Murid SMP dan SMA Saint John’s Catholic School sejak awal 2019 sudah mempersiapkan acara tahunan Saint John’s Youth Nation Cup (SYNC) 2019 bertema “Ola Hou, Pembaharuan Hidup”. Untuk tema acara lomba yang dimulai dari 30 Agustus hingga 14 September 2019 ini, pembaharuan yang diusung diarahkan pada kecintaan pada lingkungan hidup, khususnya biota laut.

Penutupan SYNC pada Sabtu (14/9/2019) berupa pentas seni (pensi) yang berlangsung meriah dengan kehadiran sekitar 2.000 penonton dari berbagai sekolah hingga orangtua dan keluarga. Bahkan, alumni murid Saint John dan mantan pengajar Saint John tampak ikut hadir dalam gebyar kebersamaan yang penuh persaudaraan.

Acara pembukaan diramaikan dengan pertandingan antara pemain basket nasional dan selebritas melawan pegawai sipil Tangsel dan guru-guru. (Foto-foto: Dok Saint John’s Catholic School)

Berbagai macam perlombaan diselenggarakan dengan peserta antarsekolah. Lebih dari 20 sekolah swasta dan negeri yang ikut berpartisipasi, dengan peserta lomba lebih dari 500 murid SMP dan SMA. Pada Jumat (30/8), Wakil Wali Kota Tangerang Selatan H Benyamin Davnie membuka rangkaian acara “Ola Hou” SYNC 2019 dengan tembakan bebas ke ring basket. Beberapa pemain basket profesional dan selebritas ikut hadir dan memeriahkan acara pembukaan.

Pertandingan futsal SYNC 2019.

Bagi murid-murid Saint John’s Catholic School, terutama mereka yang aktif menjadi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), acara ini merupakan ajang untuk mengasah keterampilan mereka dan memperkuat kemampuan 4C mereka, yakni critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreativitas), communication skill (kemampuan komunikasi), serta collaboration (kerja sama).

Pertandingan bulutangkis SYNC 2019.

Berbagai permasalahan yang ada harus mereka pecahkan demi menjalankan rencana kerja yang sudah dipersiapkan. Berbagai macam usaha untuk pencarian dana, dari mendesain dan menjual merchandise, hingga mempresentasikan acara pada calon sponsor merupakan pengembangan keterampilan yang sangat berharga bagi mereka.

Suasana menjelang pembukaan pensi.

Pelaksanaan lomba dan persiapan serta pelaksanaan pensi yang di antaranya menghadirkan Teddy Adhitya serta Isyana Sarasvati juga melatih anak-anak untuk merencanakan dan mengelola sebuah event. Murid-murid belajar untuk mengelola waktu mereka, antara mengerjakan tugas sekolah dan belajar, serta menyelesaikan tanggung jawab kerja organisasi. Semoga semua itu menjadi bekal yang berguna dalam kehidupan mereka nantinya di dunia kerja.

Alumni yang berkunjung berkumpul sebelum ikut bergabung dalam pensi.

Pagi hari menjelang pensi, Saint John’s Catholic School sekaligus membuka sekolah bagi calon murid baru dalam acara Open House 2019. Murid-murid SD dan SMP membantu mengantarkan calon orangtua murid dan calon murid baru untuk berkeliling melihat sekolah dan kegiatan yang sedang berlangsung.

Sementara itu, Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah, serta perwakilan Kurikulum menyediakan waktu untuk menjawab pertanyaan orangtua seputar kurikulum dan kegiatan sekolah. Info pendaftaran bisa dibaca di www.saintjohn.sch.id. [*]

Leave a Response