Majalah SWA bekerja sama dengan Business Digest kembali memberikan apresiasi Indonesia Original Brand Award 2020 kepada perusahaan terbaik Tanah Air. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang digelar di hotel, penghargaan kali ini diselenggarakan berupa virtual awarding melalui channel Youtube Swamedia Inc pada Senin, 13 Juli 2020. Pada ajang ini, Propan Raya berhasil menyabet penghargaan Indonesia Original Brand Award 2020.

Editor in Chief Majalah SWA Kemal Effendi Gani mengungkapkan rasa terima kasihnya atas keikutsertaan merek lokal ternama asli Indonesia dalam ajang tahunan ini. Menurut Kemal, Indonesia Original Brand Award 2020 diselenggarakan untuk mendorong merek asli Indonesia agar terus berkembang dan berinovasi.

Pada tahun ini, penghargaan yang diberikan sedikit berbeda. Terdapat tambahan parameter yaitu pandemic competitiveness. Parameter tersebut muncul pada masa pandemi Covid-19 ini untuk melihat bagaimana merek tersebut bisa bertahan. Berdasarkan parameter ini juga, dapat dijadikan acuan dan gambaran bagi merek-merek Indonesia lainnya untuk dapat bertahan, ungkap Kemal.

Propan Raya sebagai perusahaan cat asli Indonesia berhasil meraih Indonesia Original Brands Award 2020 untuk kategori Cat Tembok Interior dengan angka indeks IOB mencapai 7,77.

Angka ini didapat dari beberapa parameter penilaian antara lain kepuasan, loyalitas, advokasi, daya saing terhadap merek asing, dan daya saing saat pandemi. Berdasarkan parameter tersebut, Propan Raya dipercaya menjadi pemenang untuk kategori cat tembok interior.

Survei lapangan juga dilakukan untuk memperkuat data parameter yang dilakukan selama 5 tahun terakhir. Berdasarkan data parameter yang ada, Propan Raya dapat berbangga karena meraih peringkat ke-3 kategori cat tembok interior pada parameter kepuasan dengan nilai sebesar 8,08 dibandingkan dengan 250 pesaing di 120 kategori lainnya.

CEO Propan Raya Kris Adidarma mengucapkan rasa terima kasihnya atas penghargaan Indonesia Original Brand Award yang diberikan kepada perusahaan yang dipimpinnya. Pencapaian ini dianggap menjadi tolok ukur bagi perusahaan dalam mengelola kinerja sekaligus brand perusahaan.

Kris mengatakan, PT Propan Raya sebagai produk cat asli Indonesia yang telah berdiri selama 40 tahun ini berupaya mempertahankan mereknya sebagai salah satu kebanggaan Indonesia.

“Upaya yang kami lakukan adalah terus berinovasi baik dari segi teknologi maupun peningkatan kualitas produk dan pelayan terbaik kepada konsumen, produk dan jasa yang relevan, berkualitas, memuaskan, direkomendasikan, dan aman sesuai kebutuhan,” tambahnya.

Apalagi saat ini diketahui terjadi banyak tekanan akibat covid-19 yang mengakibatkan merek asli Indonesia benar-benar ditantang agar tetap survive. Melihat persoalan ini, Propan Raya pun bergerak secara aktif untuk dapat bertahan dan berjuang menghadapi persoalan di tengah pandemi sehingga tetap mampu bersaing secara sehat dengan merek-merek lainnya. [*]

Leave a Response