Sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbesar di Indonesia, Universitas Terbuka (UT) terus berkomitmen menyediakan akses dan pelayanan pendidikan tinggi berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat di berbagai penjuru daerah, sesuai dengan slogan “Making Higher Education Open to All”.
Dalam upaya untuk mewujudkan komitmen tersebut, UT meyakini pentingnya kolaborasi yang positif dari berbagai pihak dan pemangku kepentingan untuk mencapai tujuan bersama.
UT menerapkan sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), yang memungkinkan mahasiswa untuk mengakses layanan administrasi akademik dan pembelajaran dengan dukungan teknologi berbasis Information and Communication Technology (ICT).
Meskipun mahasiswa dapat melakukan kegiatan administrasi akademik tanpa harus bertemu langsung dengan petugas atau dosen, kebutuhan akan interaksi tatap muka dalam memperoleh informasi, mengatasi kendala, mendapatkan bimbingan dari tutor, bersosialisasi dan berdiskusi dengan sesama mahasiswa, tetap perlu difasilitasi dengan sentuhan humanis, selain melalui teknologi digital.
Untuk itu UT mendirikan Sentra Layanan Utama (SALUT), sebagai perpanjangan tangan teknis operasional dari UT Daerah setempat, yang berfungsi sebagai pusat layanan administrasi akademik dan kegiatan lainnya di tingkat lokal, juga untuk meningkatkan aksesibilitas bagi mahasiswa di seluruh wilayah.
Layanan prima
Dengan tersebarnya SALUT di seluruh wilayah Indonesia, UT dapat memberikan layanan prima yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, sekaligus berkontribusi dalam peningkatan angka partisipasi pendidikan tinggi di Indonesia.
SALUT tidak hanya memudahkan layanan administrasi akademik dan kegiatan akademik, serta kegiatan lainnya, tetapi juga berperan penting dalam mengenalkan UT kepada berbagai lapisan masyarakat dan melakukan perekrutan calon mahasiswa.
SALUT berlokasi di kabupaten atau kota, membuat jarak akses mahasiswa dan pemangku kepentingan lainnya dengan kantor layanan UT semakin dekat. Melalui kehadiran SALUT, UT berharap dapat meningkatkan angka partisipasi mahasiswa serta kualitas layanan yang diberikan UT.
Dalam era digitalisasi yang sangat cepat, UT menghadapi tantangan dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa semakin beragam dan kompleks. Sejalan dengan semangat ini, UT berupaya meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi yaitu dapat melampaui 1 juta mahasiswa pada tahun 2025.
![UT Salut](https://adv.kompas.id/wp-content/uploads/2025/02/UT-Salut-2.jpg)
Konsolidasi
Sehubungan dengan itu, UT mengadakan acara “Konsolidasi Sentra Layanan UT (SALUT) Seluruh Indonesia” secara hybrid pada 10-11 Februari 2025, yang berlangsung luring di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), UT Pusat, Tangerang Selatan, serta secara daring melalui platform Zoom Meeting.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh 540 SALUT, baik yang hadir secara luring maupun secara daring. Kegiatan ini juga menjadi spesial karena dibarengi dengan hadirnya Aplikasi SALUT yang ke depannya akan mempermudah SALUT dalam melaksanakan tugas operasionalnya dalam melayani mahasiswa.
Konsolidasi SALUT UT 2025 ini menampilkan berbagai sesi pemaparan materi dan diskusi yang digelar untuk mengevaluasi capaian, tantangan, serta potensi pengembangan SALUT ke depan.
Adapun materi yang dipaparkan di antaranya adalah 1) Evaluasi Kinerja Pemasaran dan Potensi Pencapaian Target 2025; 2) Mapping Potensi dan Strategi Pemasaran; 3) Pelayanan Prima SALUT untuk mahasiswa ; 4) Proses validasi Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di Fakultas; 5) Proses Pemberkasan, RPL Calon Mahasiswa, Yudisium, Wisuda, Ijazah; 6) Aksesibilitas SALUT dalam mengunakan bahan ajar; 7) Proses Produksi dan Pengiriman Bahan Ajar; 8) Pengenalan dan Praktik Penggunaan Aplikasi SALUT; 9) Survei marketing (offline dan online); 10) Praktik digital ads campaign dan strategi follow up serta optimalisasi hasil digital ads campaign; 11) Praktik pembuatan content planning dan video pendek; 12) Public speaking dan internasionalisasi mahasiswa; dan 13) Digital Payment dari bank mitra.
Para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman sukses dalam mengelola layanan SALUT di wilayah masing-masing. Di akhir acara, praktik baik dari SALUT diumumkan, diharapkan dapat memotivasi SALUT -SALUT lain untuk terus meningkatkan inovasi dan kualitas layanan terbaik mereka kepada mahasiswa.
Dengan terselenggaranya Konsolidasi SALUT ini, diharapkan SALUT mampu semakin meningkatkan kecepatan dan ketepatan layanan kepada mahasiswa. SALUT juga diharapkan dapat memperkuat sinerginya, baik dengan UT pusat maupun daerah sehingga kolaborasi yang solid dapat tercapai.
Melalui langkah ini, UT optimistis target 1 juta mahasiswa pada tahun 2025 dapat terwujud dengan maksimal.