Menikmati Sudut Lain Wisata Negeri Tirai Bambu yang Elok

Ada sejuta destinasi dan atraksi di Negeri Tirai Bambu. Ungkapan ini tak berlebihan. Di China, memang ada begitu banyak tempat yang patut dikunjungi untuk beragam kebutuhan, mulai dari belajar, jalan-jalan, makan-makan, belanja, hingga bermeditasi.

Oleh sebab itu, jika ada waktu, rencanakan untuk melancong ke sana. Apalagi, penerbangan dari Jakarta ke China sudah cukup banyak, dari yang hemat hingga mahal.

Qingdao

Salah satu kota yang oke untuk dikunjungi adalah Qingdao yang terletak di Provinsi Shandong. Kota lama ini ibarat Eropanya China. Wajar, kota ini pernah menjadi jajahan Jerman sehingga arsitekturnya banyak tersentuh langgam Barat. Menurut sejumlah sumber, Jerman menduduki Qingdao selama kurang lebih 14 tahun sejak 1894. Setelah Jerman angkat kaki, masuklah Jepang.

Selama pendudukan, Jerman membangun sistem drainase yang baik di Qingdao. Itu sebabnya, kota ini jarang kebanjiran. Qingdao juga termasuk yang maju teknologinya, ini pun tak lepas dari sentuhan Jerman yang membangun pabrik peralatan elektronik di sini. Namun, seiring meningkatnya jumlah warga Qingdao, jalanan di kota ini kian terasa sumpek dipenuhi mobil pribadi.

Di kota ini berdiri katedral kuno di sudut Jalan Zhejiang Lu yang dibangun pada 1932–1934. Gereja besar ini memiliki dua menara yang menjulang tinggi dan dikelilingi lapangan luas.

Bangunan-bangunan dengan sentuhan arsitektur Jerman ini banyak terdapat di wilayah kota lama. Sedangkan di wilayah kota baru, bangunan-bangunannya sudah modern. Jika Anda melakukan tur kota, kunjungi pula Jembatan Jiaozhou yang membentang di atas laut.

Weifang

Dari Qindao, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Kota Weifang. Di sana, Anda bisa mampir ke Song City Street, Yangjiabu Folk Garden, dan Kite Museum. Kota berikutnya yang tak kalah cantik adalah Jinan. Setibanya di kota ini, Anda wajib mengunjungi Black Tiger Spring, Qushuiting Street, dan menikmati pemandangan Mount Tai dari kaki gunung. Lalu berbelanja di Baoshutang.

Jinan juga dikenal sebagai kota yang memiliki banyak mata air. Semua mata air ini mengalir dan menyatu di Danau Daming yang indah. Namun, Danau Daming tak hanya menawarkan panorama alam yang memesona, tetapi juga berbagai bangunan dengan sentuhan budaya dan sejarah.

Semisal, Kuil Beiji yang juga sering disebut Istana Kutub Utara terletak di tepi timur laut danau. Ini adalah kuil Tao terbesar di Jinan dan dibangun selama Dinasti Yuan. Kuil ini konon diperuntukkan bagi Dewa Utara dan telah mengalami beberapa kali renovasi selama berabad-abad.

Sementara itu, di tepi barat laut Danau Daming berdiri Kuil Tie Xuan yang dibangun pada abad ke-18 dengan langgam arsitektur tradisional. Anda dapat menemukan banyak kuil lainnya dan taman di sekitar Danau Daming. Jadi, Anda tak akan kehabisan spot untuk berfoto.

Qufu

Kunjungi juga Kota Qufu yang merupakan kampung halaman Confucius. Anda bisa datang ke Confucius Mansion, Temple & Tomb. Dari sini, dapat kembali lagi ke Qingdao. Sebelum pulang ke Tanah Air, sempatkan untuk menyambangi Pelabuhan Zhanqiao, Olympic Sailing Center, dan little fish hill park.

Menikmati beragam keindahan tadi bisa dilakukan secara lebih nyaman bersama agen perjalanan berpengalaman. Anda bisa mencoba menghubungi Avia Tour yang telah menyiapkan paket menarik jalan-jalan ke China. [*]

Leave a Comment