Kompetisi wirausaha kreatif Blibli.com The Big Start (TBS) Season 4 hadir untuk menjaring para creativepreneur di Jawa Barat, kota dengan UMKM terbanyak di Indonesia. Lewat konferensi pers yang dilaksanakan di Gedung Sate, Bandung pada Jumat (12/7/2019) lalu, mal daring ini resmi memulai roadshow TBS Season 4 yang akan berlanjut ke Yogyakarta dan Surabaya.
Roadshow ini dimeriahkan oleh kehadiran 100 pengusaha kreatif yang memamerkan produknya di festival UMKM The Big Start yang akan berlangsung dari 12 hingga 14 Juli 2019 di Gedung Sate, Bandung. Pemerintah Provinsi Jawa Barat memang telah lama menjalin kemitraan bersama dengan Blibli.com dalam memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM di daerahnya. Selain meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka, kerja sama ini pun dapat dimanfaatkan oleh UMKM untuk merambah platform daring dalam memasarkan dan menjual produk mereka.
Mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa beserta jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat lainnya. Dalam sambutannya, Iwa mengungkapkan apresiasinya terhadap apa yang telah dilakukan oleh Blibli.com untuk memajukan UMKM.
“Beliau (Ridwan Kamil) menyampaikan salam hangat kepada seluruh hadirin sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Blibli.com atas arahan dan kerja sama yang baik,” tuturnya.
Serap tenaga kerja
Sektor industri kreatif memang memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. Sektor ini menyerap 9,7 juta tenaga kerja, atau sekitar 70 persen dari total tenaga kerja non-pertanian di Jawa Barat. Dengan demikian, kesuksesan sektor ini akan mendukung realisasi target Pemprov Jawa Barat untuk memajukan 5.000 UMKM.
Sejak berdiri pada 2011, Blibli.com terus menunjukkan komitmennya untuk membantu memajukan UMKM di seluruh Indonesia. Hingga kuartal kedua 2019, lebih dari 3.000 UMKM Jawa Barat telah bergabung dengan Blibli.com. Angka ini menunjukkan kenaikan sebesar 125 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018 lalu. Jumlah produk yang dihasilkan pun kini telah mencapai 100 ribu produk, naik 120 persen dibandingkan tahun lalu dengan mayoritas produk fashion dan kuliner.
Deputy CMO Blibli.com Andy Adrian pun mengapresiasi kepercayaan dan dukungan Pemprov Jawa Barat terhadap usaha Blibli.com untuk meningkatkan kompetensi pengusaha kreatif. Menurutnya, roadshow TBS Bandung yang berlangsung selama tiga hari ini merupakan salah satu bentuk komitmen jangka panjang Blibli.com untuk mengembangkan UMKM, sejalan dengan program Pemprov Jawa Barat.
“Izinkan kami untuk kembali mengutarakan tekad kami untuk terus mengapresiasi hasil karya para pengusaha kreatif dan meningkatkan kapabilitas bisnis mereka agar mampu bersaing secara kompetitif melalui platform Blibli.com,” pungkasnya.
Ada dua inisiatif utama yang dilakukan oleh Blibli.com untuk mendukung UMKM di Indonesia, yaitu melalui kompetisi TBS dan Galeri Indonesia. Melalui TBS, Blibli.com bukan hanya menjaring
creativepreneur yang potensial, tetapi juga memfasilitasi mereka untuk menjawab tantangan yang dihadapi saat mengembangkan usaha mereka.
Untuk pertama kalinya, tahun ini, TBS bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian menghubungkan para creativepreneur dengan pasar internasional dengan membawa mereka ke pameran di Eropa dan Amerika. Sementara di skala lokal, para peserta berkesempatan untuk berkolaborasi dengan merek terkenal lewat program “The Creator”. Tahun ini, TBS menggandeng 15 merek dan 15 influencer termasuk Kanva Home & Living x Hari Prast, Pipiltin Cocoa x Chef Juna, dan Chiel x Cindercella.
Ribuan creativepreneur yang mendaftar di TBS akan dikurasi hingga menjadi 100 terbaik. Selanjutnya, produk mereka akan masuk ke Galeri Indonesia di Blibli.com dan diberikan pendampingan oleh tim Galeri Indonesia. Setelah diseleksi, akan dipilih 20 peserta terbaik yang akan mendapatkan pelatihan intensif tentang marketing dan branding, financial planning, hukum usaha, serta keterampilan pemasaran lainnya.
Menurut Supervisor Trade Partnership Merchant Sales Operation & Development Blibli.com Geoffrey L Dermawan, selama perjalanan empat tahun ini, TBS melihat konsistensi, standar kualitas, dan cara pemasaran dari para pengusaha kreatif Indonesia. Lewat Galeri Indonesia, Blibli.com melakukan pendampingan bagai produk UMKM yang ada di dalamnya agar kualitasnya terus meningkat dan mendorong kolaborasi antarpihak terkait.
“Kita selalu memberikan feedback kepada mereka. Seiring dengan berkembangnya demand dari konsumen terhadap produk UMKM tersebut, pasti berkaitan dengan modal kerja dan pengembangan mutu. Blibli.com sendiri tidak memberikan pendanaan langsung, tetapi kita menghubungkan dengan funding tertentu yang bisa kita kolaborasikan,” tutur Geoffrey saat sesi wawancara bersama wartawan di Gedung Sate.
Mengangkat tema “Nyalakan Ambisimu, Wujudkan Suksesmu”, kompetisi TBS Season 4 tahun ini menawarkan hadiah total Rp 1,3 miliar. Ada empat kategori utama yang bisa diikuti, yakni fashion, kuliner, kesehatan dan kecantikan, serta kriya. Tim juri pun terdiri atas para profesional di bidangnya, seperti Didiet Maulana dari IKAT untuk kategori fashion, Priscilla Pangemanan dari SASC Official untuk kategori kesehatan dan kecantikan, Chef Rinrin Marinka untuk kategori kuliner, serta Luthfi Hasan dari Jakarta Vintage untuk kategori kriya.
Pendaftaran TBS Season 4 masih terbuka hingga akhir Agustus 2019. Kunjungi situs web The Big Start Indonesia untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut. [Kompas.com/Tiara Fitriyani]