Tak semua produsen mobil mampu memenuhi kebutuhan orang akan mobil baru dengan handling mantap, berkualitas, dan harga relatif terjangkau. Namun, insinyur Mazda dengan tetap mempertahankan DNA perusahaan asal Hiroshima, Jepang, tersebut bisa memberikan pilihan yang sulit untuk ditolak.
Mengedepankan “Zoom-zoom”, yang sekaligus menjadi janji untuk menghadirkan sensasi berkendara yang mantap, Mazda juga dinilai konsisten mengembangkan teknologi mesin bensin dan diesel agar bisa bersaing dengan mobil hibrida dan listrik murni untuk efisiensi bahan bakar ramah lingkungan.
GVC
Pengembangan menarik yang dilakukan Mazda akhir-akhir ini adalah keberhasilannya memadukan teknologi Skyactiv dengan DNA Zoom-Zoom. Wujudnya adalah Skyactiv Vehicle Dynamics dengan filosofi Jinba-Ittai, yang salah satu yang sudah bisa dirasakan oleh pemakai Mazda di Indonesia adalah G-Vectoring Control (GVC).
Di Indonesia, teknologi tersebut sudah melengkapi Mazda CX-3 dan Mazda2. Sementara itu, model terbaru yang menggunakan teknologi tersebut adalah All-New Mazda CX-5, crossover yang diluncurkan pada 10 Agustus 2017—atau pada hari pembukaan GIIAS 2017—oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) yang menaungi seluruh aktivitas Mazda di Indonesia saat ini.
“Kami berkomitmen menawarkan mobil-mobil terbaik Mazda untuk konsumen Indonesia. Model terbaru, All-New Mazda CX-5 ini generasi kedua. Generasi pertama dipasarkan pada 2012,” papar Presiden Direktur PT EMI Roy Arman Arfandy kepada wartawan.
Ditambahkan Roy, selain desain total baru (redesign), All-New Mazda CX-5 dipenuhi dengan teknologi hebat yang selama ini cuma bisa diperoleh dari mobil-mobil premium Eropa. “Teknologi ini tidak hanya membuat pengemudi dan penumpang semakin nyaman di jalan. Keamanan yang mereka peroleh juga lebih mantap. Salah satunya, G-Vectoring Control,” tambahnya.
GVC adalah implementasi Skyactiv Vehicle Dyanmics. Konsep ini lahir dari perpaduan dan harmonisasi Skyactiv Engine (mesin), Skyactive Drive (transmisi), Skydrive Body (struktur bodi), Skyactiv Chassis (sasis: rem, kemudi, dan suspensi). Dengan Skyactiv Vehicle Dynamics, diharapkan setiap pemakai Mazda memperoleh keceriaan, implementasi dari konsep Jinba-Ittai.
Lebih “stylish”
Kendati dikategorikan sebagai SUV (medium) karena penampilannya yang mengadopsi filosofi desain KODO (soul of motion), Mazda CX-5 sering juga disebut crossover. Sosok inilah yang membuat mobil ini sangat pas sebagai simbol eksekutif energik, dinamis, dan selalu menginginkan terobosan baru.
Sementara itu, dari segi tampilan, All-New Mazda CX-5 tampak lebih stylish, lugas, dan tegas. Hal tersebut tecermin dari pemilihan ban dan velg 225/55R19 serta desain baru. Sebut saja pada bagian lampu depan utama (LED) dan belakang yang memberikan kesan atletis.
Peranti keamanan dan keselamatan yang ditanamkan pada crossover ini juga mumpuni. Salah satunya, GVC. Dengan teknologi ini, pengemudi dan penumpang tetap nyaman selama melakukan perjalanan, terutama ketika mobil harus bermanuver dan melakukan “aksi” mendadak.
Misalnya, saat akselerasi atau deselerasi mendadak, yang acap membuat tubuh pengemudi dan penumpang terguncang. Saat mobil direm mendadak, tubuh pengemudi dan penumpang pasti terdorong ke depan. Sebaliknya, saat berakselerasi cepat, tubuh terdorong ke belakang. Sementara itu saat berbelok dengan cepat, tubuh akan bergeser ke samping, kanan atau kiri.
Bila sering terjadi, kondisi tersebut bisa menyebabkan mual, rasa lelah bisa lebih cepat mendera, dan tentu mengurangi konsentrasi pengemudi. Oleh karena itulah GVC dinilai sangat membantu bagi mereka yang akan melaku perjalan jauh, apalagi medannya banyak kelokan.
Mesin
Mesin bensin 2,5L dengan teknologi Skyactiv tidak hanya efisien, tetapi juga bertenaga dan responsif. Mesin dengan rasio kompresi 13:1 dan teknologi injeksi langsung menghasilkan tenaga maksimum 190 PS (140kW) di 6.000 rpm. Torsi diperoleh maksimum 251 Nm (25,6 kgm) didapat pada 3.250 rpm. Untuk memindahkan torsi mesin ke roda, Mazda memilihkan transmisi otomatik 6-percepatan.
Untuk konsumen Indonesia, PT EMI menyediakan dua varian yaitu GT yang dibanderol Rp 526,8 juta dan Elite Rp 548,8 juta untuk daerah Jadetabek. Bila memilih warna warna Machine Grey dan Soul Red Crystal, dikenakan tambahan Rp 4 juta.
Adapun peranti keselamatan, keamanan dan kenyamanan pada All-New Mazda CX-5: Windshield Active Driving Dsiplay; Audio Bose 10 Speaker; kontrol AC otomatis; jok belakang dengan sandaran yang bisa disetel; autohold; Power Liftgate; Adaptive LED Headlights; Lande-keep Assist System; Lane Departure Warning System; Blind Spot Monitoring (BSM); Rear Cross Traffict Alert (RCTA); Smart City Brake Support; dan Driver Attention Alert (DAA). [*]