Generasi muda saat ini tumbuh dalam dunia yang tengah berubah. Kehadiran serta kemajuan teknologi antara lain mendorong hadirnya usaha rintisan, yang inovasi dan kelincahannya mampu menyaingi perusahaan-perusahaan yang lebih dulu mapan. Demikian halnya dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), yang perlu dorongan positif supaya lebih berdaya saing. Salah satunya lewat The Big Start Indonesia (TBS) Season 3.

Ini adalah reality show pencarian pengusaha kreatif muda lokal pertama di Indonesia yang tidak hanya fokus memberdayakan pelaku UMKM, tetapi juga para penggerak industri kreatif di Tanah Air.

Dicanangkan pertama kali oleh Blibli.com pada 2016, (TBS) mempunyai misi menanamkan jiwa inovasi dan kreativitas dengan memberikan pengetahuan, pelatihan, modal, network, dan sumber daya yang dibutuhkan oleh para pengusaha kreatif muda Indonesia peserta program tersebut.

Setelah melalui proses panjang sejak Juli 2018, mulai dari pendaf­taran daring, roadshow 5 kota, hingga masa mentoring dan karantina selama 3 minggu untuk Top 20 Finalist, TBS Season 3 pada pertengahan November 2018 menemukan 4 pengusaha kreatif muda untuk masuk dalam Grand Final yang diadakan di Golden Ballroom, The Sultan Hotel & Residence Jakarta.

Mereka berhasil mengungguli 7.500 peserta lain dan menyisihkan 16 finalis pada masa karantina, yang para finalis mendapatkan sesi mentoring serta diuji dengan berbagai tantangan bisnis, seperti financial planning, e-marketing, customer service, logistik, strategi branding melalui platform digital sehingga ke depannya mereka dapat mengembangkan usahanya ke skala lebih tinggi dengan pasar lebih luas.

Adapun dewan juri Grand Final TBS Season 3 adalah Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto bersama 5 figur bisnis ternama (Aline Adita, Gwen Winarno, Bagus Rochadiat, Barli Asmara, dan Kezia Toemion).

Pada babak grand final, masing-masing finalis berkesempatan mela­kukan presentasi mengenai transfor­masi produk dan perenca­naan bisnis di depan dewan juri diteruskan dengan sesi tanya jawab bersama para juri. Finalis akan dinilai dari sisi performa presentasi, rencana bisnis terbaru, serta komunikasi visual video promosi.

Juara

Pemenang pertama TBS Season 3 diraih oleh Erika Ermawati Simangunsong dari Subang founder Pavettia Skincare, yang tampil sangat memukau untuk sesi presentasi produk di depan dewan juri. Diikuti oleh Robbi Ibadi dari Jakarta founder Kingsmith, Joni Martono founder Setapak 9 asal Yogyakarta sebagai pemenang ketiga, dan Shelly Ang dari Bekasi yang merupakan founder Salaku sebagai pemenang keempat.

“Hal yang ada di pikiran saya selama mengikuti The Big Start Indonesia Season 3 ini adalah untuk menjalani semua tantangan dengan sepenuh hati dan semangat pantang menyerah,” ungkap Erika.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kezia, yang menjadi mentor kategori Kesehatan & Kecantikan TBS Season 3. “Saya sangat bangga dengan Erika karena sudah bekerja keras dari hari pertama mengikuti The Big Start Indonesia Season 3 hingga sampai grand final, Erika selalu memberikan 110 persen kemampuannya. Di setiap tantangan yang diberikan pun dia selalu menunjukkan peningkatan dan bisa melewatinya dengan sangat baik.”

Sementara itu, Kusumo berharap bahwa ini akan menjadi momentum istimewa dan penting bagi per­kembangan UMKM di Indonesia. “Prestasi yang telah dicapai hari ini layaknya dirayakan dan dijadikan motivasi bagi pengusaha kreatif muda di Indonesia untuk terus mengembangkan bisnis hingga dapat naik kelas dengan produk berkualitas terbaik dan membanggakan.”

Sebagai catatan, TBS Season 3 didukung sepenuhnya oleh JNE sebagai Platinum Partner, BCA, XL Business Solution, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Universitas Prasetiya Mulya, dan Intel Indonesia. [*/IKLAN/ASP]

Foto: dokumen blibli.com

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 27 November 2018.