Dalam rangka HUT ke-73 Republik Indonesia dan sebagai bentuk apresiasi terhadap kuliner serta seni Indonesia, Plaza Indonesia selama Agustus ini menghadirkan rangkaian acara spesial yang tersaji dalam tema besar “I Love Indonesia”, salah satunya dengan mengadakan Indonesia Food and Art Festival. Plaza Indonesia memang sering mengadakan acara bertajuk kuliner. Tahun lalu, Plaza Indonesia juga pernah mengadakannya dengan tajuk Flavours of The World

“Dalam rangka HUT ke-73 kemerdekaan Republik Indonesia, Plaza Indonesia menghadirkan tema besar ‘I Love Indonesia’. Tema ini berlangsung sepanjang Agustus dengan menggelar program Indonesia Food & Art Festival, yaitu rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memberikan apresiasi dan pelestarian budaya kuliner Nusantara serta ruang kreasi kepada pelaku seni,” terang General Manager Marketing Plaza Indonesia Realty Tbk Zamri Mamat.

Seperti diketahui, pusat perbelanjaan kini tak hanya berfungsi sebagai sarana rekreasi. Dengan cara yang lebih terbuka, fleksibel, dan kreatif pusat perbelanjaan pun dapat berfungsi sebagai sarana edukatif nan inspiratif. Berdasarkan fungsi ini, pusat perbelanjaan memang dituntut dapat berubah dan menjadi wadah untuk memperkenalkan berbagai potensi negeri ke masyarakat luas, baik dari dalam maupun luar negeri.

Kebudayaan Indonesia yang begitu kaya misalnya, merupakan potensi besar yang patut diapresiasi oleh semua lini, baik secara individu atau grup. Dan, pusat perbelanjaan sebagai tempat berkumpul banyak orang dari berbagai usia, profesi, dan minat memiliki peluang lebih besar dalam menyampaikan potensi tersebut agar tetap dapat lestari dan bahkan berkembang lebih luas.

 

Foto-foto : Iklan Kompas/E Siagian & dokumen Plaza Indonesia.

Zamri menambahkan bahwa program ini merupakan kedua kalinya diselenggarakan oleh Plaza Indonesia. Program Indonesia Food & Art Festival menampilkan keragaman budaya Indonesia seperti kuliner dan karya-karya seni lintas generasi, termasuk berkolaborasi dengan seniman dan komunitas yang memiliki fokus akan pelestarian budaya Indonesia.

“Ini adalah wujud komitmen kami dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang seni budaya yang menjadi kekuatan dan keunikan Indonesia dan tentunya dapat juga diterima serta dinikmati masyarakat Internasional,” papar Zamri.

Program Indonesia Food & Art Festival akan menghadirkan dua kegiatan utama, yaitu Cita Rasa Indonesia Feast yang bekerja sama dengan 53 F&B outlet yang memperkenalkan kreasi kuliner Nusantara dan Energi Seni Fine Art Exhibition sebuah kolaborasi dengan kelompok seni yang akan menampilkan karya seni rupa seniman Indonesia lintas zaman.

Apresiasi rasa

Rangkaian kegiatan Cita Rasa Indonesia Feast resmi dibuka pada Kamis (2/8) bertempat di function hall level 2 Plaza Indonesia. Pada pembukaan yang berlangsung selama satu hari ini, pengunjung dapat menikmati menu makanan kreasi dari 13 F&B outlet yang terlibat. Cita Rasa Indonesia Feast berlangsung pada 1–31 Agustus.

“Acara pembukaan Cita Rasa Indonesia Feast ini sangat menarik karena beberapa F&B outlet yang terlibat itu adalah western restaurant. Plaza Indonesia bagus sekali dapat mengajak mereka bekerja sama untuk menyajikan kreasi kuliner lokal. Dan, ternyata mereka bisa menyajikannya dengan baik serta kreatif. Rasanya pun enak. Senang, Plaza Indonesia bisa menghadirkan acara ini.

Penting sekali bagi pelestarian kuliner Indonesia sehingga bisa dikenal oleh berbagai usia dan kalangan,” ungkap Marlienna Suwito, salah satu loyal customer Plaza Indonesia dan pengusaha sarang burung walet Heavenly Nest.

Selain itu, selama gelaran Cita Rasa Indonesia Feast, Plaza Indonesia bekerja sama dengan seluruh tenant F&B dalam menyajikan Signature Dish, yaitu menghadirkan menu baru kuliner Nusantara. Tidak hanya itu, Plaza Indonesia juga mengadakan promo-promo menarik, seperti Merdeka Package senilai Rp 73.000 mulai dari 16–18 Agustus dan Asian Games Promo yaitu free compliment beberapa tenant F&B pada 18 Agustus–2 September.

Pameran seni

Bukan hanya apresiasi di bidang kuliner Nusantara, Plaza Indonesia juga menghadirkan Energi Seni Fine Art Exhibition sebagai bentuk apreasiasi karya seni seniman Indonesia. Energi Seni Fine Art Exhibition merupakan bagian dari rangkaian program Indonesia Food & Art Festival yang akan berlangsung dan dibuka untuk umum pada 11–19 Agustus di Function Hall, Level 2.

Pembukaan Energi Seni Fine Art Exhibition pada 11 Agustus akan menghadirkan penampilan seniman Bambang Heras. Pameran seni ini menghadirkan puluhan karya seniman Indonesia lintas generasi dan bertujuan untuk melengkapi bulan Nasionalisme Indonesia.

Energi Seni Fine Art Exhibition akan menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti Art Talk dan Art Workshop. Art Talk diselenggarakan pada 14 Agustus bersama seniman Djoko Pekik, Putu Sutawijaya, dan Suwarno Wisetrotomo. Art Workshop akan berlangsung pada 15 Agustus bersama seniman Indra Dodi, Afdhal, dan Erianto.

Imelda Wijaya, yang juga merupakan loyal customer Plaza Indonesia dan salah satu organisatoris dalam Lions Club International Foundation (LCIF) menyampaikan dirinya sangat takjub dengan pameran seni yang digelar di Plaza Indonesia.

 

“Dalam hidup ini tak bisa lepas dari yang namanya seni. Hidup pun terasa tak indah tanpa seni. Dengan adanya pameran seni ini di Plaza Indonesia tentunya menjadi sarana edukatif yang bermanfaat. Jadi, ke pusat perbelanjaan tidak hanya nongkrong dan belanja, tetapi juga bisa mendapatkan sesuatu yang lebih bermanfaat dan tentunya inspiratif,” jelas Imelda.

Semarak perayaan HUT ke-73 Republik Indonesia, Plaza Indonesia Extension juga menggelar acara kreatif dengan melibatkan berbagai komunitas generasi muda yang menaruh perhatian terhadap dunia seni. Pada 12 Agustus, akan diadakan Merdeka Day Competition dengan lomba permainan tradisional, kontes makan, dan permainan seru lainnya serta penampilan spesial dari Trust Orchestra.

Plaza Indonesia Extension juga berkolaborasi dengan komunitas seni untuk mengadakan pameran seni, yaitu Millenial Dopamine Art Corner yang menggandeng seniman muda Tempa dan Rato Tanggela. Ini berlangsung pada 3–31 Agustus. Pada 10–31 Agustus juga diadakan Jakarta Rumahku 2018 Exhibition, yaitu kolaborasi bersama kelompok seniman muda Indonesia RIOP Photography & Instalation.

Melalui pameran seni rupa ini, Plaza Indonesia berharap dapat memberikan inspirasi dan edukasi kepada pengunjung. “Semoga kolaborasi yang kami lakukan dapat menjadi wadah komunikasi antara seniman dengan penikmat seni. Menumbuh kembangkan apresiasi masyarakat akan seni itu sendiri, menilai dan menghargai karya seni,” tutup Zamri Mamat.

Kenyamanan berbelanja

Pada kesempatan ini pula, ditandatangani kerjasama antara Plaza Indonesia dengan Bank DBS Indonesia. “Melalui kerjasama dengan Plaza Indonesia, kami ingin lebih memperkenalkan layanan perbankan Bank DBS Indonesia sebagai solusi bagi kebutuhan perbankan nasabah. Kami memberikan solusi perbankan dengan wawasan dan informasi terkini sehingga nasabah dapat memanfaatkan peluang dengan baik,” ujar Senior Vice President CBG, Bank DBS Indonesia Aileen Tania Handayani.

Melalui kerjasama ini, pengunjung dapat menikmati pengalaman perbankan yang mudah, sederhana, dan cepat melalui program Shop and Get. Nasabah yang berbelanja menggunakan Kartu Kredit Eks ANZ dan digibank, Kartu Debit digibank maupun Kartu Debit berlogo DBS berkesempatan memperoleh Plaza Indonesia gift voucher hingga senilai Rp10.000.000. Program ini tidak hanya menyajikan kemudahan dalam bertransaksi, tetapi juga memberikan keistimewaan kepada setiap nasabah yang berkunjung ke Plaza Indonesia. [ACH]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 4 Agustus 2018.