Lexus dengan konsisten meredefinisi pandangan umum akan mobil mewah dengan menawarkan teknologi dan pengalaman baru untuk pelanggan. Melalui komitmen Making Luxury Personal, Lexus terus berusaha melampaui ekspektasi melalui pilihan mobilitas yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang semakin beragam dan demi memenuhi pengalaman luxury lifestyle yang personal. Lexus juga terus melanjutkan realisasi visi Lexus Electrified, melalui kendaraan elektrifikasi terlengkap untuk masyarakat Indonesia.

Lexus menargetkan untuk bertransisi menjadi luxury lifestyle brand yang hanya menghadirkan Battery Electric Vehicle (BEV) di tahun 2035.

Target tersebut direalisasikan secara bertahap melalui kehadiran beragam kendaraan elektrifikasi yaitu Hybrid Electric Vehicle (BEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV). Hingga akhir 2023, model kendaraan Lexus di Indonesia telah mencapai lebih dari 90 persen.

Melalui pencapaian tersebut berarti Lexus telah menghadirkan kendaraan elektrifikasi di hampir seluruh segmen sekaligus yang terlengkap di industri otomotif luxury Indonesia. Menjadikan Lexus selangkah lebih dekat untuk mewujudkan carbon-neutral society.

Sepanjang 2023, Lexus Indonesia telah menghadirkan 3 model elektrifikasi baru yang diawali dengan peluncuran generasi terbaru The All New Lexus RX yang memiliki pilihan powertrain terlengkap di bulan Februari. Dilanjutkan dengan peluncuran first dedicated BEV model pertama Lexus, yaitu The All New Lexus RZ 450e di bulan Juni, serta RX 500h yang merupakan The First-ever Hybrid Electric Performance di saat yang sama.

Terakhir, pada Oktober lalu, Lexus secara resmi menghadirkan The First-ever Hybrid Electric Luxury Mover, The All New Lexus LM yang memiliki ultimate comfort serta convenience dan kemewahan paripurna layaknya sebuah first-class.

Bebas emisi karbon

General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma mengatakan, Lexus Indonesia terus memopulerkan kendaraan dengan beragam teknologi elektrifikasi di Indonesia demi mewujudkan lingkungan yang bebas emisi karbon.

“Kami berterima kasih khususnya pada masyakarat Indonesia yang telah memberikan respons positif terhadap kendaraan elektrifikasi Lexus. Sehingga berkontribusi pada peningkatan total penjualan kendaraan elektrifikasi Lexus sebesar lebih dari 130 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu,” ujar Bansar.

Dengan semangat visi Lexus Electrified dan komitmen Making Luxury Personal, lanjut Bansar, ke depannya Lexus akan terus menghadirkan kendaraan elektrifikasi yang semakin bervariasi dan semakin personal untuk pelanggan Indonesia.

Bansar juga mengungkapkan, Lexus Indonesia berhasil mencatatkan total penjualan sebesar lebih dari 2 ribu unit dengan market share sebesar lebih dari 20 persen di periode Januari – November 2023. Ini merupakan pencapaian tertinggi sekaligus pertama kali dalam sejarah Lexus sejak hadir di Indonesia pada tahun 2007.

Sejalan dengan visi Lexus Electrified, komposisi penjualannya pun didominasi oleh kendaraan elektrifikasi sebesar 74 persen, yang merupakan terbesar di industri otomotif premium.

Lexus Kembali Hadirkan Lexus Electrified – Aethereum
DOK. LEXUS

“Privilage” eksklusif

Upaya ekspansi Lexus untuk memopulerkan elektrifikasi tidak sebatas menghadirkan kendaraan elektrifikasi yang lengkap. Lexus Indonesia juga telah menyediakan berbagai layanan dan privilege eksklusif untuk pelanggan elektrifikasi Lexus dan Lexus Enthusiast.

Layanan tersebut di antaranya seperti penambahan Lexus Exclusive Parking Privilege dan Charging Station di PIK Avenue pada April lalu. Lexus juga meningkatkan kenyamanan dalam memiliki sebuah kendaraan elektrifikasi melalui ekstensi hybrid battery warranty menjadi 8 tahun. Serta diadakannya berbagai luxury lifestyle experience yang bertemakan elektrifikasi seperti Lexus Feast di bulan November.

Pada Desember ini, Lexus juga menyuguhkan privilege terbarunya, yaitu Lexus Aero Concierge yang merupakan pelayanan eksklusif di bandara khusus bagi pelanggan BEV Lexus.

Tak hanya itu, pada 2023 ini, Lexus juga menghadirkan platform digital untuk memberikan edukasi elektrifikasi melalui Lexus Virtual Electrified Experience yang dinamakan Aethereum, yang dapat diakses pada tautan ini.

Tidak lama kemudian, Lexus mentransformasikan Virtual Electrified Experience tersebut menjadi sebuah ekshibisi offline melalui Lexus Electrified: Aethereum yang untuk pertama kalinya diadakan di Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Juni – Juli lalu. Kemudian pada bulan November, Lexus kembali menghadirkan Lexus Electrified: Aethereum untuk kedua kalinya di Senayan City Mall, Jakarta Selatan, dengan konsep berbeda dengan yang sebelumnya.

Lexus Kembali Hadirkan Lexus Electrified – Aethereum
DOK. LEXUS

“Lexus Electrified: Aethereum 2.0”

Lexus Electrified: Aethereum merupakan salah satu milestone Lexus Indonesia yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat luas terkait teknologi elektrifikasi Lexus dengan cara yang interaktif dan menyenangkan, sekaligus dapat merasakan pelayanan Omotenashi khas Lexus.

Sebelumnya, Aethereum 1.0 memiliki konsep pop-up booth yang berlokasi di Atrium Plaza, Mall Kelapa Gading 5. Dilengkapi dengan Electrified Interactive Edu-zone agar pengunjung dapat mengetahui jenis dan rekomendasi kendaraan elektrifikasi yang sesuai dengan lifestyle pengunjung, hingga sejarah dan milestone teknologi elektrifikasi Lexus, serta privilege dan service dari Indonesia. Lexus juga menghadirkan sebuah lounge eksklusif, serta 2 unit display The All New Lexus RZ.

Kini, Lexus kembali melanjutkan popularitas elektrifikasi dengan mengadakan Lexus Electrified Aethereum 2.0 yang resmi dibuka pada 25 November 2023 lalu dan akan melayani para luxury automotive enthusiasts hingga akhir Februari 2024.

Berlokasi di area strategis, tepatnya di Ground Floor – Senayan City, Jakarta, Lexus menghadirkan konsep berbeda dari Aethereum sebelumnya, yaitu dengan konsep luxury store. Dengan konsep ini, Lexus menghadirkan ekshibisi elektrifikasi melalui sebuah luxury store dalam periode tertentu.

Selain itu, Lexus juga menampilkan beberapa crafted art pieces seperti Lexus BEV Sport Acrylic Art Installation dan LF-Z Electrified Concept Wire Mesh Art Installation yang dibuat secara eksklusif oleh artisan lokal Indonesia. Juga terdapat koleksi terbaru dari Official Merchandise Lexus, yaitu Lexus Collection, yang dapat dibeli langsung oleh pengunjung di Aethereum ini.

Untuk unit display yang ditampilkan juga lebih bervariasi, yang terdiri dari 3 unit display kendaraan elektrifikasi Lexus seperti Lexus RZ 450e , ES 300h, dan NX 350h.

Bansar kembali menegaskan, sebagai luxury lifestyle brand, Lexus tidak hanya fokus menghadirkan kendaraan elektrifikasi mewah yang lebih lengkap dan personal, tetapi juga senantiasa berinovasi untuk terus menyediakan berbagai layanan dan privilege eksklusif bagi pelanggan.

“Pameran dan ekshibisi seperti Lexus Electrified: Aethereum ini menunjukkan konsistensi dan komitmen Lexus untuk memopulerkan teknologi elektrifikasi di Indonesia. Dan tentunya kami juga akan memperluas ekspansi popularitas teknologi elektrifikasi Lexus melalui berbagai privilege dan experiental event yang amazing,” pungkas Bansar. [*]

Baca juga: Pertegas Visi Elektrifikasi Lexus melalui The First Ever Hybrid Luxury Mover di GIIAS 2023