Mau Liburan Nyaman? Ini 6 Hal yang Harus Disiapkan

Berwisata telah menjadi gaya hidup. Tentu saja, kegiatan ini juga mesti direncanakan dengan baik. Perencanaan yang matang menjadi kunci untuk liburan yang nyaman dan menyenangkan.

Minat orang Indo­nesia untuk ber­wisata kian ting­gi. Pada 2017, jum­lah warga ne­ga­ra Indonesia yang bepergian ke lu­ar negeri mencapai 9,1 juta orang, meningkat dari 2016 yang sejumlah 8,4 juta orang. Untuk destinasi da­lam negeri, Kementerian Pariwisata men­catat ada 265 juta perjalanan selama 2017. Hal ini menggembirakan karena selain menggerakkan roda ekonomi, berwisata juga membuka wawasan dan memperkaya pengalaman wisa­tawan.

Sebagai wisatawan, Anda tentu ingin pelesir menjadi momen yang menyenangkan untuk dikenang. Karena itu, Anda butuh menyiapkan segala sesuatu sebaik-baiknya agar perjalanan Anda relatif bebas hambatan. Berikut beberapa hal yang butuh Anda siapkan sebelum menyambut destinasi impian.

1. Anggaran

Jika budget Anda tidak terlalu longgar, riset tentang biaya perjalanan dan harga kebutuhan Anda di destinasi mesti dilakukan dengan lebih cermat. Bagi rencana anggaran Anda ke dalam pos-pos tertentu, misalnya untuk penginapan, makan, transportasi, tiket masuk atraksi wisata, suvenir, dan lain-lain. Siapkan biaya tak terduga sebesar kira-kira seperempat total anggaran. Jika Anda membawa kartu kredit, pastikan kartu tersebut bisa dipakai di negara tujuan.

2. Riset Lokal

Tabung informasi-informasi yang relevan tentang destinasi tujuan Anda. Cari tahu kebiasaan penduduk lokal dan hal-hal apa saja yang dianggap tabu atau kurang pantas di sana, misalnya dalam hal berpakaian, cara menyantap makanan, atau gestur-gestur nonverbal tertentu. Sebisa mungkin, Anda menyesuaikan diri. Cari tahu sedikit tentang bahasa, terutama ungkapan-ungkapan umum seperti “halo”, “terima kasih”, dan “maaf”.

Cari buku panduan, aplikasi, dan peta yang memberikan Anda detail yang cukup untuk mengetahui destinasi Anda dengan lebih spesifik. Berselancarlah juga di internet tentang event tertentu yang mungkin akan berlangsung ketika Anda di sana, seperti festival atau perayaan tertentu. Ketahui juga sejumlah jenis makanan khas untuk Anda cicipi di sana. Tentu, Anda tidak ingin meninggalkan destinasi tanpa pengalaman yang berkesan.

3. Kesehatan

Pastikan Anda dalam keadaan sehat sebelum berangkat. Anda juga mesti mengantisipasi lingkungan tujuan wisata. Cek apakah destinasi Anda tergolong negara yang membutuhkan vaksin-vaksin tertentu. Di beberapa destinasi yang diminati di dunia, ada jenis-jenis binatang atau virus yang dapat menyebabkan beragam penyakit, misalnya demam kuning, meningitis, malaria, atau polio. Jika Anda sudah memiliki agenda perjalanan yang jelas, Anda juga dapat mencari tahu klinik atau rumah sakit terdekat dari area tujuan Anda.

4. Keamanan

Risiko barang bawaan Anda hilang ketika berwisata juga harus diantisipasi. Salah satu barang paling penting yang mesti Anda jaga adalah paspor. Untuk itu, siapkan salinan paspor Anda sebelum bepergian ke luar negeri, baik dalam bentuk fisik maupun file yang bisa disimpan di ponsel Anda atau diakses secara daring, misalnya lewat surat elektronik. Cari tahu juga di mana kedutaan negara Anda berada di negara tujuan dan catat nomor teleponnya, kalau-kalau Anda membutuhkannya dalam keadaan darurat.

5. Elektronik

Tiap negara punya menggunakan jenis steker dan soket yang berbeda-beda. Bawalah adapter universal sehingga Anda selalu bisa mengisi ulang daya perangkat elektronik tanpa kesulitan. Jika Anda butuh mengisi ulang daya beberapa perangkat sekaligus, terminal listrik yang memiliki beberapa soket sekaligus akan sangat membantu. Periksa pula voltase eletronik kita dan voltase yang umum digunakan di negara tujuan. Untuk kebutuhan akan akses internet, Anda bisa membeli kartu lokal atau menyewa router Wi-Fi di negara asal sebelum berangkat.

6. Asuransi perjalanan

Jangan sampai keseruan berwisata terganggu karena kejadian tak terencana, entah penundaan penerbangan, kehilangan bagasi, atau sakit di tempat tujuan. Asuransi perjalanan menjadi cara untuk menyiapkan jaring-jaring pengaman atas risiko-risiko tersebut.

Menggunakan asuransi perjalanan menjadi cara untuk bepergian tanpa rasa waswas. Ada banyak benefit yang bisa Anda dapatkan. Salah satu manfaat terpentingnya, pertanggungan akan biaya perawatan medis. Jika Anda tiba-tiba mengalami sakit atau kecelakaan di tempat tujuan, asuransi dapat menanggung biaya medis yang diperlukan. Ini tentu sangat berarti, terutama ketika Anda berada di negara yang biaya medisnya tinggi. Asuransi perjalanan juga memberikan santunan untuk risiko kematian. Ini akan membantu agar kehidupan keluarga tetap terjamin.

Anda juga akan mendapatkan kompensasi untuk keterlambatan atau pembatalan per­jalanan serta ganti rugi untuk kerusakan atau kehilangan bagasi. Hal lain yang sulit diprediksi, terorisme dan bencana alam. Asuransi mem­bantu Anda mengantisipasi kerugian fisik atau finansial yang terjadi akibal hal ini.

Pertimbangkan beberapa hal untuk memilih asuransi perjalanan. Ketahuilah dengan rinci apa saja yang akan ditanggung asuransi yang Anda pilih. Tentukan masa perlindungan dengan tepat, perhatikan luas cakupan per­lindungan asuransi, dan ketahuilah cara klaimnya. Ketika semua sudah Anda rencanakan dengan baik, liburan pun jadi lebih nyaman! [IKLAN/*/NOV]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 6 November 2018.

Leave a Comment