.

Keasyikan berbelanja ini menjadi lebih menantang ketika ada sensasi petualangan di sana. Teknologi metaverse yang diadopsi salah satu supermarket terkemuka memungkinkan pengunjungnya berbelanja dengan cara yang berbeda layaknya sebuah petualangan.

Sebagai informasi, metaverse merupakan versi teranyar dari virtual reality (VR) tanpa komputer. Penggunanya dapat memasuki dunia virtual menggunakan perangkat berupa headset atau kacamata berbasis augmented reality (AR) maupun VR. Boleh dibilang, teknologi ini mampu mengoptimalkan pengalaman hidup yang lebih immersif.

Ranch Market memperkenalkan Pasarina by Ranch Market, brand baru dari Ranch Market yang merupakan supermarket lokal premium pertama di Indonesia yang mengadaptasi brand metaverse dengan konsep unik dan berbeda, pada Jumat, 27 Mei 2022 di Jakarta. Store pertama Pasarina by Ranch Market berlokasi di Sarinah, pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang berstatus cagar budaya. Pasarina mengangkat produk lokal berkualitas tinggi serta siap memberikan pengalaman berbelanja menarik melalui interaksi digital dengan nuansa budaya dan tradisi Indonesia, sebuah pengalaman berbelanja baru bagi masyarakat Indonesia.

pasarina metaverse

Produk berkualitas premium

Berada di bawah naungan PT Supra Boga Lestari, Tbk, Ranch Market telah dikenal sebagai upscale supermarket dengan koleksi produk berkualitas. Pasarina by Ranch Market menyediakan produk lokal unggul berupa hasil bumi segar dan boga bahari hasil kurasi terbaik dari segenap penjuru Nusantara. Kurasi produk dilakukan secara ketat berdasarkan hasil riset serta masukan pengunjung dengan dukungan Departemen Perdagangan Republik Indonesia.

Pasarina mengusung konsep Traditional Meet Modern, di mana produk lokal akan bersanding dengan produk impor pilihan. Beberapa contoh produk lokal yang ditampilkan adalah aneka teh daun, kecap, bumbu, jamu dan banyak lagi.  Cokelat asal Kupang, Nusa Tenggara Timur merupakan satu contoh distingtif bahwa belum banyak yang tahu Kupang menghasilkan coklat berkualitas dengan packaging menarik. Dengan ditampilkannya produk unggul dari seluruh pelosok Indonesia, Pasarina mengajak masyarakat untuk mengenal produk sekaligus mengetahui lebih dalam tentang daerah asal produk tersebut.  Apa yang ditawarkan Pasarina dapat mengobati rasa kangen akan produk boga lokal bagi penduduk Jakarta yang merupakan melting pot dari berbagai daerah di Indonesia.

Asyiknya lagi Ranch Market Indonesia secara aktif mendukung pengembangan kapasitas komunitas masyarakat produsen dengan memberikan pelatihan-pelatihan sehingga kualitas produk dapat ditingkatkan secara signifikan. Di Pasarina, masyarakat dapat ikut mendukung usaha mikro di berbagai wilayah Indonesia untuk terus menghasilkan produk bermutu tinggi sambil memenuhi kebutuhan harian. Dukungan ini akan membawa pada peningkatan tingkat kehidupan masyarakat produsen produk-produk tersebut.

pasarina metaverse

Tawarkan “petualangan”

Sebagai pionir brand metavese di Indonesia, di Pasarina masyarakat akan merasakan exciting new experience lewat interaksi digital menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) dengan Computer Vision yang mampu memberikan pemahaman atas lokasi 3 dimensi dan memberikan koordinat pengguna serta teknologi laser scanning 3 dimensi untuk melakukan scanning terhadap lokasi secara 3 dimensi.

Adanya Guidebot, layaknya personal assistant akan menuntun pengunjung secara one on one untuk mengetahui lokasi dan promosi terbaik produk yang diinginkan melalui bantuan robot dengan teknologi Augmented Reality; fungsi search mengarahkan pengunjung mencari posisi produk tanpa harus menunggu karyawan toko. Saat ini ada 10 destinasi utama untuk fungsi Guidebot dan akan berkembang mengikuti seluruh category di dalam store.

Pengunjung dapat memindai QR Code yang akan menuntun pengunjung pada product knowledge interaktif lewat Augmented Reality di mana akan hadir benda-benda virtual 3 dimensi dan virtual product knowledge untuk memberikan informasi produk.  Gamification memberikan proses belanja baru yang menarik dalam dunia digital dengan games maupun aktivitas menarik lainnya lewat penggunaan Virtual Reality sehingga pengunjung dapat menikmati pengalaman “belanja sambil bermain”. Pasarina by Ranch Market menghadirkan teknologi terkini untuk memberikan shopping experience yang menyenangkan bagi pelanggan.

pasarina metaverse

“Dua tahun tidak bepergian ke luar kota membuat saya kangen dengan beberapa produk unggulan khas daerah. Senang sekali saya bisa menemukan abon khas Solo kesukaan saya di Pasarina. Bukan hanya itu, ternyata asyik juga berbelanja dengan menggunakan teknologi metaverse. Selain dipandu “robot” saat kesulitan mencari produk yang ingin dibeli, saya jadi bisa mengenal lebih jauh produk-produknya,” ujar Meggie saat berbelanja di Pasarina (22/6/2022).

Nantinya semua ini hanya dapat dinikmati dengan mengakses aplikasi TRUST Live.  Ke depannya, aplikasi TRUST Live juga akan tersedia untuk brand lain milik PT Supra Boga Lestari, Tbk seperti Ranch Market, Farmers Market, The Gourmet, Farmers Family dan Day2Day. Fitur brand metaverse Trust Live ini di-develop dan dipersiapkan khusus oleh Metaverse Studio Indonesia untuk Ranch Market Group. Sebagai bagian dari Blibli.com, virtual shopping produk Pasarina dapat dilakukan dengan mudah di portal e-commerce Blibli.com. Sehingga masyarakat memiliki pilihan untuk kenyamanan berbelanja langsung di physical store maupun berbelanja dari rumah.

“Ranch Market Indonesia mengundang masyarakat untuk merasakan exciting shopping experience dengan interaksi digital di Pasarina by Ranch Market di gedung Sarinah yang ikonik.  Temukan produk lokal Indonesia berkualitas tinggi dalam nuansa budaya dan tradisi luhur Indonesia berpadu dengan teknologi. Mari kita dukung produk lokal serta perekonomian komunitas masyarakat penghasil produk di pelosok Indonesia dengan cara bangga membeli produk Indonesia,” demikian disampaikan Chief of Merchandising and Marketing Officer PT Supra Boga Lestari, Tbk Maria Suwarni.

pasarina metaverse

Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati, menyampaikan, “Konsep supermarket metaverse pertama di Indonesia oleh Pasarina menguatkan kembali Sarinah sebagai pusat belanja modern pertama di Indonesia. Ini sesuai dengan kontemporerisasi Sarinah sebagai destinasi yang adaptif terhadap perubahan jaman, tetapi juga tetap berkenan bagi lintas generasi. Sarinah dalam konsep transformasi bisnisnya juga merekatkan teknologi dalam ekosistem bisnis dan brand-nya. Kami mengapresiasi inovasi tenant dan mitra Sarinah dalam mengembangkan usahanya dan terus menyempurnakan layanannya untuk para konsumen”.

Experienced, innovative and passionate – adalah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan kehadiran Pasarina by Ranch Market di Jakarta dengan konsep yang unik, menghadirkan angin segar bagi industri retail, terlebih di masa pasca pandemi ini sebagai pilihan utama keluarga dalam memenuhi kebutuhan belanja hariannya.

Inilah Pasarina, yang dengan bangga membawa produk hasil bumi Indonesia to the next level, yang dengan cermat menggabungkan latar belakang setiap produk dalam balutan budaya daerah asal dan teknologi tingkat tinggi mutakhir, meramu semuanya menjadi sebuah experience bagi seluruh anggota keluarga. Pasarina akan menjadi the destination untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.  Mari rasakan sensasi memasuki dunia meta di Pasarina by Ranch Market. [AYA]