New Toyota Yaris, Hatchback Sporty untuk Jiwa Muda

Toyota terus berinovasi membuat produk-produk andal bagi konsumen Indonesia. Salah satunya, New Toyota Yaris yang tampil sporty dan dinamis untuk menjawab kebutuhan mereka yang berjiwa muda.

Bila melongok ke belakang, kehadiran Toyota Yaris tak lepas dari sosok Toyota Starlet yang hadir di Indonesia sejak 1985. Hatchback legendaris ini setia menemani mobilitas masyarakat hingga 1999.

Tujuh tahun berselang, tepatnya pada Februari 2006, Toyota Astra Motor (TAM) menyuguhkan Toyota Yaris yang dibawa secara utuh dari Thailand untuk melanjutkan kesuksesan Starlet. All about fun pun diusung untuk menegaskan konsep Yaris yang sesuai karakter jiwa muda.

Yaris terus mengalami penyempurnaan. Penyegaran dilakukan pada berbagai sisi, mulai dari tampilan luar, interior, hingga fitur yang menggunakan teknologi terbaru. Contohnya pada 2010, Yaris mendapat penyegaran pada TRD Sportivo menjadi versi 2. Dan terakhir pada 2011 dengan penambahan sejumlah fitur, di antaranya back sonar.

Maret 2014, TAM meluncurkan Yaris generasi terbaru dengan desain yang sama sekali baru dan mengedepankan advanced fascinating true hatchback. All New Yaris mengalami penambahan panjang 315 milimeter dan lebar bertambah 5 milimeter dan tingginya lebih rendah 45 milimeter dari pendahulunya untuk mendapatkan karakter lebih aerodinamis.

Melalui semangat Let’s Go Beyond, pada pengujung 2016, Toyota menghadirkan New Yaris dengan tampilan stylish dan fun melalui bumper spoiler, roof Spoiler, side stripe, dan new design alloy wheel. Yang lebih menarik, roof spoiler pada TRD Sportivo disematkan warna merah untuk menambah kesan sporty dan lifestyle.

Pada saat bersamaan, PT TAM juga menghadirkan New Yaris Heykers dalam tema “Urban Adventure” dengan desain yang berbeda. Terlihat pada bumper depan, overfender, roofrail, side protection moulding, side skirt, rear spoiler dan rear bumper.

“Emotional design”

Awal 2018, PT TAM kembali menghadirkan New Yaris dengan tampilan kian modern yang mengusung konsep emotional design pada eksterior dan interior, menjadikan mobil ini tampil kian sporty dan stylish. Selain itu, New Yaris hadir dengan fitur keselamatan lebih lengkap dari versi terdahulu.

Lekukan desain dengan sudut-sudut tajam memiliki detail lebih agresif dan segar, mulai dari headlamp hingga ke lower grille. Hadir dalam 3 grade, yaitu TRD Sportivo, G, dan E masing-masing dengan transmisi otomatis (CVT) dan manual 5-percepatan (MT), New Yaris menawarkan selling point yang semakin kuat.

President Director PT Toyota-Astra Motor Yoshihiro Nakata menegaskan, mobil ini diciptakan untuk memberikan ketenangan dan meningkatkan sensasi berkendara, terutama generasi muda yang dinamis. “DNA Yaris yang memberikan excitement serta fun to drive kepada para konsumen, terutama bagi mereka yang young at hearts, dipertahankan untuk meningkatkan value terhadap New Yaris.”

Mobil ini memiliki kesan sporty yang terlihat melalui tampilan depan yang mengalir dari front grille, menyatu dengan lampu utama hingga buritan. Lampu DRL yang menyatu apik dengan grille menjadikan tampilan semakin berkarakter, ditambah dengan black piano lower grille. Khusus pada New Yaris TRD Sportivo, aura racing dan sporty diperkuat dengan red lining accent pada bumper spoiler.

Bagian belakang, termasuk desain lampu juga mengalami penyegaran sehingga tampak lebih sporty dan aerodinamis. Kesan sporty terlihat kian menonjol pada New Yaris TRD Sportivo karena dilengkapi dengan rear-roof spoiler dan diffuser dengan desain berkonsep racing.

Sisi interior hadir dengan complete features, antara lain pada dasbor yang dirancang lebih menarik dan menciptakan kesan lebih lapang. Penggunaan warna silver pada beberapa ornamen interior menjadikan suasana kabin New Yaris terasa lebih modern, seperti pada konsol bagian depan, speaker, register knob, dan pengatur AC. Segudang fitur unggulan juga disematkan pada sistem hiburan untuk lebih memanjakan pengemudi dan penumpang.

Untuk dapur pacu, New Yaris mempertahankan mesin 2NR-FE yang memiliki tenaga maksimum 107 ps dan torsi 14,3 kgm. Untuk meningkatkan sensasi fun to drive, khususnya pada New Yaris TRD Sportivo, dilengkapi pilihan Sport/Eco mode. Bahkan, untuk semakin menambah sensasi sporty, New Yaris TRD Sportivo CVT dilengkapi dengan paddle shift yang dapat membantu pengemudi merasakan pergantian gigi lebih responsif bagai seorang pebalap. [*/BYU]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 9 September 2018.

Leave a Comment