IBD Expo 2018, BUMN Tak Henti Membangun Negeri

Indonesia Business and Development Expo (IBD Expo) 2018 atau Pameran Bisnis dan Pembangunan Indonesia 2018 kembali digelar. Pameran yang mengusung tema “BUMN Tak Henti Membangun Negeri” ini diselenggarakan di Grand City, Surabaya, pada 3–6 Oktober pukul 10.00–21.00 WIB. Pameran ini diikuti berbagai badan usaha milik negara (BUMN) serta korporasi nasional dan multinasional.

Tak kurang dari 103 ekshibitor, 33 visiting country, dengan 27 rangkaian acara akan meramaikan gelaran IBD Expo 2018. Pameran yang menghadirkan 3 country pavilion ini menargetkan 70.000 pengunjung selama 4 hari pelaksanaannya.

Penggiat bisnis juga mendapatkan wawasan baru melalui CEO BUMN Talks yang memaparkan strategi BUMN dalam menjabarkan program pemerintah serta inovasi dalam menghadapi persaingan global. Di antaranya, pada sesi yang digelar Rabu (3/10/2018), Direktur Inalum, Pertamina, Waskita Karya, dan staf khusus menteri BUMN berbagi strategi dan pandangan mereka dalam meng­hadirkan produk dan pelayanan yang prima.

Mendukung program penyerapan tenaga kerja pemerintah, IBD Expo juga menghadirkan BUMN Career Opportunity. Di acara ini, pengunjung tidak hanya menyaksikan inovasi yang telah dilakukan oleh berbagai BUMN, tetapi juga diundang untuk ikut berkiprah dengan berkarier bersama di BUMN.

Festival kopi

Tidak hanya bisnis, IBD Expo 2018 juga akan memanjakan pengunjung lewat Festival Kopi Nusantara. Di sini, selama gelaran IBD Expo 2018, pengunjung dan penikmat kopi disuguhkan berbagai minuman berbahan kopi dari penjuru Nusantara gratis. Pilihan produk kopi berkualitas dari PTPN XII, RNI, dan PPI juga membuat festival ini semakin menarik dan menjadi stan yang wajib dikunjungi para pemburu kopi.

Sementara itu, milenial dan ide kreatif turut mendapat tempat di IBD Expo lewat vlog competition. Di ajang ini, pengunjung dapat berkreasi dalam berbagi informasi mengenai kegiatan pameran dan produk-produk BUMN.

Bicara inovasi, pengunjung akan menjadi saksi awal sejumlah produk unggulan BUMN. Berbagai pur­wa­rupa dan produk anyar hasil sinergi BUMN tampil perdana di IBD Expo 2018.

Tak hanya itu, pengunjung bisa langsung belanja dan bertransaksi melalui gelaran product launching dan product and property sale. Rasa penasaran pengunjung untuk menjajal produk-produk unggulan BUMN juga terobati di area visitor icon yang dibuka selama gelaran IBD Expo tanpa dikenakan biaya.

Mengenal BUMN

Pengenalan BUMN juga menjadi salah satu tujuan IBD Expo kali ini. Di Surabaya, program Visit Site BUMN melibatkan para mahasiswa, siswa, dan santri di Jawa Timur untuk mengunjungi pameran agar mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai infrastruktur, transportasi maupun destinasi.

Pengetahuan juga semakin lengkap lewat Pojok Baca yang menghadirkan buku bacaan berkualitas dari Balai Pustaka. Di sini pengunjung, pelajar dan para penggemar buku dan dapat mengikuti meet and greet penulis, kuis, hingga story telling.

Foto-foto: dokumen ANTARA

Peran sosial dan lingkungan yang dilakukan BUMN seperti Rumah Pangan Kita (RPK), Balai Ekonomi Desa, (Balkondes, Rumah Kreatif BUMN (RKB), Program Pelestarian Badak, dan Kelompok Kerja Papua (Pokja Papua) juga dihadirkan di IBD Expo 2018.

Dan, untuk menambah kemeriahan gelaran IBD Expo kali ini, vocal group dan stand up comedy dari bank-bank pemerintah turut menghibur pengunjung selama pameran berlangsung.
Menutup rangkaian acara IBD Expo, BUMN Hadir untuk Negeri Award menjadi puncak rangkaian kegiatan BUMN selama setahun terakhir. Peng­hargaan ini merupakan wujud apresiasi terhadap program BUMN yang ber­dampak pada masyarakat luas.

Semua itu disuguhkan untuk masyarakat sebagai kerja nyata BUMN yang tak henti membangun negeri. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 4 Oktober 2018.

Leave a Comment