Industri ritel menjadi indikator utama pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Tiap 25 meter persegi, industri ini menyerap satu tenaga kerja. Pun halnya dengan Sogo Department Store yang telah turut berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia selama 29 tahun.

Sejak 1990, Sogo menjadi destinasi belanja untuk mendapatkan tren terkini dalam dunia fesyen, kosmetik, aksesori dan pakaian anak, hingga perlengkapan rumah tangga. Di sini, hadir juga koleksi dari merek-merek ternama baik dalam negeri maupun mancanegara. Hal ini pun menjadi nilai lebih yang ditawarkan. “Konsumen tidak perlu belanja ke luar negeri karena semua ada di Sogo,” ujar Presiden Director Sogo Indonesia Department Store Handaka Santosa dalam konferensi pers 29th Anniversary of Sogo Indonesia, Kamis (28/2/2019), di Plaza Senayan.

Sogo 29 tahun

Handaka pun optimistis di tengah maraknya belanja daring. Selain memiliki konsep yang kuat dengan one stop shopping destination, eksistensi Sogo selama 29 tahun ini menunjukkan pasar ritel Indonesia yang masih berkembang baik. Sogo pun setia memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya dengan konsisten menghadirkan kelengkapan koleksi produk dan merek, serta hadirnya berbagai program menarik.

Semarak ulang tahun

Menyambut hari jadinya, selama bulan Maret, diadakan Japan Fair dengan mengangkat tema “Hana Matsuri”, yang diadakan untuk menyambut sukacita musim semi. Sogo bekerja sama dengan Japan Foundation menyajikan berbagai kegiatan tradisional khas Jepang, seperti merangkai bunga bersama Ikebana Ikenobo Indonesia, tradisi minum teh, kaligrafi, dan pameran travel. Khusus dalam program ini, pelanggan setia Sogo juga berkesempatan memenangi 29 tiket perjalanan ke Jepang, persembahan Panorama JTB Tours.

Sogo 29 tahun

Seperti setahun sebelumnya, perayaan hari jadi juga diwarnai aksi sosial dengan melakukan program donor darah, melibatkan seluruh karyawannya. Baik yang di kantor pusat, maupun di 18 gerai yang tersebar di 8 kota di Indonesia. Kegiatan yang telah dilakukan pada 1 Februari ini berhasil mengumpulkan 2.900 kantong darah.

Sogo juga bekerja sama dengan Yayasan Tangan Pengharapan, memberikan donasi melalui program pembangunan rumah belajar sebagai tempat berkumpul dan belajar anak-anak di Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.

Apresiasi

Sogo 29 tahunPerjalanan hampir tiga dekade ini pun menjadi ajang apresiasi kepada insan-insan yang telah setia berkontribusi bersama perusahaan. Pada kesempatan kali ini, CEO Sogo Indonesia Department Store Sherry Sjiamsuri menyematkan pin emas secara simbolis kepada perwakilan lima karyawan Sogo yang memiliki masa kerja di atas 15 tahun.

Perayaan hari jadi tahun ini juga menjadi kesempatan untuk mengapresiasi supplier maupun individu yang dinilai mampu mengembangkan produk Indonesia hingga dapat bersaing dengan produk internasional. Melalui Sogo Kreatif Awards, Sogo memberikan penghargaan kepada pengusaha Indonesia yang tidak lelah berinovasi mengembangkan budaya dan tradisi Indonesia.

Sogo Kreatif Awards kali ini dianugerahkan kepada Luire, merek asal Indonesia hasil karya Raden Sirait. Sejak menjadi mitra bisnis Sogo pada 2009, Luire tidak kenal lelah melakukan inovasi baik dari sisi desain maupun bisnis. Dalam 10 tahun, Luire pun telah hadir di 15 gerai Sogo dan mengalami peningkatan profit dari tahun ke tahun. Dari mendulang Rp 50 juta pada tahun pertama, kini Luire telah mencapai angka lebih dari Rp 11 miliar.

Sogo juga memberi apresiasi kepada pelanggan setianya dengan menghadirkan program undian berhadiah utama 1 unit mobil All New Mazda 6 Elite. Kesempatan ini terbuka bagi para pemegang kartu Sogo Premiere Card, dengan melakukan transaksi minimum Rp 1 juta untuk mendapatkan satu kupon undian. Bagi pemegang kartu Bank Mandiri, mendapatkan dua kupon undian.

Sogo 29 tahun

Pelanggan setia juga mendapatkan tambahan diskon sebesar 29 persen tiap akhir pekan dan tersedia promo half price pada 16 Maret 2019, khusus untuk pengguna kartu Bank Mandiri, dan pada 17 Maret 2019 untuk semua transaksi. Selama 1–10 Maret 2019, hadir program “All About 29”, yang memberi kesempatan pada para pelanggan untuk melakukan transaksi terhadap sejumlah produk dengan harga Rp 290.000.

Sogo 29 tahun
Foto-foto: Iklan Kompas/ Iwan Andryanto

Dalam peringatan hari jadi ke-29 ini, Sogo bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk memasarkan dan menerima penggunaan uang elektronik berbasis chip perseroan, yaitu Mandiri e-money. Mandiri e-money telah diterima sebagai kartu pembayaran elektronik yang bisa digunakan di berbagai transportasi umum, secure parking, minimarket, restoran, SPBU, dan kini untuk kian memudahkan transaksi belanja di Sogo. Tersedia promo spesial bagi pelanggan Sogo untuk setiap pembelian e-money sebesar Rp 50.000, cukup dengan membayar Rp 40.000.

Tersebar di 8 kota di Indonesia, Sogo bisa ditemui di Jakarta, Tangerang, Bandung, Surabaya, Bali, Medan, Samarinda, dan Balikpapan.[*/ADT]

Tags : sogo

Leave a Response