Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki resmi mengangkat Supomo sebagai Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) di Jakarta, Senin (9/3/2020). Pelantikan ini dihadiri pejabat eselon 1 lingkup Kementerian Koperasi dan UKM, para direksi LPDB -KUMKM, dan kepala divisi LPDB-KUMKM.

SUPOMO menggantikan Braman Setyo yang memasuki masa purna-tugas. Pengalaman yang panjang Supomo di bidang modal ventura menjadi salah satu alasan Teten mengangkatnya.
“Saya tahu Pak Supomo punya pengalaman panjang di modal ventura lebih dari 20 tahun. Modal ventura, kan, mengayomi, kuat di pendampingan, maka ketemulah dengannya ini,” ujar Teten.

Teten berharap, dengan peng-gantian dirut ini, karakter LPDB bisa berubah menjadi alternatif pembiayaan selain perbankan dan pinjaman ultra mikro yang ramah, mudah, dan cepat dalam pengembangan koperasi dan UMKM Tanah Air. Dia ingin Supomo proaktif melakukan sistem jemput bola.

“Kalau persyaratan tidak cukup, bimbing sampai mereka bisa men-dapatkan pembiayaan. Kemudian, bimbing untuk pengembangan usaha sehingga pembayarannya tidak macet,” ujarnya.

Siap melanjutkan kinerja apik

Supomo mengatakan, langkah pertamanya adalah membenahi tata kelola internal lembaga. Dia berjanji, LPDB akan semakin ramah dan siap melanjutkan kinerja yang apik seperti yang telah dilakukan di bawah kepemimpinan Braman Setyo. Hal ini dikatakan Supomo di depan pegawai LPDB saat serah terima jabatan di LPDB, Jakarta, Senin (9/3).

“Data 2019 menunjukkan bagai-mana pencapaian LPDB bagus sekali. Keberhasilan ini mari ditingkatkan sampai seterusnya. Saya yakin bisa, tetapi butuh bantuan dari semua pihak, mulai dari direksi, dewan pengawas, dan teman-teman semua. Semoga amanah yang diberikan kepada saya ini bisa diemban dengan baik,” ujarnya.

Supomo menyoroti persoalan non-performing loan (NPL) yang kerap menjadi masalah. Dia memberikan perumpamaan seperti jerawat di wajah. Oleh karena itu, dia mengajak seluruh elemen LPDB untuk membersihkan “jerawat” itu dengan membantu mitra dan saling bekerja sama di internal.

“Ke depan, LPDB akan men-dukung pengembangan SDM inter-nal, terutama yang berhubungan dengan pihak eksternal. Saya yakin kesuksesan 2019 dapat menjadi fondasi LPDB yang baik pada masa depan,” pungkas Supomo.

Leave a Response