Pada Selasa (10/3/2020), siswa-siswi yang tergabung dalam ekstrakurikuler Science Club SMA Tarakanita Gading Serpong beserta guru pembimbing mendapatkan kesempatan untuk membuat hand sanitizer dari bahan alami didampingi oleh kakak mahasiswa serta dosen dari Fakultas Bioteknologi Universitas Atma Jaya yaitu Yanti PhD dan Ir Agustin Wydia Gunawan MS.

Produk ini dibuat dengan tujuan untuk membunuh kuman dan bakteri penyakit di tengah maraknya wabah penyakit akibat virus korona (Covid-19).

Maraknya wabah penyakit ini membuat alat-alat pelindung tubuh, seperti masker dan hand sanitizer menjadi barang yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Tingginya permintaan masyarakat telah menyebabkan kenaikan harga serta menipisnya stok masker dan hand sanitizer, sedangkan tuntutan untuk menjaga kebersihan tangan merupakan hal yang sangat penting dalam menghadapi wabah virus korona ini.

Salah satu cara mengatasi kelangkaan produk hand sanitizer adalah membuatnya sendiri. Sebagai catatan, hand sanitizer sebaiknya digunakan hanya apabila situasi tidak memungkinkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air bersih.

Produk ini berbeda dengan hand sanitizer pada umumnya karena menggunakan bahan alami, yaitu lidah buaya. Lidah buaya sendiri dapat digunakan sebagai bahan utama pembuatan hand sanitizer alami karena mengandung antioksidan yang berfungsi melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Pembuatan produk hand sanitizer ini hanya memerlukan tiga jenis bahan, yaitu lidah buaya, gliserin, dan alkohol. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mensterilkan seluruh alat-alat yang akan digunakan. Lalu, lidah buaya dikupas dari kulitnya dan dibilas dengan air bersih untuk menghilangkan getahnya. Lidah buaya dihaluskan hingga berbusa dan dipanaskan hingga sampai suhu 80 derajat celsius. Selanjutnya, lidah buaya yang telah dipanaskan, didinginkan.

Foto-foto: dok. SMA Tarakanita Gading Serpong.

Larutan alkohol yang dianjurkan untuk digunakan sebagai bahan hand sanitizer sebaiknya memiliki kandungan alkohol minimal 65 persen agar efektif dalam membunuh kuman dan bakteri penyakit. Perbandingan yang digunakan untuk gliserin, lidah buaya, dan alkohol secara berurutan adalah 1:2:3.

Campurkan alkohol terlebih dahulu dengan lidah buaya, selanjutnya tambahkan gliserin agar teksturnya lebih kental. Agar lebih bervariasi, dapat ditambahkan essence oil untuk menambah aroma pada hand sanitizer. Produk telah siap dan dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Hand sanitizer yang telah diproduksi oleh Science Club SMA Tarakanita Gading Serpong, digunakan oleh warga sekolah di lingkungan Sekolah Tarakanita Gading Serpong. [AYA]

Leave a Response