Dua setengah tahun tak diadakan akibat pandemi Covid-19, Grand Candi Hotel akhirnya membuka kembali acara bulanan Pasar Senggol. Festival kuliner, kebudayaan, dan rekreasi keluarga yang diadakan pada 30-31 Juli 2022 ini disambut meriah oleh warga Semarang. Tercatat lebih dari 500 pengunjung memadati Pasar Senggol di hari pertama.

Diberi tajuk “Pasar Senggol Reborn”, acara ini digelar di area Kafe Flamboyan Grand Candi Hotel. Menghadirkan festival kuliner murah meriah sehingga pengunjung dapat menikmati beragam stan kuliner yang menyajikan menu-menu khas Grand Candi Hotel; aneka jajanan kaki lima seperti sosis bakar, odeng, takoyaki; dan kuliner khas Semarang. Harganya berkisar Rp 5.000-Rp 25.000.

Pasar Senggol Reborn juga menjadi rumah bagi produk UMKM. Melalui UMKM Fair, Grand Candi Hotel membuka kesempatan bagi UMKM untuk menjajakan produk mereka di Pasar Senggol. Produk-produk yang paling diminati oleh pengunjung adalah jajanan kaki lima, mainan dan baju anak, serta pernak-pernik dan aksesoris. UMKM cukup membayarkan biaya registrasi sebesar Rp 175.000 untuk dua hari, Grand Candi Hotel menyediakan ruang di Pasar Senggol.

Bekerja sama dengan Smart Fun Production, Pasar Senggol Reborn juga mengadakan festival kebudayaan dan beragam lomba anak kategori TK hingga kelas 6 SD. Lomba-lomba yang diadakan antara lain kreasi tari tradisional, menulis dan membaca puisi, lomba adzan, lomba hafalan surat pendek, sampai lomba mata pelajaran matematika, sains, dan bahasa Inggris.

Para pemenang dari masing-masing kategori lomba mendapatkan beragam hadiah, antara lain voucer menginap di Grand Candi Hotel, voucer hiburan (berenang dan sajian all you can eat), piala, uang pembinaan, dan sertifikat resmi dari Disbudpar Kota Semarang.

Meskipun situasi pandemi Covid-19 sudah lebih kondusif, Grand Candi Hotel tetap menerapkan protokol kesehatan yang wajib dipatuhi oleh semua pengunjung Pasar Senggol. Pengunjung wajib mengenakan masker saat berada di area Pasar Senggol, tidak berkerumun di stan makanan, dan semua formulir pendaftaran lomba sudah terdigitalisasi dengan Google Form sehingga meminimalkan sentuhan langsung.

Public Relations Grand Candi Hotel Semarang, Azkar Rizal Muhammad, mengaku kagum dengan antusiasme masyarakat menyambut Pasar Senggol Reborn. Ia mengatakan, Pasar Senggol sudah menjadi acara khas Grand Candi Hotel Semarang. Pertama diadakan pada 2010 dan sempat berganti konsep beberapa kali.

“Dua setengah tahun rehat karena pandemi, sempat ada kekhawatiran waktu akan mengadakan Pasar Senggol Reborn ini. Takut sudah pada lupa. Takut sepi. Tapi ternyata antusias masyarakat masih sama. Sama-sama luar biasa,” ujar Azkar. Ia berharap pandemi akan terus melandai sehingga Pasar Senggol dapat diadakan lagi setiap bulannya. [*]