Sebagai pusat gaya hidup yang telah eksis selama 29 tahun, Plaza Indonesia menyadari bahwa mal tidak hanya sebatas tempat masyarakat untuk berbelanja, makan, bertemu kolega, atau sekadar cuci mata. Lebih dari itu, Plaza Indonesia ingin mal juga menjadi salah satu pilihan tempat untuk edukasi budaya nusantara.

Jika biasanya masyarakat berkunjung ke museum untuk menikmati berbagai macam seni, maka di mal mereka juga bisa mendapat berbagai macam hiburan lainnya untuk keluarga dan menikmati berbagai macam kuliner Nusantara.

Plaza Indonesia memeriahkan momen istimewa bulan kemerdekaan dengan rangkaian program bertema “I Love Indonesia”. Ini adalah rangkaian pameran seni dan budaya, bazar kuliner Nusantara, pergelaran busana, serta beragam promosi bertajuk kemerdekaan.

Peresmian Indonesia Food & Fashion for Charity (Foto-foto: Iklan Kompas/E Siagian)

“Melalui tema I Love Indonesia, kami ingin mengajak seluruh pengunjung Plaza Indonesia untuk merasakan semangat budaya dan kuliner Indonesia melalui program-program yang kami hadirkan. Beragam budaya dan kuliner terbaik Indonesia selama ini bisa ditemukan di Plaza Indonesia,” ujar General Manager Marketing Plaza Indonesia Zamri Mamat.

Bukan hanya pergelaran meriah yang didukung kolaborasi dengan sejumlah seniman hebat nasional, kesempatan ini dimanfaatkan untuk menunjukkan kepedulian pada sesama. Itulah yang dilakukan melalui Indonesia Food & Fashion for Charity yang telah berlangsung pada 7–9 Agustus 2019.

Festival makanan dan misi sosial

Sebanyak 12 outlet f&b Plaza Indonesia terlibat yaitu Shabu Shabu House, Sari Ratu, Bebek Bengil, Seribu Rasa, La Moda, Seven Friday, Goola, Janji Jiwa, Eatlah, Bakerzin, Madame Lily, dan Kafe Betawi. Outlet-outlet ini menghadirkan sajian kuliner khas Indonesia yang dapat dinikmati pencinta kuliner dengan membeli tiket seharga Rp 250 ribu.

Menariknya, dengan pembelian tiket tersebut, pencinta kuliner juga telah berkontribusi dalam kegiatan sosial. Untuk itu, Plaza Indonesia bekerja sama dengan tiga yayasan, yaitu Yayasan Lions Mengabdi Indonesia berupa bantuan untuk daerah yang terkena bencana alam; Tangan Kasih Lansia berupa santunan pada kelompok lansia; serta Yayasan Kanker Anak Indonesia berupa kampanye kepedulian terhadap kanker anak.

Tamara Dai dan Lucky Oetama, member Plaza Indonesia.

“Melalui acara ini, Plaza Indonesia tidak hanya mengajak pengunjung untuk menikmati menu-menu khas Indonesia, tetapi juga memiliki misi sosial. Diharapkan, acara ini memberikan dampak positif dan menjadi inspirasi untuk berbagi,” ujar General Manager Tenant Commercial Relations, Customer Service & SQA Plaza Indonesia Stella Kohdong.

Festival tersebut juga menghadirkan peragaan busana dari Alleira Batik dan Sebastian Red yang menampilkan koleksi khusus menyambut kemerdekaan. Masing-masing brand fashion berkolaborasi dengan brand jewellery yaitu Adelle Jewellery dan Mondial yang tampil pada Rabu (7/8) dan Kamis (8/8). Sementara itu, pada Jumat (9/8) tampil Food & Line Dance for Charity.

Festival seni dan belanja

Kemeriahan perayaan kemerdekaan semakin semarak dengan hadirnya sejumlah pameran seni. Di antaranya, Colours from Home – Art & Design Installation yang menampilkan kolaborasi Jux Duo, Isa Art Advisory, dan Iwan Tirta Private Collection. Pameran yang berlangsung di Main Atrium pada 10–24 Agustus ini menampilkan karya-karya sang maestro batik dengan kisah inspiratif di baliknya.

Sementara itu, pada 1–31 Agustus tampil pameran seni rupa dan lukisan bertema Art Day Life oleh Talenta Organizer. Pameran karya 8 seniman Indonesia lintas generasi ini dapat disimak di North Area Level 2.

Wisnu Genu dan Imelda Wijaya, member Plaza Indonesia.

Pengunjung anak-anak juga mendapat perhatian melalui sejumlah kegiatan yaitu Kids Traditional Dance Performance pada 3 Agustus dan Kids Traditional Dance & Costume Competition pada 17 Agustus, keduanya bertempat di Mini Atrium Level 3; serta Lalita Project Exhibition pada 7–18 Agustus yang berlangsung di Atrium Level 4.

Tak ketinggalan, mendukung Indonesia Great Sale yang digelar Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Kementerian Perdagangan, Plaza Indonesia menggelar festival belanja. Pada 16–20 Agustus digelar Independence Day Fashion Bazaar berlokasi di Function Hall Level 2. Sementara itu, pada 16–18 Agustus digelar Merdeka Surprise.

Dukung produk lokal

Sebagai pusat perbelanjaan kenamaan yang legendaris serta dikenal dengan tenant-tenant terpilih dan premium, Plaza Indonesia mendukung dan memberi tempat pada produk-produk lokal. Seperti ditunjukkan pada gelaran I Love Indonesia, produk-produk lokal mendapat kesempatan untuk tampil.

Seperti dituturkan Imelda Wijaya dari Yayasan Lions Mengabdi Indonesia yang juga pelanggan dan member Plaza Indonesia. Para ibu dari Yayasan Lions Mengabdi Indonesia terlibat dalam peragaan busana dan dengan bangga mengenakan produk-produk lokal seperti batik Iwan Tirta Private Collection dan Alleira. Outlet-nya dapat dijumpai di Plaza Indonesia. Untuk kuliner, tersedia banyak pilihan berkualitas yang enak-enak. “Saya penggemar Sari Ratu dan Sate Khas Senayan,” papar Imelda. Untuk makan, ia biasa datang ke Plaza Indonesia sekali seminggu, baik bersama teman maupun keluarga. Tempat ini menjadi pilihan karena lokasinya strategis dan mudah dijangkau dari berbagai arah.

Sementara itu, generasi yang lebih muda juga mengapresiasi dukungan Plaza Indonesia terhadap produk-produk lokal. Desainer dan fashion enthusiast Tamara Dai menyebut brand seperti Love & Flair dan Jollie Clothing sebagai yang acap dikunjungi dan digemari semua kalangan. “Tidak hanya anak muda, tetapi juga mami-mami,” ujarnya. Menurut Tamara, brand lokal itu tidak kalah dari brand luar, terlihat dari pemilihan bahan dan kualitas jahitan.

Hal senada juga diutarakan Wisnu Genu dan Lucky Oetama. Untuk produk batik dan tradisional lain, jika ada yang unik dan dapat dipadukan ke dalam gaya pribadi, bagi mereka mengapa tidak. Dan, yang menyenangkan, produk-produk demikian yang telah terkurasi dan memiliki kualitas yang pasti dapat ditemukan di Plaza Indonesia. “Misalnya saja, Bateeq. Itu lokal, tetapi menampilkan batik yang modern banget. Kualitasnya juga bagus,” ujar Lucky.

Demikian pula pameran seni seperti Haluu World, selain menarik, dapat dipadukan dengan fashion. “Plaza Indonesia selalu hadir dengan hal-hal baru yang menarik,” ujar Genu. Sebagai penyuka makan, dia juga merasa banyak pilihan yang trendi di Plaza Indonesia, baik untuk hidangan khas seperti bebek maupun minuman kopi seperti Janji Jiwa.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 10 Agustus 2019.

Leave a Response