Bayangkan memulai sebuah bisnis tanpa koneksi dan modal. Kedengarannya mustahil, bukan? Ini yang dilakukan Momentum, Strategic Branding & Digital Agency di Jakarta.

Berdiri di tahun 2017, Momentum memulai perjalanannya dengan penuh semangat dan keyakinan. Modal awal mereka hanyalah tekad dan ide-ide kreatif. Tanpa koneksi di dunia nyata, mereka beralih ke dunia digital untuk mencari klien.

Pengalaman ngiklan pertama di digital, dari boncos Hingga 50x ROAS!

Momentum memulainya dengan iklan di sosial media, ini iklan pertamanya.

Iklan Pertama @buildmomentum.id

 Setelah beberapa hari, akhirnya ada satu yang menghubungi dan bertanya harga paket branding di Momentum. Momentum jawab, “Kami start from 35 juta.” Lalu tahu apa jawabannya? “Tempat lain hanya 2 juta, lho! Saya sarankan kalian lakukan riset dulu.”

Dari ditolak harga 35 juta, sekarang average transaction value Momentum di atas 200 juta dan semua itu didapatkan 100 persen digital, tanpa koneksi. Klien yang pernah di-handle Momentum, seperti Bank Nusamba, Bank BTN, GoTo, Watsons, Telkom Indonesia, BRI Reksadana, BCA Digital, dan Sarana Jaya.

Dari sana, Momentum menyadari ada beberapa hal yang telah dilakukan Momentum sampai akhirnya mendapatkan ratusan klien.

Memahami target market

“If you try speaking to everybody, you’ll end up speaking to nobody.”

Jangan buat target market seperti ini:

  • Target market wanita usia 20–50.
  • Ibu rumah tangga, pekerja kantoran, business owner.
  • Cowok dan cewek, semua bisa pakai jasa/produk kami.
  • Lokasi di semua tempat, ingin semua bisnisku jadi seperti Central Park, yang semua orang bisa datang.

Momentum punya mantra: Ketajaman target market-mu, berbanding terbalik dengan budget marketing-mu. Semakin kecil budget marketing-mu, semakin spesifik juga target marketmu.

“Tapi kok target market Tokopedia nggak spesifik?”

Jawabannya: Karena budget marketing-nya juga besar.

Kalau tadi, target market-nya adalah wanita umur 20 sampai 50 tahun dengan budget marketing Rp 20 juta perbulan, terlalu luas, komunikasinya pasti berbeda, nggak bisa pakai gaya komunikasi yang sama. Beda usia pasti beda masalah. Harus bikin lebih sempit, rentangnya sekitar 5 tahun, misal 20 sampai 25, atau 40 sampai 45 tahun.

4 Rahasia dalam menentukan target market

Ada 4 rahasia di Momentum untuk menentukan target market:

  1. Geography
  2. Demography
  3. Psychography
  4. Behavior

Dan dari ke-4 itu, yang paling penting adalah nomor 3, psychography karena menentukan mimpi konsumenmu apa dan apa yang menghalangi mimpi konsumenmu. Jadi, Momentum selalu menyarankan klien untuk mempunyai USP (Unique Selling Proposition) yang menjawab pain point konsumenmu.

Rumus yang biasa Momentum gunakan adalah [Bisnis kamu] bisa membantu [target market] mencapai [impian] mereka tanpa [pain point] dengan cara [USP].

Contoh, klinik saya bisa membantu perempuan usia 30–35 tahun mengatasi anti aging tanpa rasa sakit dan waktu yang cepat dengan program yang dirancang personalized sesuai kondisi kulit mereka.

Tips buat kamu yang ingin membuat bisnismu lebih digitally profitable

  • Buat budget marketing kamu sekitar 20 persen dari omzet bisnismu per bulan, misal omzet kamu Rp 100 juta, budget marketing yang harus kamu alokasikan setiap bulan adalah Rp 20 juta.
  • Buat target market yang spesifik, rentang usia 5 tahun, misal 25 sampai 30 tahun.
  • Cari pain point konsumen kamu, temukan impian mereka, dan tawarkan solusi untuk mereka.
  • Buat USP yang unik dari bisnismu, jangan bicarakan kualitas, nggak unik. Soalnya, ngomongin kualitas itu seperti ngomongin rasa di restoran, semuanya pasti klaim makanan mereka enak.

Raih kesempatan konsultasi gratis senilai Rp 1.000.000 dengan Momentum!

Terbatas untuk business owner Terpilih!

Dalam konsultasi ini, kamu akan mendapatkan:

  • Analisis bisnis yang mendalam untuk memahami kebutuhan bisnismu.
  • Rekomendasi strategi yang tepat untuk meningkatkan brand awareness dan membuat bisnismu kebanjiran leads dan dapat dikonversikan menjadi
  • Solusi inovatif untuk mengatasi berbagai tantangan bisnismu dan membuat bisnismu tampil beda dari market leader dan kompetitor.

Bagaimana cara mendapatkannya?

Syarat & Ketentuan:

  • Konsultasi gratis ini hanya berlaku untuk business owner
  • Konsultasi akan dilakukan secara online melalui Google Meet.
  • Durasi konsultasi 1on1 maksimal 45 menit.

Hubungi kami:

Email: hello@buildmomentum.id

Website: buildmomentum.id

WhatsApp: 6285219577929