Pada Sabtu (6/1/2024), IHC RSPP merayakan ulang tahun yang ke-52. Usia yang cukup dewasa dan matang dalam memberikan pelayanan kesehatan, Karena itu tak heran, jika dokter-dokter RSPP memiliki pengalaman panjang dalam memberikan pengobatan.
RSPP melayani masyarakat umum, Pertamina dan anak perusahaannya, BUMN, asuransi, jaminan perusahaan, dan tentunya BPJS. Ada beberapa pelayanan yang sedang diajukan untuk dapat bekerja sama dengan BPJS, yaitu radioterapi, kemoterapi, radionuklir, kateterisasi jantung, dan endoskopi.
Tidak banyak  rumah sakit yang menyediakan layanan kanker dengan menggunakan BPJS Kesehatan. Pada 1 Januari 2024, untuk layanan radioterapi sudah disetujui oleh BPJS. Lewat sinergi ini, diharapkan semakin banyak pasien kanker yang bisa ditangani karena pengobatannya bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, sehingga tidak perlu khawatir tentang biaya pengobatannya. Untuk layanan lainnya masih dalam proses pengajuan ke pihak BPJS dan mudah-mudahan dapat direalisasikan pada trimester pertama 2024.
RSPP dilengkapi dengan peralatan yang cukup canggih, antara lain magnetic resonance imaging (MRI), multislice computerized tomography (MSCT), cath lab (kateterisasi jantung), kedokteran nuklir, radioterapi, robotik untuk prostat, serta didukung 179 dokter umum, dokter gigi, spesialis, spesialis gigi, dan subspesialis.
Dokter subspesialis yang dimiliki RSPP antara lain reumatologi, endokrin, ginjal hipertensi, gastro entero hepatologi, geriatri, bedah digestif, bedah onkologi, obgyn onkologi, hematologi onkologi, neuro onkologi, pulmo onkologi, onkologi radioterapi, ortopedi ahli spine, ortopedi ahli hip dan knee, vitreo retina, konsultan jantung intervensi, dan konsultan jantung aritmia.
RSPP menjadi salah satu anggota Mayo Clinic Care Network (MCCN) sejak 2023, menjadi yang pertama di Indonesia. RSPP dapat mengakses berbagai pengetahuan dan keahlian dari tim Mayo Clinic, termasuk diskusi mengenai pengobatan kanker dan pengobatan layanan dan penyakit lainnya. Hal itu menjadi keuntungan bagi setiap tenaga medis di RSPP untuk meningkatkan kemampuan pada skala internasional.
“Tim Medis RSPP dapat melakukan telekonferensi secara langsung dengan para ahli kesehatan di Mayo Clinic dan tentunya edukasi medis,” kata Direktur IHC RSPP Neny Herawati, Rabu (10/1). Saat ini RSPP memiliki 2 Centre Of Excellence (COE), yaitu Cancer Center dan Cardioneuroendovascular.
Salah satu contoh hasil diskusi dan bimbingan dengan tim Mayo, RSPP mengembangkan one day care (ODC) chemoterapi dan klinik gagal jantung. Ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan mutu dan layanan di RSPP.
Neny memaparkan beberapa layanan kesehatan lain yang termasuk unggulan di RSPP di luar layanan kanker dan kardioendoneurovaskular. Ada 8 layanan unggulan RSPP.
- MCU one stop service
- Klinik vaksin tersertifikasi International Certificate Vaccination (ICV)
- Poliklinik eksekutif termasuk poli gigi eksekutif
- Beauty and wellness center (meliputi pusat estetika yang ditangani dokter spesialis kulit dan bedah plastik yang dipadukan dengan cutting-edge technology; serta layanan wellness, yaitu program kesehatan dan penurunan berat badan dengan kolaborasi antara dokter spesialis gizi, akupuntur, dan hipnoterapi).
- Klinik kesehatan mental kolaborasi dokter spesialis kedokteran jiwa dengan psikolog.
- Home care yang saat ini banyak dikenal oleh banyak masyarakat, terutama saat pandemi. Layanan home care ini banyak dimanfaatkan berbagai lapisan masyarakat.
- Unit luka bakar
- On progress klinik infertilitas dan klinik memori
RSPP juga merangkul beragam komunitas kesehatan dari warga sekitar, khususnya Jakarta Selatan dan para dokter di luar RSPP, seperti komunitas kanker dan komunitas diabetes. Kolaborasi itu termasuk edukasi kesehatan sebagai langkah preventif.
“Kami juga berkolaborasi dengan beberapa bank untuk kemudahan pembayaran, seperti cicilan. Kemudahan itu diharapkan dapat meringankan beban pasien, karena tidak harus membayar tagihan dalam jumlah besar sekaligus,” lanjut Neny.
Untuk mendukung semua upaya tersebut, RSPP melakukan sejumlah renovasi gedung, terutama pada kamar rawat inap agar pasien merasa lebih nyaman dan lebih kekinian. “Saat ini kami melakuan renovasi besar-besaran Gedung A (layanan poli kardiologi, fisioterapi, bedah) dan Gedung B (pendaftaran, farmasi, poli paru, ODC kemoterapi, obsgyn, anak, THT, dan psikiatri). Bertahap kami akan renovasi untuk Gedung B dan Gedung F di lantai 2 yang akan digunakan untuk OK, ICU, ICCU, burn unit, cath lab, CSSD, lantai 5, 6, 7 (kamar rawat inap klas 1, VIP, hingga president suites),” ujarnya.
Sistem layanan administrasi pendaftaran pasien juga dirancang bersistem digital mulai dari hulu hingga hilir. Hal ini demi memudahkan pasien yang akan berobat di RSPP.
“Pasien tak perlu datang ke rumah sakit untuk mendaftar berobat, cukup gunakan WA dari ponsel. Nanti sistem yang akan merespons dari pendaftaran, pembayaran, hingga hadir bertemu dokter. Semudah itu. Atau jika ingin menelepon, bisa kontak call center RSPP di 150442 yang standby 24 jam,” tuturnya.
Sebagai bukti perubahan serta pengabdian kepada masyarakat, RSPP akan menggelar pameran di Mal Kasablanka, Jakarta, pada 4-10 Maret 2024. Kegiatan ini juga diisi dengan seminar dan konsultasi kesehatan gratis.
“Selama 7 hari, pengunjung bisa konsultasi kesehatan secara gratis di area pameran. Setiap hari akan ada dua dokter yang terbagi dalam 2 shift, mengikuti jam buka mal yaitu pukul 10.00 hingga 22.00. Kami targetkan sekitar 1.000 orang bisa mendapatkan konsultasi gratis ini,” jelas Neny.
Kesempatan itu juga akan dimanfaatkan RSPP untuk meraih gelar Museum Rekor Indonesia (MURI) yang menghadirkan 52 dokter spesialis dan membuka konsultasi kesehatan secara serentak di mal. “Layanan yang diberikan di mal hanya konsultasi kesehatan gratis, ya. Bukan pengobatan gratis. Jika memerlukan pengobatan lebih lanjut akan dirujuk ke RSPP,” tuturnya.