Jangan pernah takut untuk memulai sesuatu, karena sesuatu yang besar dimulai dari yang kecil terlebih dulu.

Pencinta dan pengguna produk perawatan kulit wajah tentunya tak asing lagi dengan Raiku Beauty. Selain merupakan produk perawatan kulit wajah yang mudah diaplikasikan dan punya banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah, Raiku Beauty ternyata memberikan inspirasi dan mendorong para perempuan untuk tampil dan menonjolkan kelebihan yang mereka miliki.

Lidia K Santosa, Founder of Raiku Beauty.

Pada awal mula lahirnya Raiku Beauty sekitar 3 tahun yang lalu, Pendiri Raiku Beauty Lidia K Santosa ingin mengedukasi perempuan untuk menonjolkan kecantikan alami yang dimilikinya. Tampil apa adanya dengan memancarkan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki setiap perempuan, tentunya dengan kulit yang sehat dan terawat. Lidia ingin mengedukasi perempuan untuk lebih percaya diri dan menonjolkan inner beauty-nya.

Perempuan Indonesia memiliki karakter kuat, tetapi tidak punya kesempatan tampil sebagaimana mestinya. Untuk itu, Raiku Beauty hadir. Dengan kata lain, Lidia ingin menanamkan bahwa perempuan Indonesia itu dilahirkan cantik. Dengan kulit yang sehat terawat, tanpa polesan bedak pun perempuan bisa tampil cantik dan menarik.

Bagi Lidia, salah besar jika ramping, tinggi, putih, dan mancung menjadi tolak ukur kecantikan seorang perempuan. Mereka yang berkulit gelap, bertubuh gemuk, dan memiliki hidung yang pesek tetap bisa tampil cantik dan menarik dengan menonjolkan karakter kuat yang dimilikinya. Filosofi yang dimiliki Raiku Beauty inilah yang pada akhirnya membuat banyak perempuan menyukai produk perawatan kulit yang satu ini.

Berhasil terobos tantangan

Ajakan agar perempuan menonjolkan kecantikan alami yang dimilikinya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Begitu pula ketika Lidia memulai bisnis bisnis perawatan kulit ini. Banyak sekali tantangan yang dihadapinya. Salah satu yang paling sulit adalah ketika Lidia berusaha meyakinkan dan mengajak customer untuk mencoba produk perawatan kulit wajah miliknya.

Namun, berkat pemanfaatan e-commerce dan media sosial yang dibarengi upaya edukasi, akhirnya customer pun mau mencoba, lalu cocok dan pada akhirnya berbalik memburu aneka produk yang dijajakannya.

“Awalnya, kita hanya mengeluarkan 10 produk. Seiring perjalanan waktu, kita mulai lagi men-develop sesuai dengan market yang ada saat ini dengan menambah banyak produk sehingga pada akhirnya menjadi 40 produk. Di samping itu, kita juga melengkapi dengan decorative (make up) untuk dipakai sehari-hari,” ujar Lidia lebih lanjut.

Perkembangan varian produk Raiku Beauty tentu saja tidak lepas dari kualitas produknya. Maklum saja, rangkaian perawatan kulit wajah dari Raiku Beauty diakui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan memiliki sertifikasi halal yang membuat penggunanya merasa nyaman dan aman. Tidak heran jika produk yang diperuntukkan bagi semua gender ini aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui serta aman untuk semua jenis kulit, termasuk mereka yang memiliki kulit sensitif.

Memiliki empat produk andalan, yaitu brightening, age defense, hydrating dan anti oxydant, Raiku Beauty dapat dengan mudah ditemukan salah satunya di Blibli. Bagi Lidia, peran Blibli sangat besar dalam perkembangan pemasarannya. Bahkan Lidia mengakui bila omzet penjualannya sebanyak 70 persen diperoleh dari penjualan daring (online).

Bahkan, Lidia merasakan dukungan besar dari Blibli melalui berbagai acara offline yang digelar. Bahkan, pada 2019, Blibli mengajak serta Raiku Beauty mengikuti offline event Idea Fest hingga mempromosikan produknya melalui kedutaan besar Indonesia di Australia, tepatnya di Sydney dan Melbourne, Australia. Hal ini membuat Lidia percaya bahwa Blibli sangat mendukung bisnis UMKM miliknya.

Saat pandemi terjadi, Raiku Beauty sempat turun omset hingga 90 persen. Namun, ternyata e-commerce menjadi solusi dan dengan mengeksplorasi fitur broadcast chat yang dimiliki Blibli, fitur di mana Seller dapat mengirimkan notifikasi secara massal kepada pelanggan baik followers Toko atau pembeli potensial dalam bentuk private chat.

Melalui fitur Broadcast Chat, seller dapat melihat efektivitas serta memastikan promosi lebih tepat sasaran. Selain fitur, bantuan dari PIC Blibli, adalah satu hal yang sangat membantu Raiku Beauty untuk lebih berkembang.

Dalam perjalanan bisnisnya, Raiku Beauty memiliki idealisme yang tinggi. Dengan keyakinan dan keuletan, Raiku Beauty dibantu pemasaran melalui online, yakin bisa semakin maju dan mampu melayani customer kapan pun dan di mana pun.

Pada akhirnya, Lidia berpesan bagi mereka yang baru memulai usaha untuk jangan pernah takut memulai sesuatu. Ketika ingin melakukan sesuatu yang besar, harus dimulai dari sesuatu yang kecil terlebih dulu. Terlebih lagi, kini begitu banyak platform, tempat yang menyediakan dan memudahkan untuk berjualan. Yang penting, dalam membuat produk harus menjawab kebutuhan dari target konsumen yang disasar, aman serta membawa kebaikan untuk orang lain. Harus berani untuk mulai maju menjual produk melalui platform seperti di Blibli, karena dengan produk yang bagus dan berkualitas, Blibli akan mendukung untuk lebih maju.