PT Bank Digital BCA (BCA Digital) menandatangani perjanjian kerja sama dengan maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia di Jakarta, Senin (20/5/2024). Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama BCA Digital Lanny Budiati dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Melalui kerja sama tersebut, BCA Digital dan Garuda Indonesia akan meluncurkan kartu debit co-branding pada tahun 2024 ini.

Kerja sama ini menjadi wujud komitmen kedua perusahaan dalam menyediakan layanan berkualitas tinggi. Kolaborasi ini menghadirkan inovasi kartu debit co-branding maskapai penerbangan utama Indonesia dengan branchless digital bank, yang mendukung kemudahan dan kenyamanan nasabah khususnya untuk kebutuhan traveling menggunakan layanan penerbangan.

Lanny mengatakan, 90 persen nasabah blu adalah Millenial dan Gen Z yang sangat suka traveling. Melalui kartu debit co-branding ini, pihaknya ingin memberi benefit tambahan bagi para sobatblu saat bepergian.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Garuda Indonesia, maskapai ternama nasional. Kartu ini akan menjadi kartu debit kedua dari BCA Digital. Kolaborasi ini menambah semangat kami untuk terus menghadirkan inovasi-inovasi yang relevan dan solutif, sekaligus memperluas ekosistem digital kami guna memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbagai kebutuhan finansial para nasabah,” jelas Lanny.

Untuk mendapatkan kartu debit co-branding ini, nasabah cukup mendaftar melalui aplikasi blu tanpa harus antri di cabang. Nasabah juga akan sekaligus terdaftar menjadi member GarudaMiles. Dengan begitu, nasabah dapat langsung menggunakan kartu debit co-branding ini untuk bertransaksi dan mendapatkan berbagai keuntungan seperti program perolehan mileage khusus dari BCA Digital, serta layanan premium dari Garuda Indonesia.

“Kami juga menyambut para existing member GarudaMiles untuk membuka rekening blu dan apply kartu debit co-branding ini. Kartu yang ditargetkan untuk diluncurkan pada kuartal terakhir 2024 ini akan dibuat dari PVC hasil daur ulang, guna mendukung kelestarian lingkungan sebagai bagian komitmen kedua perusahaan terhadap environmental sustainability atau keberlanjutan lingkungan,” ungkap Lanny.

BCA Digital Kolaborasi dengan Garuda Indonesia
FOTO: DOK. BCA DIGITAL

Nilai tambah

Kerja sama co-branding ini juga merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanan bersama Garuda Indonesia melalui penggunaan aplikasi blu by BCA Digital.

Irfan memaparkan, berbagai kemudahan yang hadir melalui perkembangan teknologi saat ini turut mengubah perilaku masyarakat dalam beraktivitas, termasuk dalam merencanakan dan melakukan perjalanan.

“Pergeseran behavior masyarakat tersebut tentunya menjadi peluang yang harus kita respons dengan kesiapan dan kesigapan untuk beradaptasi, serta menghasilkan inovasi produk/layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka melalui ketersediaan premium service dan excellent travel experience dalam layanan penerbangan Garuda Indonesia yang kami optimalkan melalui kerja sama dengan mitra strategis, BCA Digital,” tegas Irfan.

Kolaborasi bersama BCA Digital ini, lanjut Irfan, diharapkan tidak hanya akan dapat meningkatkan service value bagi pengguna jasa kedua perusahaan, tetapi juga merupakan upaya Garuda Indonesia untuk meningkatkan pangsa pasarnya, khususnya  generasi Z dan milenial yang merupakan mayoritas pengguna BCA Digital.

Dengan demikian, kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi nasabah dan pelanggan kedua perusahaan, serta turut menghadirkan terobosan baru dalam industri finansial dan penerbangan di Indonesia.

Komitmen tersebut sejalan dengan visi kedua perusahaan yang akan terus memberikan layanan berkualitas dan inovatif bagi para nasabah, sambil tetap memperhatikan keberlanjutan lingkungan dan pertumbuhan sektor pariwisata di Indonesia.