Ini Dia Kelebihan Drone DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom

DJI meluncurkan drone kamera terbaru dengan dua model tambahan untuk seri Mavic yang ikonis, yaitu Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom. Apa kelebihan dua drone ini?

Mavic 2 dilengkapi gimbal-stabilizer baru agar pengambilan gambar lebih stabil. Ada juga fitur canggih lainnya seperti Hyperlapse dan ActiveTrack untuk hasil yang lebih mudah dan dinamis. Dengan waktu terbang hingga 31 menit dan sistem transmisi video yang lebih stabil, Mavic 2 memberikan pengalaman terbang yang optimal untuk hasil gambar yang luar biasa.

“Peluncuran Mavic Pro dua tahun lalu merupakan definisi ulang dari cara masyarakat melihat drone dan memperluas kemungkinan bagi para pembuat konten di seluruh dunia,” ujar Direktur Komunikasi Global di DJI Kevin On.

Kualitas gambar superior dengan Hasselblad

Dirancang melalui kerja sama dengan Hasselblad, Mavic 2 Pro adalah drone pertama di dunia dengan kamera Hasselblad terintegrasi untuk kualitas gambar yang luar biasa dengan kinerja cahaya dan warna yang unggul. Dengan sensor CMOS 1 inci yang dilengkapi profil warna Dlog-M 10-bit, kamera Mavic 2 Pro mampu menangkap empat kali lebih banyak tingkat warna per saluran dibandingkan dengan Mavic Pro.

Mavic 2 Pro dapat menangkap bidikan gambar 20 megapiksel dengan akurasi warna tinggi menggunakan Hasselblad Natural Color Solution (HNCS). Sementara itu, bukaan diafragma kamera bisa disesuaikan dari f/2.8-f/11 sehingga memberikan kontrol yang lebih baik pada berbagai kondisi pencahayaan. Dengan dukungan HDR 4K 10-bit, Mavic 2 Pro dapat dihubungkan dengan TV 4K dengan HLG dan akan memutar kembali rekaman dengan komposisi warna yang tepat.

Perspektif dinamis dengan zoom optik dan digital

Diperkuat sensor CMOS 1/2.3-inci, Mavic 2 Zoom adalah drone konsumen lipat pertama DJI dengan zoom yang memberikan perspektif dinamis untuk menjadikan hasil penceritaan yang lebih kreatif.

Dengan Mavic 2 Zoom, Anda bisa lebih dekat ke subyek dengan menggabungkan dua kali optical zoom (24–48 mm) untuk menyimulasikan lensa telefoto 96 mm yang mampu menangkap gambar dengan baik dalam resolusi HD penuh. Ada juga hybrid auto-focus yang  menggabungkan phase and contrast detection untuk akurasi fokus yang lebih tinggi dengan peningkatan kecepatan fokus hingga 40 persen lebih cepat.

Mengambil gambar 12 megapiksel dengan hasil yang jernih. Manfaatkan fitur super resolusi terbaru dengan menggunakan optical zoom untuk menangkap gambar secara otomatis dan gabungkan sembilan foto secara bersamaan untuk hasil gambar 48 megapiksel yang detail. Hal ini merupakan pilihan ideal untuk fotografi pemandangan.

Foto-foto: dokumen DJI

Fitur terbaru Dolly Zoom Quickshot, yang hanya ada di Mavic 2 Zoom, menyediakan bahasa visual baru yang sebelumnya hanya dapat dinikmati para pembuat film profesional.  Fitur ini mampu menciptakan perspektif melengkung dengan memperbesar gambar secara otomatis saat terbang menjauh dari subjeknya.

Kelebihan lainnya, kedua kamera mampu menangkap video Ultra HD 4K dengan detail ekstrem, merekam pada bitrate maksimum 100 megabit per detik dengan menggunakan codec compression H.265 untuk memberi Anda degree of latitude yang luar biasa dalam alur kerja pascaproduksi.

Untuk fotografer, kemampuan Enhanced High Dynamic Range yang baru dapat memadukan rangkaian foto untuk rentang dinamis bebas, memberikan Mavic 2 Pro 14 stop dynamic range yang mengesankan dan Mavic 2 Zoom hingga 13 stop.

Alat cerdas baru untuk hasil video yang keren  

Mavic 2 adalah alat terbaik untuk pembuatan konten udara dengan moda terbang baru yang cerdas yang memudahkan menghasilkan kualitas gambar profesional. Fitur Hyperlapse terbaru menghasilkan hasil gambar yang menunjukkan berlalunya waktu, yang dapat Anda bagikan ke media sosial dengan cepat.

Foto JPEG dan RAW dapat disimpan secara bersamaan dalam kartu Micro SD atau penyimpanan internal, sehingga lebih banyak ruang untuk mengedit hasil video yang akan diunduh. Pilih antara Circle, Course Lock, Waypoint, atau moda Free untuk membuat timelapse dengan ketukan satu tombol di Aplikasi Seluler DJI GO 4.

Anda bisa menjaga subyek bergerak tetap dalam bidikan yang stabil kini lebih mudah dari sebelumnya dengan ActiveTrack 2.0 Fitur auto-track yang telah ditingkatkan kemampuannya ini memberikan kombinasi yang kuat dari pelacakan otonom dan kemampuan untuk menghindari rintangan yang baru bagi teknologi drone DJI.

Dengan menggunakan kamera utama dan dual camera vision bagian depan, Mavic 2 dapat membuat peta tiga dimensi dari area di depannya serta menggunakan algoritma lintasan baru untuk menganalisis gerakan dan memprediksi jalur subyek hingga 3 detik ke depan. Saat melacak target, Mavic 2 dapat mengenali dan menghindari rintangan saat membidik target tanpa gangguan. Mavic 2 dapat tetap fokus terhadap target, bahkan jika subyek tertutup sejenak di belakang rintangan, dan dapat melacak subyek pada kecepatan tinggi hingga 44 mph (72 kilometer per jam).

Kemampuan terbang yang lebih aman, cerdas, dan stabil

Mavic 2 memberikan kemampuan terbang otonom yang membantu mengambil gambar dengan lebih percaya diri dalam lingkungan yang kompleks. Sistem FlightAutonomy yang sepenuhnya ditingkatkan mentransmisikan data ke prosesor pusat yang lebih kuat untuk penerbangan penginderaan rintangan yang lebih akurat dan lebih aman.

Untuk pertama kalinya pada drone DJI, Mavic 2 memiliki 10 sensor di semua sisi pesawat untuk mendeteksi rintangan secara otomatis di jalurnya dan membantu mencegah tabrakan, memungkinkan Anda untuk fokus membidik subjek untuk hasil gambar yang sempurna.

Advanced Pilot Assistance System (APAS) yang canggih memungkinkan drone untuk menganalisis lingkungan sekitarnya dan secara otomatis terbang di sekitar rintangan tanpa henti. Selain itu, Mavic 2 memiliki Under Auxiliary Light yang menyala secara otomatis untuk memastikan pendaratan yang aman dan tepat dalam situasi rendah cahaya.

Sistem transmisi video OcuSync 2.0 yang dirancang ulang untuk koneksi yang lebih stabil antara drone dan pengendali jarak jauhnya. Sistem ini memiliki ketahanan interferensi yang lebih kuat dan kemampuan auto-swithching yang mendukung pita frekuensi 2,4 GHz dan 5,8 GHz dengan kemampuan untuk menggunakan frekuensi yang berbeda untuk aliran data uplink dan downlink.

Sistem ini memberikan feed transmisi video 1080p pada jarak hingga 8 km yang memungkinkan untuk langsung mengedit dan mengunggah rekaman Full HD langsung dari video cache di aplikasi DJI dalam berbagai situasi. Foto resolusi asli dalam format JPEG dapat disimpan langsung ke ponsel sehingga Anda dapat langsung membagikan tanpa perlu mentransfer file dari drone.

Desain aerodinamis dan waktu terbang yang lebih panjang

Mavic 2 memiliki struktur desain kerangka terbaru yang lebih aerodinamis dan dapat mengurangi hambatan udara hingga 19 persen dibandingkan dengan Mavic Pro. Hal ini memungkinkan Mavic 2 terbang dengan kecepatan hingga 44 mph (72 kilometer per jam) dalam moda sport. Dikombinasikan dengan sistem tenaga pendorong yang lebih efisien dan lebih tenang serta baling-baling peredam bising, Mavic 2 memiliki waktu penerbangan maksimum 31 menit.

Untuk memastikan hasil foto dan rekaman yang tajam dan halus serta bebas goyangan, Mavic 2 menggunakan ultra-precise three-axis mechanical gimbal untuk membuat kamera lebih stabil bahkan selama gerakan berkecepatan tinggi. Foto dan video dapat disimpan langsung ke drone menggunakan penyimpanan onboard 8 GB. Semua pengguna DJI memiliki kontrol terhadap bagaimana data disimpan dan dikelola, sebagai bagian dari komitmen DJI untuk melindungi data pelanggannya.

Desain terbaru pada remote control menghadirkan fitur tuas kontrol yang dapat dilepas untuk kemudahan penyimpanan dan portabilitas. Mavic 2 kompatibel dengan DJI Goggles dengan kontrol gimbal (yaw) hingga -75  — + 75 ° dalam moda Head Tracking, menawarkan pengalaman penerbangan FPV yang lebih mendalam kepada pengguna.

Harga dan ketersediaan

Harga retail Mavic 2 Pro di Indonesia, termasuk aircraft, remote, baterai, dan dua pasang baling-baling ditambah dengan satu pasang baling-baling cadangan adalah Rp 26.499.000. Harga retail Mavic 2 Zoom, termasuk aircraft, remote, baterai, dan dua pasang baling-baling ditambah dengan satu pasang baling-baling cadangan adalah Rp 21.999.000. Fly More Kit dijual terpisah dan kompatibel dengan kedua tipe Mavic 2 terbaru yang isinya dua unit baterai, battery to power bank adaptor, shoulder bag, battery charging hub, dua pasang baling-baling cadangan, dan satu unit car charger dijual dengan harga retail Rp 5.940.000. Layanan penggantian perangkat gimbal khusus untuk Mavic 2 akan segera tersedia.

Mavic 2 Series dapat dibeli di  jaringan e-commerce seperti Erafone.com, Blibli.com, dan Bhinneka.com. Sementara itu, untuk jaringan retail store Erajaya Group, seperti Erafone, iBox, dan Urban Republic, Mavic 2 Series akan tersedia pada 1 Oktober 2018. [*/INO]

Leave a Comment