Inilah salah satu model paling “hot” dari mobil-mobil terbaru yang dipamerkan Honda Indonesia di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang saat ini berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang, Banten. Oleh karena itu pula, Civic yang satu ini selalu berada di panggung utama.
Sosok Honda Civic Type R 2017 sangat menarik bagi pencinta Honda dan penggemar balap. Mata dan kamera tak putus-putus diarahkan ke mobil ini. Bahkan, ada yang rela mengantre dan mendaftar agar dapat melihat dari dekat dan masuk kabin. Bisa jadi mereka sudah tahu spesifikasi mobil yang dijuluki oleh media internasional sebagai “Hot Hatch” yang lebih agresif dari pendahulunya.
Buktinya, setelah diluncurkan pada 10 Agustus 2017 (dihadiri oleh Hideki Kakinuma, Chief Engineer and Assistant Large Project Leader of Honda Civic Type R, Honda R&D Co Ltd), hari berikutnya Honda telah menerima 6 pesanan. Untuk konsumen di Tanah Air, Civic Type R dibanderol Rp 995 juta (OTR di Jabodetabek sebagai mobil pertama). Diinformasikan juga, unit Civic Type R untuk konsumen Indonesia dibatasi. Hal ini karena tingginya permintaan dari pencinta “Hot Car” (mobil-mobil sport) di seluruh dunia.
“Born to Race”
Dalam rilis Honda, kehadiran Civic Type R diberi tema “Born to Race”. Ketika melihat dari dekat detail fisik eksterior dan interior, hatchback ini mendekati penampilan supersport Italia yang dipatok dengan harga jauh lebih mahal. Eksterior, mulai dari depan, menampilkan front grille agresif yang merupakan ciri khas Honda. Sementara itu, lampu utama (headlights) full LED dan lampu kabut (fog light) LED tak hanya menghasilkan cahaya yang lebih terang, tetapi juga dirancang untuk meningkatkan nilai aerodinamika.
Di kap mesin, dibuat NACA duct untuk menambah aliran udara ke turbo dan selanjutnya ke mesin. Di depan, bawah bemper yang keren, dipasang splitter untuk meningkatkan downforce. Ban, menggunakan 245/30 ZR20, berpasangan dengan rem cakram Brembo (depan 350 milimeter, belakang 305). Di belakang, Honda memasang sayap besar (aerofoil), knalpot 3 moncong bersama difuser.
Tak kalah menarik, vortex generator di bibir atap belakang. Semuanya itu direkayasa untuk meningkatkan stabilitas (bodi menekan ban ke permukaan jalan) dan pengendalian yang. Hasilnya, saat dikebut “abis”, mobil seakan-akan menempel di permukaan jalan. Splitter depan dan difuser belakang yang dibuat dari serat karbon, diberi ornamen garis merah. Hasilnya, penampilan hatchback ini gaya dan agresif. Tambahan lagi, penggunaan alloy wheel racing berukuran 20 inci dan Type R Triple Exhaust with Finisher melengkapi tampilannya sebagai sebuah mobil sport sejati.
Masuk ke kabin, filosofi sport sangat terasa. Hal tersebut diwujudkan dengan lapisan kevlar pada dasbor dan konsol tengah, kombinasi merah hitam, jok tipe bucket untuk pengemudi dan penumpang depan, transmisi manual (dilengkapi dengan pilihan), setir berlapis kulit. Kombinasi warna, penggunaan bangku racing berbahan suede, hingga roda kemudi berbalut kulit kian meneguhkan kesan mobil balap.
VTEC Turbo-2.0L
Selain sosok yang atletis dan lentur, untuk memacunya, Honda memasang mesin khusus, VTEC Turbo 2.0 liter. Muncul rasa ingin mendengarkan deru mesin yang disembur oleh ketiga moncong knalpot! Karena di arena pameran tak mungkin menghidupkan mesin, Kompas segera ambil ponsel. Tekan aplikasi Youtube, cari “Honda Civic Type R 2017”. Earphone pun ditancapkan ke lubang telinga. Setelah ketemu, video diaktifkan. Woow…! Mantap betul! Suara mobil ini sama dengan supercar asal Italia! “Keren!” Itulah ucapan setelah mendengarkan “auman” Civic Type R.
Nah, terbayang kalau Civic ini melintas di jalanan umum. Dipastikan, deru knalpot akan membuat pemakai jalan lain akan terpukau. Menggelegar, tetapi merdu. Menggetarkan hati dan mengundang rasa kagum. Menurut Honda Motor Co, rancangan knalpot, 2 besar dan 1 kecil (di tengah), selain meningkatkan performa pada putaran tinggi, meminimalkan suara yang kurang enak diterima telinga.
Performa mesin juga hebat. Diklaim mampu menggerahkan tenaga maksimal 310PS @6.500 rpm dan torsi 400 Nm @2.500–4.500 rpm. Dengan performa tersebut, traksi untuk berakselerasi tersedia setiap saat, dari putaran rendah sampai tinggi. Apalagi Honda menggabungkannya dengan transmisi manual 6-percepatan dengan tiga pilihan mode: Comfort, Sport, dan +R. Comport untuk di jalanan umum, perpindahan gigi lebih halus dan ekonomis. Sport (default setting) menghasilkan pengendalian mantap di jalanan umum, cocok bagi pengemudi agresif. Terakhir, +R untuk trek balap.
Desain bodi yang tajam plus berbagai aerokit, downforce yang dihasilkan membuat stabilitas bertambah mantap. Di samping itu, karena hambatan dan turbulensi udara berkurang, akselerasi makin ngacir. Buktinya, 0–100 kilometer per jam, hanya butuh 5,7 detik. Alhasil, Civic Type R menjadi mobil gerak roda depan tercepat di Nurbugring dengan lap time 7 menit 43,80 detik (panjang sirkuit 28,265 kilometer). Kecepatan tertinggi hasil tes independen sekitar 270 kilometer per jam.
Bagi speed maniacs Indonesia, Honda menyiapkan 6 warna pilihan, yaitu Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, Championship White dan Sonic Gray Pearl dan Crystal Black. Polished Metal Metallic tersedia pada 2018. Khusus pearl dan metallic dikenakan tambahan Rp 2 juta. [Zulkifli BJ]
Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 16 Agustus 2017