Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) DKI Jaya menyelenggarakan Konperda XII di Glass House, The Ritz-Carlton Hotel Pacific Place Jakarta, Kamis (2/6/2022). Dalam Konperda, para anggota sepakat untuk kembali mengangkat Elwin Mok sebagai Ketua P3I DKI Jaya periode 2022-2026.

Selain itu, Irfan Ramli secara aklamasi diangkat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan P3I DKI Jaya periode 2022-2026. Ini berarti P3I DKI sepakat melanjutkan duet keduanya, setelah sebelumnya Elwin Mok juga memimpin Pengurus Daerah pada periode 2016-2022. Begitu juga Irfan Ramli yang menjadi ketua Dewan Pertimbangan pada periode tersebut.

Selain pemilihan ketua, seluruh anggota secara aklamasi menerima seluruh laporan pertanggungjawaban Pengurus Daerah P3I DKI Jaya periode 2016-2022. Masa kepengurusan P3I DKI Jaya sendiri mengalami masa perpanjangan dua tahun akibat pandemi yang menyebabkan Konperda XII yang seharusnya dilakukan pada 2020 diundur.

Dalam Konperda bertajuk ”Habis Pandemi Terbitlah Akselerasi”, Elwin Mok menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan seluruh jajaran pengurus, dewan pertimbangan, maupun para anggota, sehingga mampu menjalankan amanah dan program-program yang ada, di tengah kesulitan industri periklanan saat pandemi.

Ini terbukti dengan tetap dijalankannya Citra Pariwara pada 2020 dan 2021. Ini menjadikan Citra Pariwara sebagai satu-satunya festival kreatif tahunan yang konsisten selalu hadir di Indonesia sejak pertama kali diselenggarakan 34 tahun lalu.

Pelantikan Ketua P3I DKI dan Ketua Dewan Pertimbangan dilakukan oleh Hery Margono selaku Sekretaris Jenderal P3I Pusat. Sesuai AD/ART P3I, Elwin Mok dan Irfan Ramli memiliki waktu dua bulan terhitung sejak dilantik, untuk mempersiapkan kepengurusan dan anggota Dewan Pertimbangan.

Halal Bihalal

Malamnya, di tempat yang sama diselenggarakan Halal Bihalal bersama para anggota dan seluruh stakeholder industri periklanan.

Selain sebagai ajang temu kangen—apalagi setelah absen diselenggarakan selama dua tahun pandemi—acara juga menjadi ajang silaturahmi, networking, sekaligus saling mengupdate isu-isu yang penting dan bermanfaat di industri periklanan khususnya dan dunia marketing pada umumnya.

Selain dihadiri para pimpinan perusahaan, insan, dan tokoh-tokoh senior periklanan, acara juga dihadiri ketua terpilih P3I DKI Jaya periode 2022-2026 Elwin Mok dan Ketua Dewan Pertimbangan terpilih 2022-2026 Irfan Ramli.

Dalam sambutannya, Elwin menganalogikan situasi sekarang dengan kondisi pascaperang dunia II. Yang mana saat itu, justru setelah perang usai, perang berikutnya baru terjadi. Masing-masing negara berperang dan beradu strategi untuk memulihkan ekonominya.

Turut hadir Deputi Bidang Ekonomi Digital & Produk Kreatif Kemenparekraf, Neil El Himam, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Sekretaris Jenderal Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) M Rafiq.

Talkshow

Dalam acara diselenggarakan panel talkshow bertajuk ”Habis Pandemi Terbitlah Akselerasi” yang diisi oleh para narasumber yaitu Presiden Komisaris PT Blue Bird Tbk Noni Purnomo, Head of Department of Economics CSIS Fajar B. Hirawan, dan CEO Paragon Technology & Innovation (Wardah) Salman Subakat. Talkshow dimoderatori CEO Creative Dentsu Indonesia Wisnu Satya Putra.

Noni Purnomo mengatakan, akselerasi dapat tercapai apabila adanya perubahan pola berpikir dalam menghadapi setiap situasi, terlebih di saat pandemi. Noni berhasil membawa Blue Bird Group keluar dari keterpurukan dengan melakukan inovasi-inovasi yang berpusat kepada kemanusiaan.

Hal ini diperkuat oleh CEO Paragon Technology and Innovation (Wardah) Salman Subakat, yang mengatakan, sinergi dan kolaborasi diperlukan untuk melakukan percepatan.

“Di saat-saat pandemi, ketika kami dihadapkan sebuah tantangan besar, kami melihat kembali value dari perusahaan kami, dan melakukan sinergi untuk berinovasi,” kata Salman, yang menceritakan bagaimana ia menavigasi perusahaannya sejak 2020.

Head of Department of Economics CSIS Fajar B. Hirawan mengatakan, Indonesia saat ini dalam posisi yang on track. Sebagai salah satu negara di dunia yang memiliki resiliensi tinggi, ini adalah saatnya Indonesia untuk berakselerasi.

“Indonesia berhasil bounced back dengan cepat pada saat omicron wave. Ini menandakan bahwa kita mempunyai kekuatan dan ketahanan yang sangat baik,” imbuh Fajar.

Pada penutupan, Wisnu selaku moderator menyimpulkan, ekonomi Indonesia akan terus bertumbuh dan ini memberikan kepercayaan kepada kita untuk terus melakukan percepatan di segala bidang. Insan periklanan Indonesia akan terus membantu pemulihan ekonomi Indonesia dan akan berkolaborasi dengan seluruh pelaku industri untuk memberikan solusi-solusi terbaik yang dapat membawa Indonesia menjadi negara yang lebih maju.

Itulah sebabnya pada Konperda XII dan Halal Bihalal yang didukung oleh PRSSNI, TikTok for Business, SCM, TREBEL, RCTI+, dan Nielsen Audience Measurement, mengajak seluruh anggota P3I DKI Jaya untuk memanfaatkan momentum dan langsung gaspol berakselerasi menuju percepatan pertumbuhan bisnis sehingga berkontribusi pada pemulihan ekonomi secara makro.