Ingin Mobil Bersih dan Memesona? Cuci dan Waxing Secara Berkala

Merawat mobil terkadang membutuhkan usaha ekstra, terlebih jika kendaraan tersebut jadi alat transportasi sehari-hari. Goresan serta kotoran akibat pemakaian sering kali menjadikan mobil kesayangan kurang sedap dipandang. Namun, mencuci dan melakukan waxing secara berkala, akan membuat mobil kembali bersih dan memesona.

SAAT mencuci, gunakan sampo mobil berkualitas serta hindari menggunakan bahan mengandung deterjen karena dapat merusak cat kendaraan. Gunakan spons lembut agar tidak menimbulkan goresan pada permukaan cat.

perlengkapan mencuci spons dan lap mikrofiber

Gunakan spons halus dan mikrofiber untuk mencegah goresan halus pada lapisan cat. (Shutterstock)

Setelah dicuci bersih, keringkan dengan chamois kemudian seka dengan kain lembut atau mikrofi ber agar kering dengan maksimal. Nah, setelah bodi mobil bersih dan kering, amati dan tandai bagian mana saja yang terdapat “luka” atau noda menempel.

ilustrasi goresan berat pada mobil

Goresan berat pada bodi mobil dapat disamarkan atau dihilangkan dengan menggunakan kompon yang memiliki formula heavy duty. (Shutterstock)

Apabila terdapat noda atau goresan yang terbilang “berat”, gunakan kompon untuk menyamarkan atau malah bisa menghilangkan goresan tersebut. Salah satu produk yang dapat diandalkan untuk melakukan langkah tersebut adalah Turtle Wax Rubbing Compound.

Kompon tersebut dapat membantu menghilangkan goresan yang cukup dalam pada bodi mobil serta mengusir noda membandel. Selain itu, produk yang sudah dikenal luas ini dapat membantu
menghilangkan cat lain yang menempel pada mobil, sekaligus mengembalikan kondisi cat yang kusam.

goresan ringan pada mobil

Kompon dengan kategori light to medium cleaner dapat membantu menghilangkan goresan ringan.

Pengaplikasian kompon ini cukup efektif selama goresan pada bodi mobil belum mengikis hingga dasar cat. Cara menggunakannya pun cukup sederhana, yakni dengan mengoleskannya pada bahan halus atau spons khusus untuk memoles, lalu gosok dengan perlahan pada bagian yang “terluka” dengan gerakan maju-mundur hingga goresan tersebut lenyap.

Kembalikan kilau

Setelah bodi mobil terbebas dari goresan, gunakan produk poles untuk mengembalikan kilau pada cat. Turtle Wax Polishing Compound bisa Anda pilih agar mobil tampil kian memesona.

Selain mengilapkan bodi kendaraan, produk tersebut dapat membantu menghilangkan “luka” ringan seperti goresan kuku di celah pegangan pintu. Cairan berbentuk pasta ini juga dapat mem perhalus permukaan cat baru, serta menghilangkan noda membandel seperti aspal.

Cara menggunakannya terbilang mudah. Cukup oleskan produk tersebut pada spons poles lalu gosokkan pada panel dengan gerakan memutar sambil ditekan dengan lembut. Lakukan proses ini bagian per bagian dan jangan terlalu terburu-buru. Setelah selesai, bersihkan sisa polesan menggunakan kain halus atau mikrofiber.

water beading pada bodi mobil

Menggunakan produk yang mampu menciptakan efek water beading pada bodi kendaraan tentu akan membuat lapisan cat tahan lama. (Shutterstock)

Agar eksterior mobil semakin kinclong dan terlindungi dari kontaminasi, gunakan Turtle Wax Metallic Car Wax yang dapat mengilapkan sekaligus memberi hasil water beading apabila permukaan cat terkena air. Debu atau kotoran pun tidak mudah menempel. Produk ini juga memberikan hasil akhir dengan lapisan hard shell finish yang tak hanya membuat kilap, tapi juga melindungi cat dengan maksimal. [*]

Leave a Comment