Properti memang masih jadi opsi unggulan dalam berinvestasi. Namun, salah memilih kawasan membuat investasi tersendat atau malah membuat dana menguap. Oleh karena itu, pilihlah kawasan yang terus berkembang. Salah satunya, Cikarang.

Cikarang semakin memperkuat posisi sebagai salah satu lokasi terbaik investasi. Pasalnya, kawasan tersebut sekarang menjadi bagian dari koridor timur Jakarta, yang disiapkan untuk pengembangan kawasan industri dan properti. Mudah dipahami kalau beberapa proyek perumahan dikembangkan, yang tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga kualitas berhuni yang optimal.

Itulah yang dilakukan Jababeka Residence, anak usaha PT Jababeka Tbk, yang mengelola dan mengembangkan kawasan kota mandiri Kota Jababeka di Cikarang. Dengan luas total 5.600 hektar, Kota Jababeka berkembang pesat. Sejak 1989, Jababeka Residence membangun kawasan residensial dan komersial di Kota Jababeka dengan fasilitas lengkap dan menyasar kelas menengah atas.

Pengembangan

Presiden Direktur PT Graha Buana Cikarang (pengembang Jababeka Residence) Sutedja Sidarta Darmono menerangkan, kawasan Cikarang kini terus berbenah sehingga memiliki pertumbuhan properti signifikan.

“Hal itu dapat dilihat dari pengembangan fasilitas komersial dan ritel dalam kawasan Jababeka. Selain itu, pembangunan infrastruktur menuju Cikarang dan di sekitar Jababeka semakin lengkap, seperti LRT, MRT, jalan tol layang dan kereta cepat, kereta listrik ringan yang telah beroperasi serta rencana pembangunan MRT pada tahun 2019,” ujar Sutedja.

Wujud komitmen Jababeka Residence dalam melengkapi fasilitas dibuktikan dengan pembangunan lifestyle center Hollywood Junction, Jababeka Golf & Country Club, convention center, gedung olahraga, sekolah dan universitas, rumah sakit, yang secara keseluruhan akan terkoneksi dengan fasilitas transportasi seperti commuter line, feeder bus, dan 3 akses tol (Kilometer 29 yang belum beroperasi, Kilometer 31 Cikarang Barat, dan Kilometer 34,7 Cibatu) untuk mendukung mobilitas menuju Kota Jababeka.

Hal lain yang dilakukan Jababeka Residence adalah dengan kembali meluncurkan produk properti unggulan, Kawana Golf Residence. Ini adalah kawasan residensial berkonsep desain Jepang modern yang terletak di dalam kawasan Jababeka Golf City.

Mengusung konsep golf resort yang eksklusif dan elegan, Kawana Golf Residence akan menjadi hunian ideal pertama di Indonesia yang dipasarkan bagi ekspatriat Jepang di kawasan Cikarang. Hal tersebut lantaran hunian tersebut memiliki kelebihan yang tidak dimiliki service apartment lain, yaitu lokasi berdekatan dengan Jababeka Golf & Country Club, yang 90 persen anggotanya merupakan kaum ekspatriat Jepang dan Korea Selatan.

Ilustrasi dokumen Jababeka

General Manager Corporate Marketing Jababeka Residence Handoyo Lim menjelaskan, “Alasannya kami menyasar ekspatriat Jepang sebagai penyewa utama Kawana Golf Residence karena saat ini ada sekitar 10 ribu ekspatriat yang terdaftar dan bekerja di Kota Jababeka. Dari jumlah tersebut, sekitar 7 ribu orang merupakan pekerja yang berasal dari negara Jepang.”

Handoyo menambahkan, Kawana Golf Residence juga menjadi proyek pertama service apartment. “Sebelumnya telah di-launching kawasan rumah mewah yakni Golf Residence dan townhouse Veranda yang terletak di kawasan Jababeka Golf City,” tukas Handoyo.

Digarap penuh perencanaan, Jababeka Residence menggandeng mitra developer dari Jepang, Creed Group, pengembang properti dan investor real estate ternama.

Peran Creed Group sebagai mitra meliputi pengembangan desain eksterior dan interior, quality control pembangunan, dan manajemen gedung. Jababeka Residence dan Creed Group berkolaborasi dalam mencari ekspatriat Jepang untuk menjadi penyewa unit apartemen.

Nilai tambah

Setiap pembelian unit apartemen juga mendapatkan bonus Term Membership Golf yang dapat digunakan investor maupun calon penyewa Kawana Golf Residence untuk menikmati permainan golf setiap saat. Tentu saja akan mampu memberikan nilai jual berdaya saing tinggi.

Kawana Golf Residence mengusung kearifan budaya Jepang dan konsep golf resort, terdiri atas 1 tower dengan 21 lantai dan memiliki 234 unit. Lokasinya tak kalah elok karena dikelilingi Jababeka Golf & Country Club yang memiliki 18 hole dan didesain oleh juara dunia golf Nick Faldo.

Istimewanya lagi, sebagai service apartement, tentu saja fasilitas lengkap menjadi keunggulannya. Adapun fasilitasnya antara lain, ofuro (pemandian air hangat khas Jepang), infinity pool, kids pool, restoran, lounge, convenience store, club house, smoking lobby, sauna, area parkir, serta fasilitas akses langsung ke lapangan golf Jababeka.

Dari segi lokasi, proyek apartemen golf itu sangat prospektif karena berjarak dekat dari fasilitas bisnis dan komersial seperti superblok Plaza Indonesia Jababeka yang pembangunan tahap I ditargetkan selesai pada 2019. Kawana Golf Residence juga berdekatan dengan kawasan residensial dan komersial Little Tokyo di Kota Jababeka yang dikembangkan joint venture PT PP Properti – Jababeka.

“Investor unit Kawana Golf Residence akan mendapat bonus free membership Jababeka Golf & Country Club selama 2 tahun per unitnya. Unit Kawana Golf Residence sendiri sudah fully furnished dan memiliki finishing interior mewah untuk melengkapi gaya hidup eksklusif di Jababeka Residence,” tambah Handoyo.

Sutedja juga menaruh harapan, kelak Kawana Golf Residence dapat memenuhi kebutuhan fasilitas residensial bagi orang asing di Jababeka dan Cikarang.

”Tak hanya itu. Kehadiran produk ini mampu memosisikan Jababeka Residence sebagai kawasan perumahan menengah atas. Gencarnya pengembangan residensial dan komersial yang dilakukan kami, tentu menjadi kesempatan emas bagi para investor maupun end user yang ingin berinvestasi di Kota Jababeka. Terlebih, Kota Jababeka menawarkan capital gain dan rental yield hingga 12 persen per tahunnya,” terang Sutedja.

Diluncurkan bulan ini, Kawana Golf Apartment akan diserahterimakan dalam tempo 3 tahun. Tidak ketinggalan, jika merasakan lebih dekat suasana Jepang, Kota Jabababeka mengadakan festival Momiji Matsuri 2017 bertema “Let’s Raise Jababeka with Sport” pada 21–22 Oktober 2017 di Jababeka Convention Center.

Berbarengan dengan festival itu, akan ada workshop sepak bola oleh Soltilo Familia Soccer School asal Jepang yang diselenggarakan 2 hari pada 21–22 Oktober 2017 di Jababeka Convention Center. Soltilo Familia Soccer School mengadakan sesi latihan sepak bola gratis untuk anak usia 4–12 tahun, dengan kapasitas 60 peserta pada hari pertama dan 80 peserta pada hari kedua. [IKLAN/AJG]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 17 Oktober 2017

Kompas Adv
Advertising division of Kompas Daily Newspaper, the largest national newspaper in Indonesia. All content are published in printed newspaper.

Leave a Response