Banyak orang ingin hidup sehat sampai usia senja. Namun, pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok, jarang berolahraga, tidak rajin konsumsi buah dan sayur, dan sering minum-minuman beralkohol terkadang menjadi hambatan untuk mencapai keinginan tersebut.

Pola hidup yang tidak sehat berkaitan erat dengan penyakit tidak menular (PTM), contohnya kanker, stroke, dan diabetes. Riskesdas 2018 menunjukkan prevalensi PTM mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan Riskesdas 2013, antara lain kanker, stroke, penyakit ginjal kronis, diabetes melitus, dan hipertensi.

Sementara itu, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kematian akibat PTM diperkirakan akan terus meningkat di seluruh dunia. Dalam jumlah total, pada 2030, diprediksi akan ada 52 juta jiwa kematian per tahun karena PTM, naik 9 juta jiwa dari 38 juta jiwa pada saat ini.

Akan tetapi, sebenarnya PTM dapat dideteksi dan ditangani dengan lebih cepat dan tepat jika kita sadar untuk rutin melakukan medical check up (MCU), setidaknya satu tahun sekali. “Medical check up sangat penting untuk mendeteksi penyakit akibat gaya atau pola hidup tidak sehat. Di antaranya diabetes dan hipertensi. Medical check up juga bisa mendeteksi gangguan atau penyakit pada organ penting seperti penyakit hati, penyakit ginjal, dan penyakit kardioavaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah),” terang Head of Medical Check Up Department Siloam Hospitals Lippo Village dr Yosia Efa.

Foto: Shutterstock

Sayangnya, belum banyak masyarakat Indonesia yang menyadari pentingnya melakukan MCU. Seperti yang ditegaskan dr Yosia, sebenarnya ketika seseorang merasakan tidak sakit, terdapat dua kemungkinan. Pertama, dirinya memang tidak terkena penyakit. Kedua, dari sisi medis sudah terkena penyakit, tapi gejalanya belum muncul. Ketika seseorang dihadapkan dengan kondisi ini, diperlukan kesadaran dan peran aktif untuk melakukan tindakan pencega­han (preventive stra­tegy). Oleh karena itu, sangat disarankan MCU dilakukan oleh orang yang sehat. Dalam artian, tidak dalam keadaan sakit parah.

“Jika hasil medical check up normal, hal ini dapat membantu kita untuk terus menjaga kesehatan tentunya dengan terus melakukan pola hidup sehat. Jika tidak, hasil pemeriksaan kesehatan yang lebih cepat diketahui akan lebih cepat dan tepat pula penanganan selanjutnya. Misalnya, kanker. Sayangnya, banyak yang terlambat mendeteksinya dengan kondisi kanker sudah berada di stadium empat sehingga tindakan penanganan selanjutnya menjadi lebih sulit, biaya yang dikeluarkan pun akan menjadi sangat besar. Padahal, jika terdeteksi lebih awal, penanganannya lebih cepat sehingga tingkat kesembuhan akan lebih tinggi,” papar dr Yosia.

MCU lebih sering disarankan bagi kalangan orang dewasa usia di atas 30 tahun, meskipun anak-anak sebenarnya dapat melakukan MCU. Ini mengingat, MCU sama pentingnya di setiap tahapan usia sebagai kebutuhan dasar setiap orang untuk menjaga kesehatan. MCU memiliki beberapa jenis tahapan seperti tahapan usia untuk anak-anak, remaja, dewasa, dan lansia. Tiap tahapannya berbeda karena pada masing-masing kelompok usia memiliki risiko penyakit yang berbeda-beda.

MCU untuk Hidup Lebih Baik

Departemen Medical Check Up Siloam Hospitals siap memberikan pelayanan pemeriksaan yang lengkap serta didukung tim dokter yang ahli. Program pemeriksaan kesehatan yang dihadirkan dirancang dengan tujuan memberikan kewaspadaan terhadap kondisi kesehatan secara umum, mendiagnosis dan mendeteksi dini gejala penyakit yang ditemukan, serta memberikan informasi dan saran kepada pasien untuk mengubah gaya hidup dan pola makan agar menjadi lebih baik.

Siloam Hospitals memiliki memiliki paket pemeriksaan kesehatan yang dapat diikuti sesuai dengan kebutuhan mulai dari paket Basic hingga paket yang sangat lengkap seperti paket Emerald. Siloam Hospitals juga dilengkapi dengan alat-alat pemeriksaan penunjang, misalnya alat screening dengan Dual Source CT Scan dan teknologi MRI.

Pada akhir tahun ini, Siloam Hospitals Group menghadirkan paket MCU yang diberi nama MCU Fit seharga Rp 299.000 (terdiri dari pemeriksaan fisik dan konsultasi dokter umum, EKG, dan cek laboratorium) dan MCU Prima seharga Rp 349.000 (terdiri dari pemeriksaan fisik dan konsultasi dokter umum, EKG, rontgen thorax , dan cek laboratorium).

Paket ini berlaku mulai 19 November hingga 31 Desember 2018 untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pemeriksaan kesehatan sejak dini. Pasien dapat menghubungi Call Centre di nomor 1-500-181 untuk reservasi jadwal. [ACH]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 19 November 2018.

1 Comment

Leave a Response