Pada masa pandemi ini, kita sering dengar imun atau daya tahan tubuh. Imun itu didapat dari tubuh sendiri, tetapi ada juga imun timbul dari luar tubuh, yaitu melalui vaksin. Semakin tinggi imun tubuh kita, maka akan semakin baik daya tahan tubuh kita terhadap serangan penyakit. Untuk menjaga keaslian vaksin sampai kepada masyarakat, baru-baru ini di Semarang, tepatnya Sabtu (8/5/2021), telah ditandatangani kerja sama antara tujuh rumah sakit Forkom, yaitu RS Husada Jakarta, RS Telogorejo Semarang, RS Dr Oen Solo Baru, RS Dr Oen Kandang Sapi Solo, RS Adi Husada Kapasari Surabaya, RS Adi Husada Undaan Wetan Surabaya, RS Panti Nirmala Malang bertempat di Atrium SIM Square SMC RS Telogorejo. Kerja sama ditandatangani Ketua Pengurus Yayasan Kesehatan Telogorejo, oleh Dr Koesbintoro Singgih MM selaku perwakilan dari tujuh rumah sakit Forkom dan dari pihak PT Bio Farma (Persero) diwakili oleh Kepala Divisi Retail & Pelayanan PT Bio Farma (Persero) Dr Mahsun Muhammadi.

This slideshow requires JavaScript.

Selain penandatanganan surat kerja sama, juga diresmikan klinik Imunicare di area depan SIM Square SMC RS Telogorejo oleh Wali Kota Semarang H Hendrar Prihadi SE MM. Imunicare sendiri merupakan klinik khusus vaksin dengan standar yang tinggi dari PT Bio Farma (Persero). Produk vaksin yang dapat dilayani sangat bervariasi sekitar 62 jenis vaksin, antara lain vaksin flu, hepatitis, Rubella, Cevarix , Polio, MMr, Tetanus, dan Difteri. Tidak menutup kemungkinan pada masa yang akan datang, seiring perkembangan kondisi dapat melayani vaksin Covid-19, dengan tetap mengikuti prioritas sasaran dan regulasi yang ditetapkan pemerintah. Semua vaksin dijamin keaslian dan kualitasnya oleh PT Bio Farma (Persero) sehingga masyarakat terjamin memperoleh vaksin yang aman dan bermutu dengan harga terjangkau.

Pada kesempatan tersebut, juga hadir Direktur Pemasaran Penelitian dan Pengembangan PT Bio Farma (Persero) Holding Farmasi BUMN Sri Harsi Teteki dan Ketua Kadin Jawa Tengah Kukrit Suryo Wicaksono MBA. Sebelumnya, PT Bio Farma dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) telah melakukan perjanjian kerja sama (PKS) pelaksanaan program Vaksinasi Gotong Royong (VGR) yang diperuntukkan bagi karyawan/karyawati badan hukum/ badan usaha swasta. Kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut dari PMK Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). RS Husada masih menunggu petunjuk teknis pelaksanaan vaksin gotong royong dari pemerintah dan akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Dinas Kesehatan Kota Jakarta Pusat. [AYA]