Dengan potensi demografi yang besar, sumber daya manusia yang unggul dapat menjadi pendorong kemajuan bangsa. Seiring dengan perkembangan teknologi serta digital menuju era industri 4.0, perguruan tinggi dituntut mempersiapkan para mahasiswa dan lulusannya untuk memiliki daya saing tinggi bahkan mampu menciptakan lapangan kerja baru yang berguna dalam pemberdayaan masyarakat.

Selama 38 tahun BINUS UNIVERSITY dengan visi A World-class Uni­versity Fostering and Empowering the Society in Building and Serving the Nation, terus berkomitmen membina dan memberdayakan masyarakat melalui pemerataan pendidikan berkualitas bagi seluruh masyarakat Nusantara. Untuk itu, BINUS UNIVERSITY hadir dengan multi kampus yang tersebar di berbagai kota di Indonesia antara lain di Jakarta, Alam Sutera, Bekasi, Bandung, dan Malang.

Semangat mendidik dan memberikan pelayanan pendidikan bagi masyarakat ini juga diwujudkan dalam layanan pendidikan jarak jauh (Online Learning) yang dinamakan BINUS Online Learning. Layanan ini kini menjadi salah satu program kuliah jarak jauh yang unggul di Indonesia yang beroperasi sejak tahun 2009. Selain itu BINUS juga memiliki BINUS UNIVERSITY LEARNING COMMUNITY (BULC) yang berlokasi di Semarang dan Palembang sebagai pengembangan komunitas belajar partner BINUS UNIVERSITY.

Tingkatkan Pemerataan Pendidikan Melalui Program (2+1)+1

Kehadiran BINUS UNIVERSITY di berbagai kota di Indonesia diharapkan dapat meningkatkan pemerataan pen­didikan di Indonesia. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki seperti sistem pendidikan, teknologi, serta standar fasilitas dan operasional akan sama diterapkan di semua kampus tidak hanya di Jakarta dan luar Jakarta, namun juga BINUS Online Learning. Selain itu, mahasiswa akan mendapat pengalaman belajar multi-kampus serta fleksibilitas dalam mengambil major dan minor program.

BINUS UNIVERSITY memi­liki target 2 dari 3 lulusannya bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur. Sistem Pendidikan yang diterapkan BINUS UNIVERSITY tidak hanya membekali mahasiswa dengan pengalaman belajar di kampus, tetapi juga memberikan pengalaman langsung di dunia industri.

Komitmen ini diwujudkan melalui program (2+1)+1. Melalui Program (2+1)+1, mahasiswa diberikan kesempatan pengalaman belajar selama 2 tahun di kampus asal, 1 tahun pengalaman belajar di kota lain; serta 1 tahun mengambil program 1 dari 5 track enrichment yang disediakan, yaitu: internship, community development, research, start-up business, atau study abroad (pengalaman kuliah di luar negeri).

Tumbuh dari Kepercayaan Masyarakat

Berkat dedikasi dan pengabdian yang tinggi terhadap dunia pendidikan, BINUS UNIVERSITY mendapat kepercayaan masyarakat baik tingkat nasional maupun internasional dengan berbagai peng­hargaan maupun akreditasi. Di tingkat Internasional, salah satu pengakuan yang diterima adalah Quacquarelly Symmonds (QS) World University Ranking yang memberikan rating 4 Star QS Stars University Ratings, peringkat 301-500 Graduate Employability Rankings 2020, posisi ke-234 QS Regional Rankings ASIA 2020, serta masuk ke dalam Top 1000 QS World University Ranking 2020.

Selain tingkat institusi, berbagai program juga mendapatkan akre­ditasi serta bersertifikat internasional di antaranya The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) – Akreditasi internasional untuk Sekolah Bisnis; The Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET)- Akreditasi dalam bidang Engineering dan Computing Technology; Program Tourism yang bersertifikat TedQual (sertifikasi internasional pada bidang Tourism Program); serta pada Program Engineering yang telah bersertifikat IABEE (Indonesia Accreditation Board for Engineering Education).

Tak hanya berfokus pada kualitas akademik, BINUS UNIVERSITY juga berkomitmen dalam pemberdayaan masyarakat salah satunya dengan berkontribusi memberikan 9.000 beasiswa setiap tahunnya dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh lebih dari 36.000 BINUSIAN melalui program Teach for Indonesia.

Hingga kini BINUS memiliki lebih dari 150.000 komunitas BINUSIAN yang terdiri lebih dari 115.000 alumni, 41.000 mahasiswa aktif dan 1.300 tenaga pengajar. BINUS UNIVERSITY juga bekerja sama dengan lebih dari 5.000 Industry Partner, 177 BULC Chapter Industry, lebih dari 200 BULC Chapter School, dan 206 Worldwide University Partners. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 26 Januari 2020.

Tags : Binusfeatured

Leave a Response