Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengerahkan Badan Intelijen Negara (BIN) melakukan vaksinasi Covid-19 dari rumah ke rumah warga (door to door). Vaksinasi dilakukan di 14 provinsi episentrum Covid-19.

Menurut Jokowi, vaksinasi warga secara door to door merupakan program yang bagus. Dia lantas mengapresiasi BIN.

“Bagus door to door bagus, artinya kita mendatangi dari rumah ke rumah yang ingin vaksin segera disuntik. Saya kira program dari rumah ke rumah ini bagus sekali,” ujar Jokowi,┬áRabu (14/7/2021).

Kepala BIN Jenderal Purnawirawan Budi Gunawan menyebut, vaksin dengan metode seperti ini mampu meningkatkan partisipasi masyarakat. Terlebih, saat ini, masa pandemi ketika kebanyakan orang khawatir terpapar Covid-19 saat keluar rumah.

“Metode vaksinasi door to door yang kami gunakan mengadopsi vaksinasi door to door yang dilakukan beberapa negara yang telah mampu meningkatkan partisipasi menjangkau keluarga yang belum mempunyai akses dan yang takut keluar rumah untuk menghindari dari Covid-19,” ucap Budi.

Tak hanya melakukan vaksinasi massal terhadap warga secara door to door, BIN juga melakukan vaksinasi terhadap para pelajar SMP dan SMA. Budi mengatakan, pihaknya menargetkan 50.000 orang divaksin lewat program ini.

“Jumlah seluruh peserta vaksinasi berjumlah kurang 50 ribu orang yang terdiri atas 15 ribu pelajar SMP, 15 ribu pelajar SMA, dan 20 ribu masyarakat peserta vaksinasi door to door,” kata Budi.

Lebih jauh, Budi berharap program tersebut mampu mempercepat pembentukan target herd immunity sehingga Indonesia dapat mengatasi pandemi Covid-19.

“Tentunya ini menjadi untuk terus berjuang mencapai target kekebalan komunitas pada akhir tahun 2021 bangsa Indonesia memiliki energi yang positif energi untuk sehat dan energi untuk menjadi Indonesia yang hebat,” tutur dia.

Antusiasme masyarakat

Masyarakat pun antusias mengikuti program vaksinasi door to door tersebut. Seperti halnya, Marisa, warga Tangerang, Banten, yang mengaku senang dengan program ini.

“Malah memang lebih baik seperti ini. Jadinya tidak berkerumun. Malah lebih enak ya, memudahkan,” ujar Marisa.

Lebih jauh, Marisa menyebut kegiatan vaksinasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Ini karena vaksin Covid-19 dapat membantu masyarakat membentuk herd immunity.

“Ya, menurut saya, ini baik sekali buat masyarakat di sini. Biar nanti masyarakat di sini mendapatkan vaksin supaya herd immunity kita terbentuk, supaya bisa bebas dari virus korona,” jelasnya.