Accor, grup perhotelan global terkemuka, dengan bangga mempersembahkan KarnavALL Batik Indonesia dalam rangka memeriahkan Hari Batik Nasional yang dirayakan pada 2 Oktober setiap tahunnya.

Untuk menghormati tradisi Indonesia yang berharga ini, hotel dan resor Accor di lebih dari 30 destinasi di seluruh negeri akan menghadirkan serangkaian kegiatan bertema Batik sepanjang bulan Oktober, menawarkan pengalaman yang benar-benar mendalam bagi para tamu.

Kegiatan-kegiatan ini akan mencakup peragaan busana, lokakarya, pameran yang menampilkan produk Batik dari usaha kecil dan menengah (UMKM) lokal, serta hidangan kuliner yang terinspirasi oleh tema Batik.

Para tamu dari segala usia akan diajak berpartisipasi melalui beragam acara, mulai dari kegiatan interaktif untuk anak-anak hingga diskon khusus bagi mereka yang mengenakan pakaian Batik.

Di Mercure Bandung City Centre sendiri, terdapat serangkaian acara yang dimulai sejak 28 September lalu dengan menyelenggarakan pameran batik oleh 10 UMKM lokal Bandung Raya.

Pameran berlangsung selama 1 bulan hingga 28 Oktober 2024 mendatang. Kemudian pada tanggal 2 Oktober, terdapat kudapan selamat datang yang disajikan kepada tamu hotel berupa kue yang dihias dengan motif batik.

Puncak acaranya adalah acara Batik Talks & Fashion Show’ bekerja sama dengan Tlatah Nusantara pada 12 Oktober yang melibatkan 7 UMKM dari Iffer, Mela Technotic, Faustine, DR by Dewi Rika, Payou, Ensstie, dan Jari Hitam yang memamerkan 28 busana oleh model dari Ipey Modelling School, serta dihadiri oleh lebih dari 70 tamu undangan.

“Kami sangat senang dengan penyelenggaraan acara ini karena kami dapat turut andil memberdayakan UMKM dan tentunya memperkenalkan batik modern. Sebagai generasi penerus, merupakan kewajiban kita untuk menunjukkan kebanggaan kita mengenakan batik. Di tangan pengrajin batik, berbagai pilihan busana dapat kita gunakan sehari-hari, tidak melulu menjadi pakaian untuk pergi bekerja atau menghadiri acara resmi,” terang Velda Kalalo, General Manager Mercure Bandung City Centre.

Garth Simmons, Accor’s Chief Operating Officer, Premium, Midscale & Economy Division in Asia, mengungkapkan kegembiraannya, “Kami sangat antusias merayakan warisan budaya Indonesia yang kaya melalui inisiatif KarnavALL Batik Indonesia. Perayaan ini tidak hanya menghormati seni Batik yang indah, tetapi juga menghubungkan tradisi dengan pengalaman kontemporer, memungkinkan para tamu  berinteraksi dengan budaya Indonesia secara bermakna. Kami bangga mendukung komunitas lokal dan usaha kecil dan menengah, menampilkan keahlian mereka sekaligus menawarkan pengalaman yang unik dan berkesan bagi para tamu.”