Dapat menikmati keindahan alam di negara-negara Skandinavia menjadi impian banyak wisatawan. Negara-negara Skandinavia terdiri atas Denmark, Norwegia, Swedia, Finlandia, dan Eslandia.

Kelima negara ini dapat dikunjungi oleh warga negara Indonesia dengan Visa Schengen. Walau Norwegia dan Eslandia tidak termasuk dalam Uni Eropa, keduanya memiliki perjanjian kerja sama dengan Schengen dan tercatat sebagai anggota EFTA (European Free Trade Association).

Bukan hanya memiliki pemandangan alam yang indah dan menyejukkan, di negara-negara ini terdapat ikon-ikon destinasi wisata yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Seperti patung Little Mermaid di Kopenhagen, Denmark; Vigeland Sculpture Park di Oslo, Norwegia; dan Vasa Ship Museum di Stockholm, Swedia. Selain itu, keindahan negara-negara di Skandinavia dapat dinikmati melalui Floibanen Funicular, panoramic train, dan kapal feri menyusuri fjord yang menakjubkan.

Floibanen Funicular

Floibanen Funicular bisa jadi tak berbeda dengan kereta lainnya, jika jalurnya tak miring. Bayangkan, jalur kereta ini menuju bukit dengan kemiringan hampir 50 derajat. Floibanen merupakan sejenis funicular atau kereta sebesar satu gerbong yang membawa wisatawan naik ke puncak bukit bernama Mont Floyen.

Kereta ini terbagi ke dalam tiga kompartemen dan didesain secara khusus dengan dinding yang hampir seluruhnya terbuat dari kaca. Maksudnya, agar para penumpangnya dapat secara maksimal memandang ke luar untuk menikmati keindahan alam di sekitarnya. Floibanen Funicular merupakan wahana yang menjadi salah satu tempat wisata favorit dan paling sering dikunjungi para wisatawan yang berkunjung ke kota Bergen, Norwegia.

Floibanen secara resmi mulai beroperasi pada 15 Januari 1918. Awalnya, ide pembangunan kereta unik ini dirintis pada 1895 oleh John Lund, salah satu anggota legislatif Norwegia. Pembangunannya dimulai pada 1914 dan baru siap digunakan pada 1918.

Kereta funicular ini akan membawa penumpang ke atas bukit dengan waktu perjalanan sekitar 10 menit. Di atas bukit Mont Floyen, wisatawan dapat menikmati keindahan kota Bergen. Pemandangan yang jelas tampak adalah Bergen secara utuh, mulai dari pesisir lautnya, ketujuh bukit yang mengelilinginya, hingga deretan rumah-rumah unik di bawahnya.

Di sekitarnya, Anda juga dapat menemukan sebuah toko suvenir dan restoran. Menurut pengalaman beberapa wisatawan yang pernah ke tempat ini, toko suvenir di Floibanen sangat direkomendasikan.

“Panoramic train”

Panoramic train yang berada di Skandinavia, salah satu jalur ternamanya menurut keterangan dalam situs web www.visitflam.com, jalur kereta Oslo-Bergen ini dioperasikan untuk pertama kalinya pada 1902. Sementara itu, rute cabang menuju Flam dirintis pada 1923 dan mulai aktif beroperasi pada 1936 untuk memudahkan transportasi menuju Sognefjord, salah satu tujuan wisata fyord paling ternama.

Di atas jalur sepanjang 20 kilometer itulah kereta Flamsbana membawa turis menikmati pemandangan alam khas pedesaan Norwegia. Seperti yang ditawarkan dalam brosur, perjalanan ini benar-benar scenic ride. Para penumpang tak henti-hentinya disuguhi adegan spektakuler yang silih berganti, mulai dari pegunungan dan lembah hijau yang dihiasi ratusan air terjun, jurang bebatuan, danau dan sungai yang mengalir bersih, kawasan pedesaan dengan rumah-rumah kayu berwarna-warni, serta jembatan dan puluhan terowongan yang memukau hati.

Dalam perjalanan dari Myrdal menuju Flam ini, kereta sempat berhenti di sebuah air terjun raksasa bernama Kjosfossen Waterfall. Di sini, para penumpang diberi kesempatan beberapa menit untuk berfoto-foto dan menikmati kesejukan udara di sekitar air terjun.

Kapal feri

Setelah menyusuri keindahan Flam dengan panoramic train, perjalanan biasanya akan dilanjutkan dengan kapal feri untuk menikmati keindahan fjord. Titik awal adalah di Pelabuhan Gudvangen. Rute menyusuri fjord menggunakan feri ini merupakan highlight dari perjalanan wisata di Skandinavia. Wisatawan biasanya akan diajak naik feri menyusuri indahnya fjord atau sungai-sungai lebar yang dibatasi bukit dan tebing-tebing di kanan-kirinya. Sekali lagi, keindahan alam membuat peserta tur dibuat takjub.

Di kapal feri, penumpang seperti tersihir dengan sensasi birunya fjord yang dikombinasi bukit-bukit bersalju dan ratusan air terjun. Melintasi lembah-lembah sungai yang terbentuk dari lelehan gletser di zaman es ribuan tahun lalu itu membuat tubuh seakan merinding karena kagum.

Keindahan fjord beserta tebing-tebing yang membatasinya merupakan obyek foto yang sangat menarik. Meskipun angin dan udara dingin menyergap di luar kabin, banyak peserta tur tak mau melewatkan momen spektakuler ini. Mereka terus berada di dek kapal untuk mengambil foto-foto pemandangan.

Dalam perjalanan tersebut, wisatawan diajak menyusuri dua fjord ternama, yaitu Naeroyfjord dan Aurlandsfjord. Naeroyfjord adalah salah satu bagian dari Sognefjord dengan panjang sekitar 18 kilometer. Sementara, Sognefjord yang dijuluki sebagai “King of the Fjords” memiliki panjang total 204 kilometer. Naeroyfjord telah ditetapkan pada 2005 sebagai World Heritage oleh UNESCO bersama Geirangerfjord.

Tertarik untuk segera berkemas dan berwisata ke Skandinavia? Jangan tunda lagi. Wisata menyesap segala keindahan alam di Skandinavia ini dapat Anda nikmati bersama ATS Vacations. [*/ACH]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 8 Maret 2018

Tags : ATS Vacations

Leave a Response