Perhelatan tahunan Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2019 telah berakhir pada 23 Juni 2019. Panitia Pelaksana FJGS 2019 menutup seluruh rangkaian kegiatan FJGS 2019 dengan mengadakan pengundian pemenang Shoppercard, Senin (24/6/2019).

Undian berhadiah ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan selama FJGS 2019 yang berlangsung sejak 25 Mei 2019. Tercatat ada 41 mal yang ikut serta dalam program undian berhadiah Shoppercard ini, dengan hadiah utama 3 unit sepeda motor dan voucer belanja senilai total Rp 100.000.000.

Pengundian diadakan di Grand Atrium Mall Kota Kasablanka di hadapan notaris dan para saksi dari Kementerian Sosial, kepolisian, dan Dinas Sosial Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pemenang Shoppercard terdiri atas pemenang voucer belanja Rp 1 juta sebanyak 20 orang, voucer belanja Rp 2 juta sebanyak 15 orang, voucer belanja Rp 5 juta sebanyak 10 orang, dan pemenang Honda Beat untuk 3 orang dengan masing-masing 1 unit.

Ketua Pelaksana FJGS 2019 sekaligus Ketua APPBI DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, “Panitia FJGS 2019 me­lihat pelaksanaan tahun ini ber­ja­­lan dengan sangat baik. Respons dan an­tu­siasme masyarakat terlihat mening­kat. Ter­utama dalam pelaksanaan acara Midnite sale yang dilangsungkan secara simultan dan bersamaan oleh 27 mal di DKI Jakarta. Mal-mal yang mengadakan midnite sale disesaki pengunjung yang memanfaatkan momen promosi dan diskon besar-besaran FJGS 2019 sehubungan dengan pemenuhan kebutuhan Ramadhan, Idul Fitri, dan libur sekolah.”

Ellen juga menyampaikan bahwa optimisme panitia pelaksana juga terjawab dengan tercapainya target penjualan retail yang ditetapkan oleh panitia, yaitu Rp 9,5 triliun. Sebagaimana prediksi panitia, ter­jadi kenaikan kontribusi penjualan kategori makanan (restoran, kafe, dan sejenisnya) hingga hampir 10 persen jika dibandingkan tahun lalu. Sementara un­tuk kategori non-makanan, seperti fashion, elektronik, produk kecantikan, dan gawai, pertumbuhannya cenderung stag­nan atau tidak mengalami perubahan besar.

FJGS tahun ini mengangkat tema “Shopping Spirit” diikuti oleh 82 mal/pusat belanja, 34 gerai Pasar Jaya Jakmart dan Mini DC, 4 hotel, ribuan retailer/toko yang ada di pusat belanja, serta puluhan UKM Binaan Dekranasda DKI Jakarta. Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta yang didapuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi penyelenggara, turut menggandeng 13 asosiasi terkait untuk menyukseskan gelaran FJGS 2019.

Beberapa program unggulan selama FJGS 2019, di antaranya program belanja hingga midnite sale oleh 27 mal dalam dua periode, yaitu di minggu pertama penyelenggaraan FJGS 2019 pada 24-26 Mei 2019; dan minggu kedua periode 30 Mei hingga 1 Juni 2019 diikuti 8 pusat belanja, dan undian berhadiah Shoppercard.

FJGS 2019 juga menggalang kegiatan sosial. Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia DKI Jakarta, panitia FJGS 2019 mengadakan aksi donor darah massal di 36 pusat belanja di Jakarta sepanjang FJGS berlangsung.

 

Foto: dokumen FJGS

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 27 Juni 2019.

Leave a Response