Yogyakarta kembali menjadi magnet bagi para pelaku bisnis dan calon wirausahawan seiring digelarnya pameran bisnis nasional Info Franchise & Business Concept (IFBC) 2025 pada 30 Mei – 1 Juni 2025 di Jogja Expo Center (JEC).

Pameran yang menjadi pelaksanaan ke-171 dalam rangkaian roadshow nasional ini merupakan hasil kolaborasi antara Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) dan Neo Expo Promosindo.

Bertajuk “Energizing Entrepreneurship”, IFBC 2025 dibuka secara resmi oleh Menteri Perdagangan RI Budi Santoso, melalui Studium General bertajuk “Young Entrepreneurs Leadership” di Universitas Gadjah Mada. Inisiatif ini menandai pentingnya penanaman semangat kewirausahaan sejak dini, terutama di kalangan akademisi sebagai calon pemimpin bisnis masa depan.

Pameran ini menghadirkan lebih dari puluhan brand dari berbagai sektor usaha, seperti waralaba, kemitraan, investasi, distribusi, hingga layanan pendukung bisnis. IFBC 2025 Yogyakarta menjadi platform inklusif bagi berbagai kalangan, mulai dari pensiunan, ibu rumah tangga, karyawan, hingga mahasiswa.

Pameran juga diresmikan oleh sejumlah tokoh penting, seperti Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Ketua Umum KADIN DIY GKR Mangkubumi, dan Ketua Kehormatan AFI Anang Sukandar.

Mitra strategis dan peluang usaha

Bank Rakyat Indonesia (BRI) hadir sebagai official banking partner melalui program Qlola by BRI dan BRImo. IFBC juga bermitra dengan berbagai lembaga pemerintah dan komunitas, termasuk Kementerian Perdagangan, DJKI, Pemkot Yogyakarta, Dinas Pariwisata DIY, TDA Yogyakarta, JCI Yogyakarta, Rumah BUMN, hingga HIPMI DIY.

Setelah Yogyakarta, IFBC 2025 akan melanjutkan perjalanannya ke Balikpapan, Bandung, Surabaya, dan Tangerang. Langkah ini menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi berbasis kewirausahaan di berbagai penjuru Indonesia.

IFBC 2025 Yogyakarta menghadirkan peluang usaha dari berbagai sektor, termasuk ritel, kuliner, jasa, hingga digital. Brand besar seperti Alfamart, Indomaret, dan Depo Air Minum Biru membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi mitra usaha.

Ifbc Yogyakarta 2Sektor minuman kekinian turut meramaikan pameran dengan brand seperti Kopi dari Hati, Misnow, Es Teler Kapten, dan Teh 2tang. Sementara di ranah kuliner, hadir pilihan seperti Ayam Gepuk Pak Gembus, Pide Turkish Pizza, Kebab Turki Babarafi, Burger Bangor, hingga Warteg Bahari.

Jajanan kekinian pun tidak ketinggalan, seperti Lucky Cheese, Tahu Go!, Loempia Bom, dan Miedes Mbak Catur. Untuk bisnis di bidang kecantikan dan kesehatan, pengunjung dapat menjelajahi booth dari Skinpedia, Barberpedia, hingga Apotek Farmakita.

Peluang bisnis di sektor otomotif juga ditawarkan oleh brand seperti Vivo Carwash, Rocket Carwash, dan Scudetto. Layanan pendukung lain seperti Te.Co, Makana Group, dan Pos Properti menambah referensi berharga bagi para pengunjung.

Program edukasi dan kompetisi

Sebagai bentuk komitmen dalam mendukung pengembangan kewirausahaan, IFBC 2025 Yogyakarta menghadirkan rangkaian seminar, Inspira Talks, hingga kompetisi bisnis “IFBC NextGen Entrepreneurs Award 2025” yang menyasar kalangan mahasiswa di seluruh Indonesia.

Selama tiga hari penuh, IFBC 2025 Yogyakarta menjadi gerbang menuju masa depan yang lebih mandiri secara finansial dan kreatif. Pameran dibuka untuk umum mulai pukul 10.00 hingga 20.00 WIB di Hall Bima A, Jogja Expo Center. Berbagai penawaran spesial, referensi bisnis terkini, dan peluang jejaring menanti para pengunjung.

Bagi Anda yang bermimpi menjadi wirausahawan, inilah saat yang tepat untuk mengambil langkah pertama. IFBC 2025 bukan sekadar pameran, tetapi menjadi pintu masuk menuju dunia wirausaha modern yang berdampak bagi perekonomian Indonesia.