Serunya Mengejar Aurora Borealis di Kutub Utara yang Keren

Ingin merasakan liburan yang unik dan khas? Rencanakan liburan pada akhir tahun ke kawasan Skandinavia. Terdapat sejumlah atraksi menarik yang hanya dapat dijumpai di tempat ini.

Perjalanan ke kawasan Skandinavia di Eropa utara dapat dicapai melalui Helsinki. Dari ibu kota Finlandia ini, Anda dapat menuju Porvo, kota tertua kedua di Finlandia setelah Turku. Kota ini sudah ada sejak abad ke-13.

Porvoo Cathedral

Sejumlah atraksi menarik di kota ini, di antaranya Porvoo Cathedral, katedral yang didedikasikan untuk Bunda Perawan Maria dan dibangun pada abad ke-15. Selanjutnya, kunjungi Porvo Old Town, kawasan kota tua yang cantik dan antik, dan Porvo Castle.

Beralih ke Toolo di Helsinki, kunjungi Temppeliaukio Church, gereja yang dibangun pada 1952 dan selesai pada 1969. Gereja ini berdinding batu karang dan beratapkan kawat tembaga. Simak pula Senate Square, alun-alun kota Helsinki yang tertua.

Di sekitarnya terdapat sejumlah bangunan menarik, antara lain The Cathedral, gereja bergaya neoklasik yang dibangun pada 1830-1852; Market Square, pasar yang menjual makanan serta suvenir khas Finlandia; serta Parliament House dan City Hall.

Arctic Icebreaker Sampo Cruise

Pengalaman menarik berikutnya, yaitu berlayar dengan Arctic Icebreaker Sampo Cruise. Anda akan menyeberangi Teluk Bothnia dengan menghancurkan es tebal. Kalau berani, uji nyali dengan berjalan di atas laut yang membeku dengan lapisan es yang tebal. Berikutnya, kunjungi Santa Claus Village. Ini akan menjadi perjalanan di dunia dongeng. Simak dari dekat kantor pos dan ruang kerja Santa Claus.

Jika mencapai tempat tersebut, berarti Anda telah menyeberangi batas lingkar kutub utara. Anda akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti telah masuk ke dalam Lingkar Kutub Utara. Di tempat ini, pada malam hari Anda berkesempatan menyaksikan salah satu fenomena alam yang sangat indah, yaitu Aurora Borealis.

Pengalaman unik yang menanti berikutnya adalah berkendara dengan Snowmobile Safari dan berkunjung ke Reindeer Farm yang terkenal akan peternakan rusa kutub.

Reindeer Sledge Raiding

Rasakan sensasi menaiki Reindeer Sledge Raiding, berseluncur di atas salju yang ditarik rusa bertanduk panjang. Di malam hari, rasakan pula sensasi bermalam di kelo glass igloo, yang merupakan rumah iglo yang terbesar dan terbaik.

Kunjungi pula King Crab Safari, tempat menangkap kepiting artik yang berukuran besar. Anda juga dapat belajar memasaknya dan tentu saja menyantapnya.

Hurtigruten Cruise

Berikutnya, bersiaplah untuk berlayar dengan Hurtigruten Cruise. Anda akan disuguhi pemandangan super indah dikelilingi gunung es berwarna putih serta kesempatan besar untuk melihat Aurora Borealis sampai 99 persen. Fenomena alam ini begitu langka sehingga kesempatan ini sangat berharga.

Hal lain yang menjadi kekhasan kawasan Skandinavia adalah fyord, kawasan teluk yang panjang dan dalam. Anda bisa berlayar melewati celah fyord yang indah ke Laut Barentz ke Tromso. Pelayaran ini berhenti di sejumlah kota pelabuhan, antara lain Vardo, Honningsvag, Hammerfest Oksfjord, dan Skjervo.

Di Tromso, Anda dapat menyimak Antara, lain The Artic Cathedral, Tromso Cathedral, serta menikmati pengalaman Norwegian Husky dog sleigh yaitu meluncur di kereta yang ditarik oleh anjing Norwegian Husky. Sebelum kembali ke Tanah Air, jangan lupa mampir ke Oslo, ibu kota Norwegia.

Jika tertarik dengan pengalaman ini, rencanakan liburan akhir tahun Anda bersama ATS Vacations. [*]

Foto: Shutterstock

Leave a Comment