Asia memang gudangnya makanan enak. Tidak hanya di benua ini, hampir di seluruh dunia, kita bisa menemukan restoran yang menjual masakan Asia. Dari masakan China, Jepang, Thailand, hingga Korea masing-masing memiliki cita rasa yang khas.

Cita rasanya lezat, tetapi ringan, tidak menggunakan bumbu yang terlalu tajam. Sebagai bumbu dasar, biasanya hanya menggunakan bawang putih dan bawang bombai. Masakan Asia juga biasanya banyak menggunakan bumbu olahan, aneka saus, dan kecap siap pakai. Anda ingin mencoba memasak masakan Asia?

Kari dan gulai termasuk masakan khas dari Indonesia dan Malaysia. Meski terdapat sedikit perbedaan dalam pemakaian jenis bumbu, pada dasarnya masakan kari atau gulai dari Malaysia dan Indonesia (khususnya Sumatera) hampir mirip. Kari ayam, gulai kambing, gulai cumi, dan sebagainya. Hanya saja, Malaysia lebih sering menggunakan daun kesum, belacan (terasi), daun kari, dan cabai kering.

Singapura mendapat banyak pengaruh dari berbagai negara, seperti India, China, juga Malaysia dan Indonesia sebagai negara terdekatnya. Percampuran kuliner lokal Singapura dengan pendatang China juga melahirkan masakan Singapura yang sangat unik. Sementara itu, pengaruh India terlihat dari pemakaian bumbu kari bubuk dalam beberapa masakan, misalnya indian mee, murtabak, atau sup kambing.

Bagi penggemar masakan Asia di Yogyakarta, The Alana Yogyakarta mulai 1 Maret 2019 sampai dengan 31 Desember 2019, menyajikan berbagai macam masakan dari benua Asia di Andrawina Restaurant setiap hari Jumat pukul 18.00–22.00 WIB. Harganya pun sangat terjangkau Rp 98.000 nett per orang – all you can eat.

(FOTO-FOTO: DOK THE ALANA YOGYAKARTA)

Suasana restoran juga berbeda dengan promosi lainnya. Dekorasi stall-stall masakan sesuai dengan negara asal masakan dan karyawan restoran juga memakai pakaian pakaian negara di Asia. Menu-menu masakan yang disajikan  tom yam gung, dimsum, sate lilit, pad thai, nasi ayam hainan, rendang, dan lain sebagainya.

“Dengan harga yang terjangkau tersebut, paket promosi prasmanan makan malam ini menjadi alternatif kuliner bagi masyarakat Yogyakarta. Selain itu, kami menawarkan tempat yang nyaman, ada ruangan indoor dan outdoor,” ujar F&B Director Daris Sradjito.

Jadi, tunggu apa lagi? Tidak ada kata mahal untuk menikmati sajian kuliner di hotel berbintang, di The Alana Hotel & Convention Center Yogyakarta di Jalan Palagan Tentara Pelajar Kilometer 7 Yogyakarta, telepon 0274-888 800. [*]

Leave a Response