Apakah Anda pernah menggunakan mobil tipe lama, tetapi masih terasa “enak” dikendarai? Kemungkinan besar hal tersebut karena mobil dirawat dengan baik. Bicara perawatan, ada beberapa pengecekan yang sebaiknya Anda lakukan pada setiap kilometer tertentu.

Untuk mobil baru, pengecekan 1.000 kilometer pertama wajib dilakukan. Hal ini untuk mengetahui kerusakan dini di mobil. Pada pengecekan kali ini, Anda bisa melakukan pemeriksaan menyeluruh. Mulai dari emisi gas buang, bodi, sasis, oli mesin, sistem pendingin, minyak rem, kopling, hingga power steering. Pada pengecekan 1.000 kilometer pertama biasanya tak akan ada penggantian suku cadang.

Setelah itu, Anda bisa melakukan pengecekan ketika kilometer mencapai 10.000. Selain melakukan pengecekan mesin standar, silakan periksa oli mesin dan filter oli. Pada 20.000 kilometer, ada baiknya Anda melakukan pengecekan oli mesin kembali. Periksa juga bagian busi, kampas rem, filter AC, dan filter oli. Pada 30.000 kilometer, Anda bisa melakukan servis seperti ketika pemeriksaan 10.000 kilometer.

Ketika kilometer sudah mencapai 40.000, ada baiknya melakukan servis besar. Beberapa komponen yang sebaiknya diperiksa yaitu kampas rem, bearing roda, evaporator, minyak rem, kampas rem, fan belt, filter udara, filter AC, filter oli, dan oli mesin.

Jika kilometer sudah mencapai 80.000, silakan lakukan servis besar berikutnya. Komponen mobil yang sebaiknya dicek sama dengan ketika melakukan servis 40.000 kilometer. Ada baiknya juga mengecek bagian oli transmisi atau kampas kopling.

Pengecekan berdasarkan kilometer memang tak selalu menjadi patokan. Jika mobil sudah terasa kurang “enak” dikendarai, Anda bisa segera ke bengkel resmi terdekat. Apalagi jika mobil Anda tergolong berusia tua. Menariknya, ada pabrikan yang menyelenggarakan program rekondisi mobil lama menjadi seperti baru kembali. Hal ini hanya berlaku untuk mobil yang sering dirawat di bengkel resmi dan memiliki kilometer tertinggi.

Apresiasi

Program unik ini sempat diadakan Daihatsu melalui promosi Xenia Setia. Sebagai spesialis produsen mobil kompak di Indonesia, Daihatsu terus meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan dengan menyediakan produk dan layanan berkualitas serta menggelar berbagai program apresiasi bagi pelanggan.

Sejak 2014, Daihatsu menyelenggarakan program Xenia Setia sebagai apresiasi kepada para pengguna setia Xenia. Program ini mendapat respons yang baik dari pelanggan di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini terbukti dengan jumlah peserta yang terus meningkat.

Program Xenia Setia 2014, diikuti oleh 1.438 peserta dan terpilih 9 pemenang. Pada tahun 2015, diikuti 2.011 peserta dan terpilih 8 pemenang. Tahun 2016, Daihatsu memilih 12 pemenang dari 3.676 peserta dari seluruh Indonesia.

Melalui program ini, Daihatsu melakukan rekondisi mobil Xenia lama milik pelanggan terpilih menjadi Xenia dengan kondisi baru, seperti ketika baru keluar dari pabrik. Menariknya, hal ini dilakukan tanpa dipungut biaya sepeser pun. Rekondisi meliputi bagian engine, sasis, drive train, interior, eksterior, material, painting, hingga aksesori.

Pemenang Xenia Setia 2014

Daihatsu Setia

Tahun ini, dalam rangka memperingati kehadiran Daihatsu di dunia yang ke-110, Daihatsu Indonesia menggelar program Daihatsu Setia. Kali ini, Daihatsu akan memilih 110 unit Daihatsu yang terdiri atas 50 unit Xenia, 50 unit Terios, 5 unit Sirion, dan 5 unit Luxio milik pelanggan setia yang memenuhi persyaratan untuk direkondisi menjadi seperti baru kembali.

Ada empat kriteria peserta yang bisa mengikuti program Daihatsu Setia. Pertama, peserta merupakan pemilik Xenia, Terios, Sirion, atau Luxio. Kedua, peserta merupakan pemilik pertama dan berstatus pemilik perorangan atau bukan instansi. Ketiga, peserta selalu melakukan perawatan mobil secara rutin di bengkel resmi Daihatsu. Keempat, mobil tersebut memiliki kilometer pemakaian tertinggi.

Pendaftaran

Pendaftaran peserta Daihatsu Setia bisa dilakukan melalui tiga cara, yaitu melalui online, SMS, dan bengkel resmi. Pendaftaran secara online cukup mudah. Peserta cukup membuka laman www.daihatsusetia.com, lalu lengkapi data diri dan kendaraan. Submit dan update data secara periodik.

Pendaftaran melalui SMS bisa dilakukan dengan mengirim pesan ke nomor 08990888898. Data SMS akan diregistrasikan secara online oleh Daihatsu. Password pada microsite yang didaftarkan akan dikirimkan melalui ­e-mail oleh Daihatsu.

Sementara itu, pendaftaran melalui bengkel resmi Daihatsu hanya dengan melakukan registrasi melalui form dari service advisor (SA) di bengkel-bengkel resmi untuk selanjutnya didaftarkan oleh SA ke microsite Daihatsu.

Pendaftaran Daihatsu Setia dibuka dalam dua periode. Periode pertama dibuka sejak Januari hingga Februari 2017 khusus untuk peserta dari Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Periode kedua berlangsung dari Maret hingga April 2017 khusus peserta dari Sumatera, Kalimantan, Jawa Timur, Nusa Tenggara,  Sulawesi, Maluku, dan Papua.

“Kami sangat menghargai para pengguna Daihatsu. Program Daihatsu Setia merupakan apresiasi nyata kepada para pengguna setia Daihatsu sekaligus bukti konsistensi Daihatsu sebagai sahabat. Kami percaya produk-produk Daihatsu sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” ujar Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra. [IKLAN/*/INO]