Mobil dengan harga relatif terjangkau dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) masih menjadi segmen kendaraan roda empat yang tetap diminati, di tengah tantangan industri otomotif nasional yang dinamis. Produsen LCGC pun terus berinovasi menciptakan produk-produk baru yang siap menjawab kebutuhan konsumen yang juga semakin beragam.

Dengan segala kelebihannya, LCGC diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan otomotif Tanah Air. Bagi masyarakat, kendaraan jenis ini layak dimiliki karena selain harganya yang relatif terjangkau juga terbilang hemat perawatan. Mobil irit bahan bakar dan ramah lingkungan ini juga mudah untuk dimodifikasi sesuai selera sang pemilik.

Dengan dimensi yang relatif kompak, kendaraan yang kini hadir dengan beragam merek dan varian ini juga layak dipilih untuk mendampingi aktivitas keluarga muda, baik menuju ke kantor, berbelanja, maupun wisata bersama keluarga, dan kegiatan lain dengan mobilitas tinggi. Terkait fitur, konsumen juga dimanjakan dengan sederet fitur yang tak kalah modern jika dibandingkan dengan mobil-mobil baru pada umumnya.

Tak berlebihan, di tengah kondisi industri otomotif yang cukup menantang, LCGC masih menjadi salah satu andalan untuk kembali mendongkrak jumlah penjualan mobil di Indonesia.

Kontribusi LCGC meningkat

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan ritel pasar otomotif nasional secara year to date (YTD) hingga Agustus 2019 mencapai sekitar 675 ribu unit atau turun 11 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara pada segmen LCGC, hingga YTD Agustus 2019, mencapai 143.632 unit, atau menurun 4 persen dibandingkan tahun lalu. Namun, kontribusi di segmen LCGC meningkat dari 19,7 persen pada 2018, menjadi 21,3 persen pada 2019.

EC Design Engineering PT Astra Daihatsu Motor Soni Satriya sedang menjelaskan New Astra Daihatsu Sigra di tengah peluncuran LCGC tersebut di Tangerang, Banten, pada Senin (16/9/2019).

Daihatsu, salah satu pemain besar pada industri kendaraan bermotor di Indonesia dan dunia tentu memiliki peran besar terhadap pertumbuhan otomotif nasional. Penjualan LCGC Daihatsu meningkat sebesar 6 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dari total volume 47.622 unit menjadi 49.093 unit, atau kenaikan kontribusi dari 37 persen menjadi 43 persen.

Salah satu produk LCGC andalan Daihatsu, yakni Daihatsu Sigra ikut memberi andil besar terhadap peningkatan penjualan kendaraan. Setelah 3 tahun sejak peluncurannya, mobil dengan kapasitas 7 penumpang ini telah menjadi salah satu pemain utama di segmen LCGC MPV di Indonesia. Daihatsu Sigra mengalami peningkatan kontribusi dari 25 persen menjadi 29 persen dari total volume 33.718 unit dibanding tahun lalu yang mencapai 31.813 unit. [*/ADV]

Daihatsu Luncurkan New Astra Daihatsu Sigra yang Kaya Fitur

Daihatsu merupakan salah satu produsen kendaraan roda empat yang selalu berupaya memberikan yang terbaik kepada pelanggan. Sederet produk diciptakan untuk mengiringi beragam aktivitas masyarakat, di antaranya melalui New Astra Daihatsu Sigra yang kaya akan fitur.

Berdasarkan survei, pelanggan Astra Daihatsu Sigra menginginkan desain yang fresh, fitur lebih praktis dan fungsional, serta biaya kepemilikan (ownership) yang terjangkau. Menjawab kebutuhan tersebut, Daihatsu meluncurkan New Astra Daihatsu Sigra pada Senin (16/9/2019) di Tangerang, Banten.

Peluncuran New Astra Daihatsu Sigra oleh Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Tetsuo Miura dan Chief Executive PT Astra International Daihatsu Sales Operation Supranoto di Tangerang, Banten, pada Senin (16/9/2019).

New Sigra tampil lebih stylish dan modern dengan grille, bumper, rear garnish yang baru, dan lampu depan yang telah menggunakan LED. New Sigra juga dilengkapi polished alloy wheel desain baru 14 inci yang tampil dinamis dengan mud guard pada keempat rodanya.

Pada sisi interior, suasana kabin New Sigra tampil berbeda dengan sentuhan nuansa warna 2-tone colors dark & light grey, memberikan kesan lebih mewah. Pada bagian center cluster, knob AC tampil lebih kekinian, dan memudahkan pengguna dalam mengatur suhu kabin mobil.

Pada sisi hiburan, pelanggan semakin dimanjakan dengan hadirnya 2-DIN touchscreen audio. Kendaraan berkapasitas 7 penumpang ini juga dilengkapi dengan electric retractable mirror pada beberapa varian sehingga semakin memudahkan saat melintasi jalan sempit, atau ketika parkir di lahan terbatas.

Dengan new 2 tone color (dark & light grey), dasbor tampil lebih mewah dengan sentuhan warna baru yang lebih modern.

Sisi keamanan juga mendapat penyegaran. New Sigra dibekali dengan rear parking camera di beberapa varian untuk membantu visibilitas pengguna, agar pengguna merasa lebih aman dan nyaman saat bermanuver mundur. New Sigra tersedia dalam 7 pilihan warna, dengan 3 pilihan warna terbaru, yaitu glittering silver metallic, bronze metallic, dan orange metallic.

Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Tetsuo Miura meyakini, LCGC baru ini mampu menjawab kebutuhan konsumen akan kendaraan idaman yang dapat mengiringi segala aktivitas keluarga.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap produk Daihatsu. Kami percaya, masyarakat Indonesia akan tetap mencintai dan menerima Astra Daihatsu Sigra sebagai Sahabat Impian Keluarga. Dengan Astra Daihatsu Sigra, pelanggan dapat mewujudkan impian mereka untuk memiliki mobil idaman bagi keluarga. Astra Daihatsu Sigra, #ImpianKeluargaJadiNyata.” [*/ADV]

Leave a Response