PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) terus mengembangkan inovasi layanan perbankan digital seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap aplikasi keuangan berbasis teknologi informasi di era Bank 4.0.
Melalui platform aplikasi M2U, Maybank melakukan inovasi berkelanjutan dalam penyediaan layanan perbankan digital sejalan dengan visi “Humanising Financial Services”.
Transformasi digital Maybank Indonesia pun terus membuahkan hasil yang positif. Maybank Indonesia mencatat peningkatan transaksi melalui platform M2U sebesar 16,1 persen pada kuartal pertama 2023 menjadi sekitar 4,8 juta transaksi dari 4,1 juta lebih transaksi tahun lalu. Nilai transaksi juga tumbuh 22,1 persen menjadi Rp 26,77 triliun dari Rp 21,93 triliun tahun lalu.
Pertumbuhan jumlah nasabah yang menggunakan M2U juga naik secara signifikan, yakni sebesar 33 persen, menjadi lebih dari satu juta nasabah dan sebesar 56 persen dari total nasabah CFS Bank merupakan nasabah yang sudah menggunakan platform digital tersebut. Pertumbuhan transaksi dan akuisisi nasabah yang signifikan melalui M2U telah berkontribusi pada peningkatan digital retail funding bank sebesar 23,1 persen menjadi Rp 6,39 triliun.
Pada kuartal pertama 2023, Maybank Indonesia juga memperkenalkan fitur investasi daring untuk mendukung nasabah dalam melakukan pembelian obligasi pemerintah melalui aplikasi M2U. Fitur ini melengkapi solusi Digital Wealth yang telah disediakan pada aplikasi M2U, yakni Fitur 360 Digital Wealth yang dapat membantu nasabah untuk melakukan transaksi reksadana, mengakses portofolio investasinya secara menyeluruh, melakukan perencanaan investasi terarah dan pencatatan pengeluaran, serta aktivitas finansial lainnya.
Excellence in Mobile Banking
Atas inovasi layanan perbankan digital yang dilakukan, pada kuartal pertama tahun ini Maybank Indonesia mendapatkan pengakuan internasional yakni penghargaan untuk kategori “Excellence in Mobile Banking” dalam ajang Asia Trailblazer Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Retail Banker International.
Maybank Indonesia dinilai telah membuktikan komitmennya untuk menyediakan solusi digital yang inovatif dan memudahkan nasabah serta meningkatkan pengalaman transaksi perbankan menjadi lebih baik lagi. Penghargaan ini diberikan kepada Maybank Indonesia setelah bersaing dengan perusahaan perbankan ritel dan perusahaan consumer finance dari 25 negara di Asia.
“Penghargaan ini merupakan pengakuan dari lembaga independen bahwa M2U dapat bersaing dengan platform perbankan digital lainnya di tingkat Asia,” ujar Chief Strategy Transformation & Digital Office Maybank Indonesia Charles Budiman.
Menurut Charles, keberhasilan ini telah menempatkan platform M2U sebagai aplikasi pilihan utama di industri perbankan digital. Selain itu, penghargaan tersebut juga semakin memotivasi bank untuk terus melanjutkan pengembangan segmen retail melalui aplikasi M2U.
Charles mengungkapkan ke depannya Maybank Indonesia akan terus melengkapi M2U sebagai one stop solution dengan kapabilitas yang makin lengkap, seperti fitur-fitur transaksi berbasis QR dan digital lending, untuk memberikan kenyaman dan memudahkan nasabah dalam bertransaksi keuangan yang sejalan dengan penerapan strategi M25+, tercakup di antaranya adalah transformasi untuk mengakselerasi kapabilitas digital.