Selasa (14/1/2020), Sekolah Madania menggelar career day yang berlangsung pukul 07.30-15.15. Madania Career Day merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di Sekolah Madania, Bogor.

Kegiatan yang tahun ini mengangkat tema “Find Your Passion to Unlock the Future” bertujuan untuk memperkenalkan dunia kerja atau profesi agar para murid memperoleh informasi dan referensi mengenai karier di lingkungannya. Selain itu, untuk menumbuhkan semangat dan motivasi dalam diri para murid untuk menggali, mengidentifikasi bakat, dan passion mereka.

Foto-foto: dok. Sekolah Madania.

Salah satu keputusan besar yang harus dilalui para murid adalah menentukan perguruan tinggi dan pilihan-pilihan karier untuk masa depannya. Namun, tidak selalu memilih jurusan di perguruan tinggi dan kesempatan karier itu merupakan hal yang mudah. Hal ini terjadi seringkali karena murid itu sendiri belum yakin dengan kemampuan, talenta, dan karakter pribadi apa yang dimilikinya untuk modal dalam memilih jurusan di perguruan tinggi. Atau, dikarenakan kurangnya informasi yang diperoleh murid tentang jenis profesi yang dapat ditempuh dari jurusan atau peminatan yang dipilih.

Career day ini terdiri atas beberapa kegiatan mulai dari workshop tentang TOEFL Prediction Test, event organizer, Bincang Karier (career talk) yang diisi oleh para alumni dari berbagai bidang profesi, dan sebagai puncak acara adalah stadium general dengan narasumber Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Indonesia H Soetrisno Bachir.

Dalam sesi bincang karier, Bima Arya berpesan kepada siswa agar selalu aktif berorganisasi, mulai dari ekstrakurikuler hingga OSIS, sebab mengikuti organisasi dapat melatih untuk berkomunikasi dengan baik, menyelesaikan masalah, dan bersosialisasi. Sementara Soetrisno Bachir menyampaikan agar kita menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. Soetrisno menekankan pada pentingnya pendidikan karakter sejak dini untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

Dengan diadakannya Madania Career Day 2020 ini, diharapkan menambah wawasan para murid tentang dunia perkuliahan dan profesi yang akan digeluti kelak. [*]

Leave a Response