Gelora Semangat Perayaan Kemerdekaan di Baywalk Mall-Pluit dan Emporium Pluit Mall

Selain karena perayaan hari kemerdekaan Indonesia, kemeriahan bulan Agustus tahun ini makin bertambah lantaran perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Untuk menambah semarak dua agenda besar tersebut, program belanja Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2018 turut digelar.

Sebanyak 82 pusat belanja yang tersebar di lima wilayah Jakarta ikut berpartisipasi dalam program FJGS, termasuk Baywalk Mall-Pluit dan Emporium Pluit Mall, keduanya di Jakarta Utara. Mengusung tema “Gempita Kemerdekaan”, Baywalk Mall-Pluit mengadakan serangkaian perlombaan, pertunjukan, dan program belanja berhadiah pada 17–19 Agustus 2018.

Pada Jumat (17/8), Baywalk Mall-Pluit mengadakan Lomba Tradisional “17 Agustusan”, seperti balap bakiak, balap karung, lomba makan kerupuk, lomba makan donat cokelat, joget balon, dan tarik tambang. Perlombaan yang dipusatkan di area Waterfront ini memperebutkan hadiah voucer jutaan rupiah. Masih di hari yang sama, hadir pula pertunjukan marching band yang berparade di area Baywalk Mall dilanjutkan pertunjukan musik dari Boyband Crystalboy dalam rangkaian Merdeka Late Night Sale.

CEO Baywalk Mall–Pluit Ellen Hidayat mengatakan, ”Pada 17 Agustus 2018, Baywalk Mall turut serta memeriahkan Festival Jakarta Great Sale 2018 ini dengan mengadakan Merdeka Late Night Sale yang dimulai pukul 20.00–23.00 WIB. Semua tenant yang berjumlah lebih dari 200 penyewa berpartisipasi memberikan harga diskon khusus hingga 70 persen bagi pengunjung setia Baywalk Mall.”

Selanjutnya pada Sabtu (18/8), Baywalk Mall-Pluit menggelar perlombaan seperti lomba bola basket, tendang bola, darts, dan bull rodeo. Ada pula pertunjukan musik dan tarian Nusantara yang menggabungkan tarian Betawi, Minang, Papua, dan Jawa.

Tak kalah menarik adalah sesi Meet & Greet With Asian Games Mascot, yaitu dengan Atung, Bhin Bhin, dan Kaka diiringi Music School Performance Purwacaraka pada Minggu (19/8), di Baywalk Waterfront.

Semangat nasionalisme

Suasana meriah perayaan kemerdekaan juga dapat ditemukan di Emporium Pluit Mall, yang mengadakan acara bertema “Semangat Nusantara” pada 14–19 Agustus 2018. CEO Emporium Pluit Mall Ellen Hidayat mengatakan, tema ini dipilih untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan kecintaan terhadap kebudayaan Indonesia. Berbarengan perhelatan Asian Games 2018, acara ini diharapkan dapat memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada para turis dan atlet mancanegara.

Foto-foto dokumen Baywalk Mall

Rangkaian kegiatan dikemas sedemikian rupa dengan mengambil konsep nusantara di dalamnya dengan beberapa lomba, seperti balap sarung, joget bola, memindahkan kelereng, makan kerupuk, merias wajah, dan memasukkan pensil ke botol. Acara lainnya berupa Lomba Mendongeng berhadiah jutaan rupiah. Emporium Pluit Mall menggandeng Kampung Dongeng dalam menggelar kegiatan Ceria bersama Kampung Dongeng. Acara ini mencakup kegiatan mendengarkan dongeng, bermain bersama, dan melakukan kreativitas kerajinan tangan.

Mal ini juga bekerja sama dengan Voice of Indonesia dalam menampilkan Drama Musikal Cerita Rakyat, didukung Pameran Cerita Rakyat yang berlokasi di Main Atrium Emporium Pluit Mall. Turut menambah kemeriahan, pertunjukan Angklung Kolosal & Arumba Tari oleh Rumah Angklung menjadi pilihan menarik untuk dinikmati.

Foto-foto dokumen Emporium Pluit Mall

Menariknya lagi, untuk membangkitkan kecintaan pada negeri, Emporium Pluit Mall menyuguhkan Parade Kostum Nusantara dari berbagai penjuru daerah di Tanah Air. Lalu, sebagai bentuk dukungan terhadap Asian Games 2018, Emporium Pluit Mall juga mendatangkan Bhin Bhin, Atung, dan Kaka.Pengunjung pun dapat bertemu dan berfoto bersama 3 maskot tersebut pada 16 hingga 18 Agustus 2018.
Terdapat pula area Dolanan Anak yang berisi mainan-mainan anak tradisional. Di area ini, pengunjung anak-anak dapat menghias kerajinan tangan, seperti payung, bakiak, dan layang-layang untuk dibawa pulang. Syaratnya, cukup menunjukkan bukti setruk transaksi pembelanjaan di Emporium Pluit Mall pada hari yang sama. [*/AJG]

Pesta Belanja Kerajinan, Kuliner, dan Fashion

Mal senantiasa menjadi destinasi menarik untuk dikunjungi. Apalagi ketika sedang berlangsung pesta diskon, salah satunya seperti yang bisa didapatkan di Gandaria City.

Dalam rangkaian program belanja Festival Jakarta Great Sale 2018, Gandaria City memfasilitasi pameran kerajinan puluhan perajin lokal yang diadakan Dekranasda DKI Jakarta pada 16–26 Agustus 2018 di Parquet Area lantai 2. Setiap pengunjung yang berbelanja di booth-booth Dekranasda berkesempatan mendapat kupon undian yang dapat ditukarkan di concierge Gandaria City.

Memeriahkan peringatan hari kemerdekaan RI, pada Jumat (17/8), Gandaria City memberikan diskon hingga 73 persen yang melibatkan ratusan tenant-nya seperti H&M, Polo Ralph Lauren, The Children Place, Chicco, Guardian, Gingersnaps. Ada pula harga spesial di tenant F&B, seperti WingStop, Holycow, Baskin Robins, dan HaagenDasz.

Foto-foto dokumen Gandaria City.

Selain menyuguhkan potongan diskon, Gandaria City menjadi tempat perhelatan Jakarta Eat Festival pada 30 Agustus hingga 2 September 2018 di Piazza dan Area Parking Premium Gandaria City.

Menggandeng Femina Group, bazar makanan ini sekaligus menjadi media untuk merayakan dan membahas aneka makanan Indonesia, dalam rupa diskusi ilmiah, demo masak seru, dan acara lainnya.

Contohnya adalah demo masak dengan Degan Saptohaji, Handy Mulyana, Gupta Sitorus, Steby Raphael, Hiang Marahimin, Rahung Nasution, Amanda Katili (Omar Niode), Mona Ratuliu, Ragil Wibowo, Andhika (pemilik Roti Nogat), dan Ve Handoyo.

Selain menggelar bazar makanan, Gandaria City memanjakan penikmat fashion melalui Irresistible Bazaar pada 29 Agustus- 2 September 2018 di Main Atrium Gandaria City. Sebanyak 72 tenants akan menampilkan barang-barang preloved branded baik produk sneakers, baju, dan aksesori. Untuk keaslian dari produk-produk yang dijual pada Irresistible Bazaar, dapat dipercaya, karena Gandaria City hanya mengundang tenants seller online tepercaya dan memiliki jejak rekam yang baik. [*/AJG]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 23 Agustus 2018.

Leave a Comment