Pergerakan NBA di Indonesia

NATIONAL Basketball Association (NBA) mengawali komitmen jangka panjangnya di Tanah Air dengan menggelar program tahunan Jr. NBA Indonesia sejak 2014, yang diharapkan mampu menghadirkan pengalaman baru bagi generasi muda Indonesia.

Terdapat sederet kegiatan yang dimulai dari school clinic hingga regional selection camp, yang diharapkan dapat membangkitkan semangat generasi muda untuk terus mengembangkan bakatnya yang kelak di kemudian hari bisa mengharumkan nama bangsa. Anak-anak yang lolos seleksi kemudian berhak untuk berpartisipasi dalam National Training Camp Jr. NBA, diadakan pada bulan Juli.

Pelatihan tingkat nasional tersebut dihadiri oleh para legenda atau pemain NBA. Pada tahapan ini, terpilih delapan anak-anak laki-laki dan delapan anak-anak perempuan berbakat yang kemudian dikenal sebagai Jr. NBA Indonesia All-Stars.

Semua anggota Jr. NBA All-Stars 2018 dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam kemudian akan mengikuti kegiatan NBA Experience Trip di Negeri Tirai Bambu. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini memberikan pengalaman unik dan mengesankan di luar negeri yang terdiri dari pelatihan dan kesempatan menyaksikan pertandingan NBA Global Games secara langsung.

Program Jr. NBA Indonesia terbuka untuk anak-anak 5-14 tahun, dan bebas biaya. Para peserta mendapatkan pelatihan tentang dasar-dasar olahraga basket dan pentingnya nutrisi yang tepat. Yang tak kalah penting, mereka juga mendapatkan wawasan tentang nilai-nilai yang terdapat pada Jr. NBA, yaitu Sportsmanship (sportivitas), Teamwork (kerja sama tim), a Positive Attitude (sikap positif), serta Respect (saling menghargai), atau disingkat menjadi S.T.A.R.

Perluas jangkauan

Minat dan ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk NBA semakin meningkat. Untuk itu, NBA menggandeng Blibli.com, salah satu online mall terbesar di Indonesia, meluncurkan NBAStore.co.id di penghujung 2015. Kemitraan ini memudahkan para penggemar di Indonesia untuk mendapatkan barang-barang serta pernak-pernik basket orisinal dari NBA.

Sementara itu, pada pertengahan tahun lalu, NBA pun semakin mengukuhkan misinya menghadirkan konten NBA dengan cakupan terluas di Indonesia dengan bermitra dengan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek).

Para penggemar NBA dapat menyaksikan pertandingan NBA di tiap musim, melalui stasiun televisi O Channel maupun secara online melalui Vidio.com dan Bola.com. Konten yang ditayangkan termasuk pertandingan regular season dan playoff NBA, NBA All-Star, Pertandingan Final Wilayah, Final, serta program NBA lain.

“Kami ingin para penggemar NBA di Indonesia dapat menyaksikan semua kegembiraan seputar pertandingan basket kelas dunia. Melalui online media platform Vidio.com, kami hadirkan konten-konten NBA sepanjang waktu. Diiringi dengan siaran pertandingan dari saluran televisi di grup Emtek, kami berikan cakupan lebih luas kepada penggemar NBA di seluruh Indonesia. Pada bulan Februari 2019 mendatang, pemirsa juga akan kami suguhkan pertandingan All-Star Weekend, di mana bintang-bintang besar NBA berkumpul bersama untuk saling adu keahlian,” ujar CEO KMK Online Adi Sariaatmadja.

Tidak berhenti di situ, melalui NBA League Pass, NBA juga menyediakan akses untuk menyaksikan ragam pertandingan NBA bagi penggemar fanatiknya di Indonesia. Penggemar kini dapat menyaksikan 1.200 pertandingan musim reguler, setiap playoff dan pertandingan final, All-Star Weekend, NBA TV game analysis + documentaries, dan mengulang kembali pertandingan- pertandingan NBA lainnya.

NBA juga turut mengiringi gaya hidup masyarakat Indonesia. Ini dapat dilihat dengan banyaknya penggemar NBA di media sosial yang mencapai lebih dari 4 juta orang. Selain itu terdapat 14 juta lebih anak-anak yang tergabung dalam Jr.NBA. Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket 2023.

Untuk mengetahui perkembangan terkini mengenai NBA, kunjungi;
BBM: NBA
Official channel: PIN: C0028C595,
Facebook: Vidio.com ,NBA Indonesia , Jr.NBA
Line: NBA Indonesia @nba_indonesia.

 

Saling Berjuang Raih Gelar

Liga NBA 2018-2019 wilayah barat menjadi ajang yang sulit diprediksi karena diikuti oleh tim-tim dengan kekuatan merata. Golden State Warriors yang telah meraih gelar juara NBA dua kali akan berjuang mempertahankan posisinya. Dallas Mavericks, Denver Nuggets, LA Lakers, dan San Antonio Spurs yang ditinggal oleh Kawhi Leonard juga akan menyuguhkan penampilan terbaiknya. Tim-tim lain juga melakukan upaya serupa untuk mendapatkan prestasi terbaik.

Bagaimana dengan Houston Rockets? Carmelo Anthony, pemain andalan dari tim yang bermarkas di Houston, Texas, ini menyatakan dirinya tidak lagi ikut memperkuat tim tersebut. Namun, Rockets masih memiliki Clint Capela (Swiss) dan Zhou Qi (China) yang siap memberikan perlawanan sengit.

Denver Nuggets juga menjadi tim yang patut di waspadai di wilayah barat. Pemain-pemain muda, seperti Nikola Jokic, Gary Harris, dan Jamal Murray siap menjadi kekuatan inti untuk mendapatkan poin. Jokic, pemain berusia 23 tahun ini merupakan salah satu pemain terbaik yang dapat berbuat banyak bagi Nuggets. Belum lagi Isaiah Thomas yang menempati urutan kelima dalam MVP 2016–2017 siap untuk menyarangkan bola.

Perpindahan LeBron James ke LA Lakers tentu akan membuat persaingan di wilayah barat kian seru. Pemain yang telah terpilih 12 kali dalam tim NBA All Star ini menjadi pusat kekuatan tim untuk menundukkan lawan-lawannya.

Pertandingan di Hari Natal

NBA akan menggelar 5 pertandingan di Hari Natal (25 Desember 2018). Di Indonesia, ajang yang akan dihelat untuk kesebelas kalinya ini, akan menampilkan pertandingan antara Golden State Warriors dan LA Lakers pada hari Rabu, 26 Desember 2018 pukul 08.00 (WIB) di O Channel.

Wilayah Timur Bertabur Bintang 

Pertandingan NBA wilayah timur tak kalah menarik karena diisi oleh tim-tim tangguh bertabur bintang, seperti Boston Celtics dan Chicago Bulls yang beberapa kali meraih gelar juara. Belum lagi Philadelphia 76ers yang telah memenangkan 16 pertandingan terakhir pada musim lalu.

Boston Celtics diisi bintang-bintang yang saat ini sedang naik daun, salah satunya Jaylen Brown. Pebasket berusia 22 tahun ini juga ikut ambil bagian pada Jr NBA Indonesia dengan memberikan coaching clinic kepada anak-anak usia sekolah, di antaranya siswa SMAN 82 Jakarta Selatan.

Kegiatan yang diikuti oleh 60 murid sekolah menengah atas tersebut terlaksana berkat kerja sama antara NBA dengan Frisian Flag. Pelatihan ini diharapkan dapat semakin membangkitkan semangat olahraga basket bagi para siswa.

Sementara itu, di tim Toronto Raptors, Kawhi Leonard secara resmi bergabung untuk memperkuat tim yang berbasis di Toronto, Ontario ini agar dapat meraih gelar. Pemain yang ditransfer dari San Antonio Spurs ini berada pada urutan ketiga dalam daftar MVP 2016-2017.

Joel Embiid yang masuk ke dalam skuat Philadelphia 76ers tentu menjadi salah satu pemain yang patut diperhitungkan oleh tim-tim lawan. Pemain Kamerun berusia 24 tahun ini bertekad meraih meraih gelar MVP pada musim ini. Selain itu, tim asuhan Brett Brown ini juga memiliki Jimmy Butler. Pemain yang pernah memperkuat Chicago Bulls (2011-2017) dan Minnesota Timberwolves (2017-2018) ini akan menjadi salah satu andalan, baik saat menyerang maupun bertahan.

Tim Yang Paling Banyak Memenangi NBA Championship 1946 – 2018

17 kali BOSTON CELTICS
16 kali LOS ANGELES LAKERS
6 kali CHICAGO BULLS
6 kali GOLDEN STATE WARRIORS
5 kali SAN ANTONIO SPURS

NBA 2018–2019, “Global Games” Yang Kembali Bergulir

LIGA NBA 2018-2019 menjadi laga bergengsi yang ditunggu-tunggu pencinta basket di seantero dunia. Selain menampilkan pebasket-pebasket asal Amerika Serikat, ajang yang memasuki musim ke-73 ini menjadi panggung bagi pemain internasional berbagai negara untuk unjuk kepiawaian memasukkan bola ke dalam keranjang.

Kejuaraan yang bergulir secara reguler mulai 16 Oktober 2018, dan memasuki babak final pada Juni 2019 ini dimeriahkan oleh sejumlah pemain internasional yang tersebar di sejumlah tim. Sebanyak 108 pemain dari 42 negara dan wilayah turut ambil bagian pada laga bergengsi tersebut.

Dengan banyaknya pemain asing yang ikut mempertahankan tim-tim pada ajang NBA, tak berlebihan apabila kejuaraan ini patut disebut sebagai “global games”. Kanada, Australia, Perancis, Spanyol, Jerman, Kroasia, Serbia, dan Turki menjadi negara-negara yang turut menyodorkan pebasketnya untuk unjuk kebolehan pada cabang olahraga ini.

Dallas Mavericks memiliki pemain internasional terbanyak pada NBA 2018–2019. Klub yang bermarkas di Dallas, Texas, Amerika Serikat, ini memiliki 7 pemain asing. LA Clippers dan Utah Jazz menempati posisi kedua jumlah pemain internasional terbanyak, yakni masing-masing terdiri atas 6 pemain asing.

Leave a Comment