Anda penyuka traveling? Pernah ke mana saja? Namun, apakah Anda sudah melakukan traveling secara bijak, yaitu tetap menghargai lingkungan yang dikunjungi? Inilah yang dilakukan oleh KG Value Card bekerja sama dengan Flazz BCA dengan mengadakan traveling bijak “Banyuwangi Trip KGVC Pilih Bumi” pada 26–28 April 2019.

Trip ini menjadi aksi nyata untuk melakukan edukasi tentang pentingnya traveling bijak. Sebab, sekarang banyak destinasi wisata yang mulai kotor dan rusak akibat perilaku wisatawan yang tidak bijak. National Geographic menyatakan, Indonesia berada di peringkat kedua penyumbang sampah plastik terbesar di dunia.

Trip ini sejalan dengan kampanye Kompas Gramedia, yaitu #SayaPilihBumi yang sudah berjalan beberapa tahun terakhir melalui National Geographic Indonesia. Traveling ini juga masih dalam rangkaian Hari Bumi yang jatuh pada 22 April 2019.

Tak sekadar traveling

Acara ini merupakan wadah bagi para member KGVC dengan hobi traveling dan peduli lingkungan hidup. Ada 21 member KGVC dan MyValue yang ikut serta dalam perjalanan ini.

Sesuai tema, setiap peserta tidak hanya diajak untuk menikmati keindahan alam Banyuwangi dan Taman Nasional Bali Barat. Para peserta juga diberikan tantangan untuk dapat berperilaku bijak selama trip berlangsung.

Tantangan tersebut sangat beragam, antara lain mengurangi penggunaan kantong plastik, tisu kering dan tisu basah, makanan dan minuman dengan kemasan plastik, membersihkan sampah pribadi di dalam kendaraan, serta membawa tempat bekal sendiri. Tidak hanya itu, mereka juga diajak untuk membawa tas belanja sendiri untuk belanja oleh-oleh, memakai botol minum sendiri dan mengisi ulang air mineral dari galon yang sudah disediakan selama perjalanan, serta memakai sedotan stainless steel yang telah disediakan panitia.

Selama trip, para peserta juga diwajibkan untuk tidak meninggalkan sampah, mengotori, atau merusak tempat wisata yang dikunjungi; tidak menginjak dan memegang koral, hewan, atau tanaman laut; dan tidak memberi makanan ikan selama snorkeling. Melalui traveling bijak ini, KG Value Card dan #SayaPilihBumi hendak mengajak para member untuk lebih peduli lingkungan di sekitar dengan membiasakan berperilaku bijaksana saat bepergian, berwisata atau di kehidupan sehari-hari.

Berbeda dengan trip pada umumnya, traveling bijak Banyuwangi Trip KGVC Pilih Bumi juga diisi dengan kegiatan tanam pohon di Pulau Tabuhan guna mencegah abrasi. Selain itu, para peserta diajak untuk memungut sampah yang tampak memenuhi bibir pantai di Pulau Tabuhan. Di tengah kegiatan tersebut, seorang wisatawan asing tampak ikut bergabung membersihkan pantai.

“Pulau Tabuhan sangat indah, sayangnya, sampah ada di mana-mana dan orang-orang yang berkunjung ke sini tampak tidak peduli. Saya sedang minum kelapa muda saat melihat kalian membersihkan pantai. Saya malu hanya duduk bersantai, sementara kalian memunguti sampah,” tutur Paul, wisatawan asal Australia yang mengunjungi Tabuhan bersama beberapa temannya.

Selain Tabuhan, dalam trip ini, para peserta berkesempatan juga menikmati keindahan Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat di Buleleng, Bali. Keindahan alam bawah lautnya seolah menjadi magnet yang sulit untuk diabaikan.

Foto-foto: dokumen KG Value Card.

Hari selanjutnya, destinasi wisata bergeser dari pemandangan pantai dan laut menuju ke sabana yaitu Taman Nasional Baluran. Di sini, peserta dapat menikmati hutan evergreen, pepohonan tropis dan hewan-hewan liar di sabana yang terbentang seluas 25.000 hektar. Masih di kawasan Taman Nasional Baluran, peserta juga diajak trekking di hutan mangrove dengan akar-akar pohon mangrove raksasa berusia mencapai 100 tahun lebih, yang punya peran penting terhadap pencegahan erosi dan abrasi di sekitar Pantai Bama, Taman Nasional Baluran.

Hari terakhir trip diisi dengan kegiatan hiking menuju Kawah Ijen untuk menyaksikan fenomena blue fire. Fenomena ini konon hanya dapat ditemukan di dua tempat di dunia, yakni di Kawah Ijen Banyuwangi dan di Eslandia. Selain menyaksikan kawah di ketinggian 2.369 meter di atas permukaan laut, kita juga bisa menyaksikan sunrise, vegetasi, dan aktivitas para penambang belerang di kawasan Kawah Ijen.

Banyak value dan rewards

Sebagai tempat menginap, para peserta merasakan kenyamanan beristirahat di Santika Hotel Banyuwangi yang terletak di jantung kota Banyuwangi. Menariknya, sebagai benefit trip, masing-masing peserta mendapatkan poin MyValue yang merupakan reward program Kompas Gramedia.

Acara semakin seru dengan games, kuis, dan kompetisi berhadiah jutaan rupiah selama trip berlangsung. Para member berkesempatan untuk mengikuti kuis dengan berbagai hadiah menarik, seperti tas belanja go green eksklusif dari Demi Bumi, tas National Geographic Indonesia, voucer Gramedia Store, dan merchandise eksklusif KG Value Card. Puncaknya adalah kuis upload foto dengan tagar #KGVCPilihBumi dan #SayaPilihBumi selama mengikuti trip di media sosial berhadiah utama sport camera 4K.

Antusiasme dan kegembiraan para peserta trip tampak dari  serunya acara makan siang bersama yang sekaligus menjadi penutup acara. Para peserta yang semula tidak saling mengenal kini menjadi akrab layaknya teman dan keluarga baru. Melalui trip KG Value Card Pilih Bumi, diharapkan semangat mencintai Bumi akan dibawa pulang ke kota masing-masing untuk ditularkan kepada teman, saudara, dan kerabat.

Leave a Response