Kebutuhan masyarakat yang terus meningkat telah mendorong pelaku industri untuk terus berinovasi. Pada industri otomotif, misalnya, produsen tidak hanya dituntut menciptakan kendaraan tangguh, tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan mobilitas kaum urban dan gaya hidup modern.

Kendaraan yang fungsional, andal, dan stylish menjadi syarat mutlak agar dapat diterima masyarakat luas. Mobil yang dikembangkan dengan konsep modern, aktif, dan menyenangkan inilah yang kemudian menjadi alat transportasi yang diidamkan oleh konsumen Indonesia, khususnya masyarakat perkotaan.

Menjawab kebutuhan tersebut, Toyota menghadirkan All New Toyota Sienta. Multi-activity vehicle (MAV) ini cocok untuk menemani konsumen dalam segala aktivitas karena memenuhi syarat-syarat tersebut. Selain memiliki desain modern dan dinamis, serta sesuai kebutuhan masyarakat di Indonesia, mobil bermesin 4 silinder 1.497 cc ini memiliki sederet fitur berteknologi yang mudah diakses sehingga dapat digunakan untuk sendiri maupun bersama keluarga.

Fitur tersebut di antaranya power sliding door yang aman untuk anak-anak, dive-in seat pertama di kelasnya, serta transmisi CVT untuk memberikan tampilan stylish dan kenyamanan berkendara yang lebih baik. Mobil berteknologi DOHC dual VVT-I ini memiliki tenaga andal dan efisien dalam penggunaan bahan bakar, serta ramah lingkungan.

Tak hanya itu, mobil ini lapang dan nyaman meski diisi dengan 7 penumpang. Sementara itu, untuk memberikan ruang yang lebih luas untuk menyimpan barang bawaan, kendaraan ini memiliki fitur dive-in seat. Kenyamanan tak akan terusik meski harus membawa banyak barang, atau parkir di area sempit. Alasannya, dengan power sliding door, pengguna dapat lebih leluasa ketika hendak parkir atau memasukkan/mengeluarkan barang bawaan.

Gaya hidup modern tentu tak lepas dari penampilan. Oleh karena itu, All New Toyota Sienta diciptakan dengan eksterior stylish, ditambah dengan sederet fitur hiburan yang mampu menemani pengemudi dan penumpang selama di perjalanan.

All New Toyota Sienta juga memiliki karakter sesuai kondisi jalan di Indonesia. Ini dapat dilihat dari ground clearance yang memadai, yaitu 25 milimeter lebih tinggi dibandingkan Sienta di Jepang.

Penghargaan

Sejak pertama kali diperkenalkan di IIMS 2016, Sienta telah mendapatkan respons positif dari masyarakat Indonesia. Respons ini ditunjukkan dengan berbagai penghargaan yang diraih, di antaranya “Product of The Year 2016” kategori Industri Otomotif dari MarkPlus Inc pada April 2016.

Penghargaan ini diraih lantaran mobil besutan Toyota dinilai mampu menerobos pasar otomotif nasional dengan konsep kendaraan MAV. Meski termasuk pendatang baru, Sienta berhasil memperkenalkan konsep MAV sebagai segmen terbaru di pasar domestik dan mendapat respons positif  dari berbagai kalangan.

Hal tersebut terlihat dari hasil penjualan positif, pada Juli—Desember 2016, Sienta membukukan total penjualan ritel sebanyak 12.253 unit atau rata-rata lebih dari 2.000 unit per bulannya.

Vice President Director TAM Henry Tanoto merasa bangga dengan penghargaan yang diraih All New Toyota Sienta. “Predikat sebagai Product of The Year 2016 yang diraih All New Sienta ini merupakan sebuah apresiasi atas wujud komitmen kami dalam menghadirkan sebuah produk otomotif untuk  menjawab kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang tidak hanya mampu mendukung mobilitas yang makin berkembang, tetapi juga sekaligus dapat mendukung gaya hidup yang kian dinamis dan beragam seperti sekarang ini.”

All New Toyota Sienta juga meraih dua gelar pada ajang Indonesia Car of The Year (ICOTY) 2016 yang diselenggarakan oleh Majalah Mobilmotor, yaitu Best of The Best Car dan The Best Compact MPV. Pada Autobild Indonesia Award 2016, mobil ini juga meraih gelar The Best Compact MPV.

“Kami bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan yang diraih Sienta sebagai Best of The Best Car pada ICOTY 2016. Penghargaan menunjukkan bahwa Sienta yang hadir dengan konsep baru kendaraan multi activity vehicle (MAV) mampu menerobos pasar otomotif nasional dan mendapatkan respons sangat positif dari pelanggan,” ujar Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto.

Fransiscus menambahkan, pencapaian ini semakin menunjukkan bahwa Toyota tidak semata-mata menghadirkan kendaraan yang mampu mendukung mobilitas masyarakat, tetapi  dapat pula memenuhi kebutuhan aktivitas dan gaya hidup mereka sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi terkini.

All New Toyota Sienta juga berhasil menyita perhatian penggemar otomotif nasional sehingga mendapat penghargaan Best Buy Car pada ajang IIMS 2016 karena berhasil meraih pesanan tertinggi sepanjang pameran. Di Makassar, Sulawesi Selatan, Sienta mendapat predikat Most Favourite Car oleh pengunjung GIIAS 2016.

“Sejalan dengan semangat ‘Let’s Go Beyond’, Toyota senantiasa berupaya menghadirkan produk-produk yang bisa memberikan total benefit lebih tinggi kepada pelanggan dengan mengaplikasikan aspek beyond product, beyond technology, dan beyond service secara utuh. Kami berharap, pelanggan mendapatkan lebih dari yang diharapkan dari kendaraan Toyota-nya,” pungkas Henry. [IKLAN/*/BYU]