Perkembangan infrastruktur yang masif membuat jarak seolah tak lagi jauh. Kini, beraktivitas di tengah kota besar dan memiliki hunian dengan sejuta pesona panorama alam yang dilengkapi fasilitas gaya hidup modern tak lagi sekadar impian.

Lokasi yang strategis dan kemudahan akses menjadi salah satu kunci utama memilih tempat tinggal. Namun, kini, semakin banyak orang menyadari pentingnya lingkungan hunian yang sehat.

Tidak hanya bersih, tetapi juga menghadirkan atmosfer yang menyehatkan. Di tengah kepadatan kota dan tingginya aktivitas kaum urban saat ini, mungkinkah menikmati tinggal di hunian strategis namun didominasi sentuhan alam?

Tengoklah Bandung. Wilayah yang digadang-gadang akan menjadi next megapolitan city ini sejak lama dikenal akan keindahan alam dan udaranya yang sejuk. Tak heran jika Bandung menjadi lokasi favorit destinasi berelaksasi hingga tempat tinggal idaman. Suasananya juga homey dengan masyarakat yang berkarakter someah (ramah). Terdapat pula berbagai sajian kuliner yang memanjakan lidah yang dapat dinikmati sembari hangout di kafe-kafe kekinian. Siapa pun pasti betah berlama-lama di tempat ini.

Pembangunan infrastruktur

Masifnya pembangunan infrastruktur yang mengarah ke Bandung menjadikan wilayah ini bertransformasi dengan cepat. Sebut saja elevated tol Jakarta–Cikampek dan Kereta Cepat Jakarta–Bandung yang akan mempersingkat waktu tempuh kedua kota ini. Belum lagi, rencana perpanjangan jalur kereta cepat menuju Bandara Internasional Kertajati, yang akan membuat Bandung kian menjadi destinasi primadona.

Pembangunan infrastruktur dalam wilayah Bandung sendiri tentu menjadi perhatian penting. Selain LRT Bandung Raya yang diprediksi akan rampung pada 2021 bersamaan dengan kereta cepat, rencananya tahun ini akan dibangun 2 flyover di titik kepadatan. Berbagai kekuatan tersebut menginspirasi Agung Podomoro Land untuk mengembangkan Podomoro Park yang berlokasi di Bandung Selatan.

Foto-foto: dokumen APL

“Bagi warga Ibu Kota atau kota-kota lainnya, dapat tinggal di hunian dengan sejuta pesona panorama alam Bandung kini tak hanya sekadar impian. Kawasan home resort ini hadir untuk menjawab segala kebutuhan kaum urban yang merindukan tinggal di tengah atmosfer perpaduan alam yang indah namun berlokasi sangat strategis dan dilengkapi berbagai fasilitas premium,” ujar General Manager Marketing Podomoro Park Bandung Tedi Guswana.

Tedi mengungkapkan, lokasi Podomoro Park hanya sekitar 10 menit dari exit Tol Buahbatu Bandung. Bila menempuh dari luar kota seperti Jakarta, moda transportasi kereta cepat dapat menjangkau Bandung hanya sekitar 30 menit. Kemudian, perjalanan dapat dilanjutkan selama 15 menit menggunakan LRT Bandung Raya yang akan langsung menuju ke stasiun di depan kawasan Podomoro Park.

“Dengan lokasi yang begitu strategis, tak ayal nilai investasi di Podomoro Park akan berlipat ganda sejalan dengan pembangunan kota yang semakin pesat,” ujar Tedi.

“Home resort” prestisius

Podomoro Park berdiri di atas lahan seluas 130 hektar dengan desain layaknya resor mewah kelas dunia. Menurut Tedi, setiap sudut dan ruang kawasan ditata seimbang dengan gaya hidup urban yang dinamis melalui konsep one stop living yang berpadu dengan unsur alam. Interaksi yang selaras dengan alam akan mengubah energi negatif menjadi energi positif sehingga meningkatkan kualitas hidup penghuni.

Hunian eksklusif ini mengedepankan konsep harmony with nature dengan mengusung lima elemen alam. Elemen alam pertama yang dihadirkan dalam kawasan adalah kemegahan danau sepanjang 1 kilo­meter yang berada di tengah kawasan. Danau tersebut akan menjadi center of attraction dalam kawasan dan sekaligus dapat dijadikan tempat rekreasi air yang menarik.

Elemen kedua berupa pepohonan rimbun yang berjajar di sepanjang kawasan dan dipadu dengan collective garden yang ditanami berbagai tumbuhan indah. Sementara itu, elemen ketiga berupa ruang terbuka hijau yang dialokasikan hampir 50 persen dari total luas kawasan. Keindahan alam Bandung pun dapat dinikmati melalui elemen keempat dan kelima yaitu keindahan panoramik bentangan Pegunungan Malabar dan Patuha serta hawa segar juga dihembuskan wind tunnel pegunungan Bandung Selatan.

Selain itu, Podomoro Park memiliki keistimewaan dengan hadirnya berbagai fasilitas prestisius yang mengikuti selera gaya hidup urban saat ini. Hadirnya Living Plaza bersama tenant-tenant populer seperti Informa, Ace Hardware, Toys Kingdom, Chatime, dan brand ternama lainnya akan menjadikan area commercial district seluas 12 hektar dalam kawasan ini menjadi tempat favorit untuk hangout. Untuk menunjang fasilitas kesehatan, akan tersedia Rumah Sakit Awal Bros yang didukung oleh tenaga medis profesional dan kompeten serta dilengkapi dengan fasilitas yang modern. Fasilitas lainnya seperti hotel, fasilitas pendidikan, pasar modern, dan fasilitas ibadah juga akan hadir melengkapi kawasan.

Fasilitas pendukung

Untuk mendukung gaya hidup sehat dan memberikan sensasi berbeda saat berolahraga sambil menghirup udara yang sejuk, tersedia jogging track yang berada tepat di tepi danau. Podomoro Park juga menyiapkan bike lane dan telah bekerja sama dengan GOWES untuk menyediakan bike rent dalam kawasan. Terdapat pula premium clubhouse yang dilengkapi infinity pool, fitness center, tennis court, basket ball court, children play ground dan function room.

Untuk menunjang kebutuhan mengakses dunia maya, jaringan fiber optic telah disiapkan untuk memenuhi jaringan internet yang cepat dengan instalasi underground sehingga keindahan estetika kawasan akan tetap terjaga. Sedangkan demi keamanan penghuni, Podomoro Park juga memiliki sistem keamanan profesional dengan pengawasan kamera pengintai (CCTV) di setiap sudut kawasan, one gate access pada setiap kluster, dan patroli keamanan berkala. Setiap rumah pun memiliki panic button yang terkoneksi langsung dengan security 24 jam, fasilitas tersebut bisa digunakan saat penghuninya mengalami keadaan darurat.

Seluruh kemewahan dan kelengkapan fasilitas dalam kawasan super premium ini dapat dinikmati dengan memiliki hunian yang ditawarkan dengan harga bervariasi mulai dari Rp 900 jutaan. Tipe hunian yang dihadirkan saat ini cukup beragam, mulai dari hunian bergaya modern minimalis dalam private cluster hingga hunian yang dapat mengakses langsung menuju danau, serta tersedia pula premium shophouse.

Unit shophouse (ruko) 3 lantai ini berada di lokasi yang strategis dalam kawasan, ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 2,7 miliar. Harga tersebut terhitung luar biasa potensial untuk mendapatkan capital gain maksimal. Tengok saja shophouse di Central Park Jakarta, ketika awal dipasarkan saat kondisi kawasan belum terbangun sekitar tahun 2008, shophouse tersebut ditawarkan dengan harga 1,9 miliar. Saat ini harganya sudah sangat fantastis yaitu Rp 17 miliar sehingga capital gain yang diraih sebesar 950 persen. Apalagi Podomoro Park memiliki kelebihan dengan adanya stasiun LRT tepat di depan kawasan, sehingga kawasan ini dipastikan “hidup” dan merupakan lokasi sunrise properti yang sangat prospektif.

Keunggulan lain adalah desainnya yang mewah dan alfresco yang luas di depan unit shophouse, sehingga berbagai konsep desain kreatif dapat diterapkan dengan leluasa. Tepat untuk bisnis klinik kecantikan, kafe, minimarket, startup office, dan lainnya. Mengenai potensi pasar, lokasi ini memiliki captive market luar biasa melimpah, dengan lebih dari 3.000 kepala keluarga yang berada di dalam kawasan Podomoro Park, 24.062 mahasiswa universitas ternama, hingga 2.055.692 orang di sekitar kawasan dan ratusan ribu orang yang melewati kawasan Podomoro Park setiap harinya.

Kawasan bisnis spektakuler yang prestisius ini tentunya akan meningkatkan pertumbuhan bisnis. Apalagi ditunjang dengan pertumbuhan infrastruktur Bandung Selatan sehingga nilai investasi akan semakin menjanjikan. “Podomoro Park merupakan satu-satunya kawasan hunian terbesar dan termewah di Bandung Selatan,” ujar Tedi.

Ia mengingatkan, saat ini adalah waktu yang sangat tepat untuk mewujudkan impian tinggal di kawasan yang dapat memberikan quality of life yang sempurna atau untuk membuka bisnis di lokasi yang sangat prospektif. “Segera raih kesempatan ini karena jumlah unit yang ditawarkan sangat terbatas dengan harga yang sangat terjangkau. Dapatkan pilihan unit dengan posisi dan view terbaik, serta tentunya dengan harga terbaik,” pungkas Tedi. [*/ADV]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 13 Agustus 2019.

Leave a Response