Teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia. Seiring berkembangnya zaman, cepat atau lambat seluruh aspek kehidupan manusia membutuhkan dan beradaptasi dengan teknologi. Pemanfaatan teknologi menjadi semakin penting di kala situasi pandemi melanda Tanah Air. Salah satunya di sektor kesehatan, yang terdampak besar akibat pandemi Covid-19. Berangkat dari keinginan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, Santosa Hospital berinovasi dengan memberikan kemudahan akses dan pelayanan bagi pasien. Hal ini diimplementasikan melalui aplikasi Santosa Pasien, yang dapat digunakan untuk pasien Santosa Hospital Bandung Center maupun Santosa Hospital Bandung Kopo.
Aplikasi Santosa Pasien sudah aktif dan dapat digunakan sejak November 2019. Meskipun membutuhkan proses, jumlah pasien yang menggunakan aplikasi Santosa Pasien semakin meningkat. Hingga kini, tercatat sekitar 40 persen pasien telah menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pendaftaran secara daring. Hasil observasi menunjukkan, pengaturan sistem pendaftaran dan kedatangan pasien yang telah diterapkan melalui aplikasi ini mampu mengurangi jumlah antrean atau kerumunan secara signifikan di Santosa Hospital. Santosa Hospital berharap metode daring melalui aplikasi Santosa Pasien mampu menggantikan sepenuhnya metode konvensional.
Dua fitur utama yang terdapat pada aplikasi ini adalah fitur mendapatkan pelayanan dan fitur informasi. Fitur pelayanan terdiri atas pendaftaran daring (online) ke pelayanan dokter poliklinik atau rawat jalan, pengambilan antrean pendaftaran untuk mendapat pelayanan rawat jalan atau keperluan tertentu, dan melihat hasil pemeriksaan laboratorium atau radiologi yang dilakukan di Santosa Hospital. Fitur informasi yang dapat diakses pasien melalui aplikasi ini antara lain informasi seputar ketersediaan ranjang untuk rawat inap, informasi jadwal dokter yang praktik di poliklinik, dan notifikasi terkait informasi umum maupun informasi penjadwalan pengobatan pasien. Untuk informasi lainnya yang tidak terdapat di aplikasi, pasien dapat menghubungi nomor WhatsApp Santosa Hospital untuk berbicara dengan costumer service.
Hasil laboratorium dan radiologi yang disediakan Santosa Hospital memiliki tingkat kerincian yang sama dengan hasil laboratorium/radiologi versi cetak. Untuk hasil radiologi, aplikasi Santosa Pasien juga menyediakan gambar dan expertise-nya. Pasien tentu tetap harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui tahap pengobatan selanjutnya dari hasil laboratorium atau radiologi tersebut.
Data pasien baru maupun yang sudah pernah berobat di Santosa Hospital akan sepenuhnya tersinkronisasi, baik secara daring maupun luring. “Tidak hanya itu, Santosa Pasien dapat digunakan untuk semua pasien, baik pasien umum, pasien dengan penjamin perusahaan, pasien dengan penjamin asuransi non-BPJS, maupun pasien dengan penjamin asuransi BPJS,” jelas Kepala Divisi Teknologi Informasi Santosa Hospital Bandung Dadang M Yusuf.
Aplikasi ini tersedia dan dapat diunduh di Google Play Store dengan kata kunci Santosa Pasien-RS Santosa Bandung. Hasil ulasan yang diberikan oleh para pasien yang telah menggunakan aplikasi Santosa Pasien menunjukkan lebih dari 95 persen merasa sangat terbantu dengan aplikasi ini. Pengguna juga berharap terus dilakukan pengembangan pada aplikasi ini. Di sisi lain, penggunaan aplikasi Santosa Pasien telah membantu manajemen dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam pelayanan.
“Salah satu fitur yang akan kami kembangkan dalam aplikasi Santosa Pasien antara lain melacak status pelayanan. Ke depannya, dalam fitur ini pasien yang sedang menjalani proses pengobatan akan mendapatkan informasi tentang status pelayanan yang sedang berjalan. Sebagai contoh, pasien poliklinik atau rawat jalan akan mendapatkan informasi tentang status antrean, pasien yang sedang menunggu obat akan mendapatkan informasi tentang progres penyiapan obatnya,” tandas Dadang. [AYA]
Untuk informasi, hubungi Nova Anggreany (087822773207) dan Sonia Thamrin (082121486363). Situs web www.santosa-hospital.com